Online Shop Kini Semakin Sukses, Segera Ambil Bagian

Apakah Anda ingin memiliki usaha baru yang memiliki trend positif? Jika iya, mari kita pelajari peluang usaha yang satu ini. Yaitu bisnis online shop yang kian hari terus mengalami peningkatan.

Lho ada apa dengan online shop?

Coba Anda perhatikan wall media sosial dan iklan di televisi maupun iklan online, pasti Anda akan menemukan begitu banyak iklan online shop yang beredar. Ini membuktikan bahwa online shop merupakan bisnis  yang terus tumbuh.

Mengapa?

Zaman modern sekarang ini masyarakat lebih menyukai hal yang praktis. Itulah tujuan teknologi diciptakan yaitu untuk memudahkan manusia.

Bisnis online shop semakin sukses

Sekarang ini, Mencari informasi, hiburan maupun belanja bisa dilakukan lewat smartphone saja. Konsumen tak perlu macet ria atau antri di kasir. Cukup dengan membuka internet, masyarakat bisa belanja se-puasnya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop?

Setiap pemula pasti menanyakan pertanyaan yang satu ini dan merupakan hal yang sangat wajar.

Faktanya!!!!

Semua pengusaha online shop yang sukses pada awalnya juga pemula, tidak mungkin langsung mahir, pasti ada proses belajar, praktek, pengalaman lalu sukses.

Bagi Anda yang sudah memiliki dasar tentang bisnis online, menjalankan usaha online shop menjadi pekerjaan yang sangat mudah.

Baca juga : Macam Jenis E-commerce di Indonesia Beserta Beberapa Contoh

1. Menentukan Jenis Produk yang Tepat Agar Dapat Meningkatkan Peluang Sukses Menjadi Lebih Besar

Perkembangan online shop sangat tinggi. Hal ini membuat tingkat kompetisi menjadi semakin sengit. Untuk memenangkan persaingan, Anda perlu teknik khusus sebagai langkah awal menjalankan usaha online Anda.

Teknik tersebut yaitu memilih jenis produk yang tepat.

Memilih jenis produk yang tepat biasanya sangat erat kaitannya dengna riset pasar. Yaitu berupa riset tingkat persaingan dan tingkat kebutuhan masyarakat.

Sebagai Langkah awal. Temukan produk yang paling minim persaingan namun memiliki jumlah permintaan yang tinggi.

Atau….

Anda menyukai dan menguasai suatu produk, maka Anda bisa memilih jenis produk bisnis online shop Anda berdasarkan hal tersebut.

Jika Anda memilih produk yang paling Anda kuasai. Maka Anda dapat menjalankan bisnis online shop tersebut dengan mudah. Selain itu, Konsumen menjadi lebih percaya karena Anda mampu menjelaskan secara rinci tentang produk yang Anda jual.

Apalagi didukung dengan permintaan pasar yang tinggi serta keahlian marketing yang tinggi, sudah dapat dipastikan produk Anda akan semakin laris di pasaran.

2. Menentukan Sistem Online Shop yang Membuat Anda Terus Berkembang

Langkah selanjutnya Anda dapat memilih bagaimana cara Anda menyediakan produk. Apakah dengan menjual produk sendiri, dropshiper atau reseller.

Berbeda dengan e commerce seperti Tokopedia, mereka merupakan marketplace C2C yaitu costumer to costumer. Dimana produk yang ada pada etalase mereka merupakan barang dagangan para penjual. Mereka hanya sebagai perantara pembayaran yang aman.

Jika Anda memilih sistem dropship, pada praktiknya hampir sama seperti e commerce diatas. Anda tak perlu memiliki stok barang, semua proses produksi dan pengiriman dilakukan oleh suplier Anda.

Sedangkan sistem reseller, Anda harus membeli produk tersebut terlebih dahulu sebagai stok. Sistem ini tentu membutuhkan modal yang cukup karena Anda harus lebih dulu membeli barang dagangan.

Metode lainnya yaitu Anda menjual produk Anda sendiri. Cara ini biasanya dapat dengan mudah dilakukan ketika Anda telah memiliki produk yang laris di masyarakat.

Mana yang terbaik?

Semua pilihan tergantung dari Anda dan kemampuan yang Anda miliki. Untuk itu, perlu analisa secara matang terlebih dahulu sebelum membuka bisnis online shop.

3. Merencanakan Strategi Promosi Agar Lebih Efektif dengan Biaya Murah

Langkah selanjutnya agar online shop Anda laris, buatlah strategi ketika melakukan promosi. Catat strategi Anda dengan baik. Tentukan mana strategi yang bekerja efektif untuk online shop Anda.

Ada bermacam jenis strategi yang bisa diterapkan seperti :

  • Menggunakan Iklan digital Google Adword
  • Promosi dengan sistem Edorcement
  • Menggunakan iklan di media tradisional seperti koran, banner, televisi, radio dsb
  • Menggunakan teknik SEO
  • Konten Marketing
  • Kerja sama bersama mitra yang terkait
  • Dll

Langkah ini begitu penting. Mana yang terbaik? Tergantung dari analisa yang Anda lakukan.

Melakukan analisa yang bagaimana? Analisa pasar biasanya meliputi :

  • Siapa saja golongan pembeli produk Anda?
  • Lokasi mana saja yang harus ditargetkan?
  • Apakah terkait hobi tertentu?
  • Apakah berdasarkan lokasi tertentu?
  • Jenis kelamin?
  • Trend pasar?
  • Dan Lain sebagainya

Dengan mengetahui secara jelas siapa saja target market Anda. Anda dapat membuat strategi pemasaran yang efektif. Selanjutnya, catat semua kegiatan tersebut lengkap dengan budget yang diperlukan.

Ketika praktek promosi pun kita harus belajar bagaimana teknik menarik hati konsumen. Anda dapat belajar lebih jauh mengenai bagaimana menulis sales copy dengan baik. Silahkan Anda belajar dari online shop yang ada.

Pelajar online shop yang sukses, ketahui bagaimana cara mereka melakukan promosi. Adopsi lalu modifikasi.

Apa Saja Jenis Produk yang Bisa Dijadikan Ide

Sebenarnya jenis produk yang bisa dijual melalui online shop sangat banyak. Tidak mungkin bisa disebutkan semua. Memilih produk terbaik tergantung dari diri Anda masing  masing. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Menjual aneka jenis fashion yang menarik

Tahukah Anda bahwa :

Bisnis fashion sama seperti bisnis kuliner. Selalu ada permintaannya di pasar. Bahkan semakin hari semakin bertambah.

Hanya saja kita perlu mahir memilih jenis fashion yang sedang trend dimasa sekarang ini.

Selain itu, bisnis fashion memiliki kategori yang sangat luar. Anda bisa memilih target tertentu terlebih dahulu. Seperti menjual fashion khusus wanita, sepatu dan lain sebagainya.

Dengan menentukan target secara spesifik, Anda menjadi lebih mudah melangkah. Langkah awal seperti ini mampu membantu Anda memperoleh pengalaman.

Sistem online shop yang bisa Anda terapkan pun cukup bervariasi, misalkan dengan sistem reseller, pre order atau dropshiper.

2. Menjual produk kosmetik kecantikan juga memiliki pasar yang luas

Produk kecantikan juga memiliki sektor yang lumayan bagus. Terutama untuk target market kalangan remaja. Mereka tentu ingin menjadikan diri mereka lebih kelihatan cantik. Hal ini membuat kaum remaja wanita sering menghabiskan uang bulanan untuk membeli kosmetik kecantikan.

Jenis online shop seperti ini sering kita temukan di media sosial. Nah dari sini Anda bisa belajar bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut.

3. Online shop menjual berbagai jenis kuliner enak

Seperti pada poin pertama diatas, bisnis kuliner juga akan terus mengalami pertumbuhan. Semakin banyak manusia tentu tingkat kebutuhan makanan juga akan semakin meningkat.

Anda dapat menjual berbagai jenis olahan kuliner dengan resep Anda sendiri atau resep orang lain dengan sistem reseller.

4. Berbisnis online pada bidang elektronik

Sebagian besar masyarakat kini lebih suka berbelanja online. Hal ini karena ongkos kirim kini semakin murah. Kita dapat melihat trend belanja smartphone misalnya, semua dilakukan secara online.

Nah bagi Anda yang memiliki modal cukup, Anda dapat membuka toko online dengan menjual produk elektronik.

5. Online shop bidang pertanian

Walaupun pertanian dipandang sebelah mata bagi masyarakat metropolitan, sebenarnya usaha bidang pertanian masih sangat tinggi dikalangan pedesaan. Anda tak perlu khawatir soal akses internet. Saat ini akses internet sudah mencapai hampir semua pelosok desa.

Begitu juga dengan jasa pengiriman seperti pos Indonesia kini mampu mencapai seluruh wilayah.

Baca juga : Seberapa Besar Potensi Bisnis E-commerce di Indonesia?

Kesimpulan:

Menjalankan bisnis online shop memang terdengar menyenangkan. Akan tetapi perlu diingat bahwa kesuksesan bisa dicapai jika kita mampu bekerja cerdas dan bekerja keras. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Salam sukses selalu.

Updated: May 7, 2018 — 11:03 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap