Paket Internet Seperti Apa Yang Cocok Untuk Blogger Pemula

Paket internet yang cocok untuk blogger

Gambar ilustrasi

Paket internet memang sebuah kebutuhan utama bagi seorang blogger. Yang menjadi masalah adalah sekarang ini harga paket masih terbilang lumayan mahal. Terutama bagi blogger pemula. Blogger pemula yang belum punya penghasilan dari blognya mau tidak mau harus menggunakan uang sendiri untuk modal awal.

saya sendiri menggunakan paket 8 giga. Ternyata paket internet dengan 8 giga saja harus merogoh kocek 200 an ribu. Paket data sebesar ini belum ada apa apanya. Masih jauh dari kata cukup.

Mengapa tidak memasang jaringan unlimited saja dari sp**dy. Padahal harganya kan lebih kurang? Iya karena saya masih tinggal di kampung. Kabel telefon belum sampai kerumah. Jadi terpaksa menggunakan internet kartu.

Inilah yang menjadi tantangan buat saya, saya harus bisa membagi kuota, membagi waktu untuk bisa mengembangkan blog. Apalagi bagi blogger yang punya lebih dari satu blog, harus pintar dalam membagi jadwal. Caranya tentukan skala prioritas dulu, cari mana kegiatan yang penting. Mana yang harus didahulukan agar kuota benar – benar terjaga.

Membuat blog itu butuh paket yang lumayan besar menurut saya. Apalagi saat proses desain awal. Kita harus belajar kesana kemari menemukan tutorial tentang blogging. Belajar bagaimana melakukan editing template dan semacamnya.

Selain kegiatan internal blog seperti diatas, blogger pemula juga di tuntut untuk aktif bersosial dibidang blogging, seperti melakukan aktivitas blogwalking. Blogwalking itu penting, blogwalking ternyata dapat membantu blog Anda menjadi lebih popular. Walaupun backlink yang dihasilkan masih nofollow.

Saya sering membaca, rata – rata rekan blogger masih menyarankan untuk selalu rajin blog walking. Blog walking yaitu meninggalkan komentar di blog lain yang sesuai, relevan dengan isi konten. Syaratnya, kita harus berkomentar dengan baik, harus berkomentar sesuai dengan apa yang ditulis. Hal ini dapat memberikan efek yang baik bagi popularitas Anda.

Selain blogwalking, kegiatan yang cukup memakan kuota internet adalah kegiatan berbagi di forum. Aktif di forum itu penting. Dari forum kita dapat mengikut perkembangan dunia blogging. Karena dunia blogging itu terus berkembang. Selalu saja ada ilmu baru.

Metode terbaik untuk menemukan perkembangan terbaru yaitu dengan selalu memantau dan aktif di forum. Biasanya banyak blogger lain yang dengan ikhlas membagikan informasi baru yang mereka dapatkan. Entah itu update algoritma dll.

Kegiatan semacam ini sangat menguras kuota internet. Saya rasa 8 giga tak cukup sama sekali. Jadi, mau tidak mau harus mencari paket unlimited.

Paket internet yang cocok untuk blogger itu yang mana? Sudah jelas paket dengan sistem unlimited. Paket jenis unlimited membuat Anda bebas, bebas berekreasi dan menjalankan aktivitas blogging tanpa harus khawatir dengan kuota.

Untuk mendapatkan kecepatan akses yang tinggi, saya menyarankan Anda mencari informasi yang lengkap, carilah provider yang benar – benar menjaga kualitas koneksi mereka. Cari provider internet yang cepat dan murah.

Saya tidak bisa menyebutkan provider yang mana, rata – rata sudah bagus menurut saya. Mulai dari menggunakan kartu handphone atau menggunakan pemasangan kabel. Tergantung lokasi juga sih, jika masih belum ada kabel internet. Anda bisa menggunakan layanan dengan model parabola.

Internet dengan sistem parabola sangat cocok jika Anda tinggal di daerah pedesaan. Sudah banyak provider yang muncul sekarang, mereka bisa memasang parabola dimanapun lokasi Anda.

Walaupun demikian, kita bisa menggunakan paket seadanya dengan cara mencari solusi. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan.

1. Coba cari wifi gratis.

Kita bisa mencari spot wifi gratis, biasanya ada ditempat keramaian. Anda bisa menjalankan aktivitas blogging pada area wifi gratis. Utamakan kegiatan penting saja. Biasanya kegiatan penting seperti mencari referensi untuk artikel, membuat desain blog, download beberapa material penting dan semacamnya.

Wifi gratis biasanya ada di kota – kota besar, di kafe, pusat keramaian atau spot tertentu. Ya menjelang bisa membeli paket unlimited hehe.

2. Pasang Xampp local host

Anda bisa memasang xampp di komputer. Terutama bagi blogger dengan platform WordPress. Cara ini lumayan irit kuota. Anda bisa memasang WordPress di komputer Anda terlebih dahulu. Lakukan desain di komputer. Setelah selesai, upload file tersebut ke hosting Anda.

Cara seperti ini menurut saya cukup aman. Kesalahan koding bisa segera Anda perbaiki tanpa berpengaruh ke website utama yang sedang online.

Proses desain, posting dan melakukan beberapa perubahan koding bisa dengan leluasa kita lakukan. Anda bisa melakukan berbagai macam eksperimen.

3. Disable Gambar Sementara

Gambar memakan kuota internet banyak. Disable saja terlebih dahulu. Anda bisa mengatur tampilan gambar sesuai dengan pengaturan pada masing – masing browser. Lakukan hal ini jika Anda belum bisa membeli paket internet unlimited. Anda bisa berselancar tanpa gambar. Itupun kalau Anda tidak butuh gambar. Jika butuh, ya tinggal diaktifkan saja.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer Agar Paket Anda Awet

Itulah tadi penjelasan tentang paket internet yang cocok untuk blogger dan beberapa solusi yang bisa Anda terapkan. Semoga saja paket internet bisa terus turun. Sehingga banyak blogger baru yang bisa membangun blog dengan leluasa.




Updated: July 30, 2017 — 6:05 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap