10 Contoh Peluang Bisnis Bulan Ramadhan yang Menjanjikan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh dengan keberkahan. Dengan datangnya bulan Ramadhan, kita bisa meningkatkan amal ibadah melalui puasa, sedekah, shalat tarawih, dan berbagai macam kegiatan amal lainnya.

Selain itu, bulan Ramadhan juga mendatangkan berkah dari segi ekonomi. Peningkatan omset mampu diraih di berbagai bidang bisnis yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

1. Jualan Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa

Ide Bisnis Bulan Ramadhan

Salah satu kebahagiaan orang berpuasa adalah saat berbuka puasa. Semua menunggu momen ini setelah seharian berpuasa. Saat berbuka, minuman segar merupakan menu yang paling diburu.

Hal ini terbukti dengan ramainya penjual dan pembeli minuman segar di berbagai tempat saat bulan puasa. Kemeriahannya terasa sekali kan?

Nah, kamu bisa mencoba bisnis jualan minuman segar ini saat bulan puasa. Banyak sekali tempat jualan yang tersedia, baik itu di pinggiran jalan tempat berkumpulnya para penjual, di teras rumah, dijajakan keliling atau ditempat kerjamu.

Dari segi modal, usaha minuman segar untuk buka puasa tidak terlalu besar, cukup dengan Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000 Kamu sudah bisa memulainya.

Minuman segar jenisnya ada banyak seperti :
  • Es buah, Es kelapa
  • Cendol,
  • Es campur
  • Air tebu
  • Aneka Sirup buah
  • Dan puluhan jenis olahan minuman segar lainnya

Kembangkan kreatifitas kamu untuk mencari ide minuman segar yang laris. Usahakan agar minuman segar kamu benar – benar terasa segar, bersih, rapi dari segi tampilan. Sehingga kamu bisa mendapatkan pelanggan yang banyak.

2. Jualan Takjil Untuk Berbuka Puasa dengan 3 Model

Takjil Bulan Puasa

Via Merdeka.com

Berkah bulan puasa memang luar biasa, selain mendatangkan berkah bagi pedagang minuman segar, para pedagang takjil juga akan menikmati indahnya Ramadhan. Kamu juga dapat menjual 2 jenis usaha sekaligus, yaitu jualan takjil dan jualan minuman segar.

Atau kamu bisa memilih salah satunya saja. Tergantung selera dan kemampuan yang kamu miliki.

Ada 2 model usaha yang bisa kamu terapkan, atau kamu gabungkan keduanya yaitu :

  1. Jualan takjil model pertama menjual takjil olahan sendiri
  2. Jualan takjil model kedua, kamu menampung produksi orang lain atau titipan.
  3. Jualan takjil model ketiga, gabungkan jenis keduanya. Yaitu, selain kamu memproduksi sendiri, kamu juga menerima titipan produk orang lain.

Jika kamu menerapkan model 2 dan 3. Untuk langkah awal, kamu persiapkan tempat jualan lalu promosikan dan ajak rekan – rekan kamu untuk membuat takjil. Kamu bertugas mengelola semua produksi mereka.

Cara berjualan pun sangat bervariasi. Terutama bagi mahasiswa, kamu dapat jualan secara berkelompok 2 atau 3 orang bersama teman – teman kamu.

3. Menjual Aneka buah – buahan

Buah buahan bulan puasa

Saat bulan puasa, aneka menu selalu menemani saat berbuka. Ada yang membuat olahan takjil sendiri seperti dengan membuat minuman segar sendiri.

Nah selain untuk pencuci mulut saat berbuka, buah – buahan saat bulan puasa sering dicari untuk membuat aneka minuman segar sendiri. Untuk itu, usaha menjual buah – buahan merupakan usaha yang bisa mendatangkan keuntungan tersendiri.

4. Jualan Catering Untuk Sahur dan Berbuka

Usaha bulan puasa katering

Sebagian orang saat berpuasa terkadang sibuk sehingga tidak sempat untuk memasak masakan sendiri untuk berbuka dan sahur. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha catering.

Terutama bagi kamu yang berada di lokasi kompleks karyawan, perkantoran atau wilayah padat penduduk. Usaha catering saat bulan puasa lumayan menjanjikan.

Modal yang digunakan untuk membuka usaha catering bulan puasa sangat bervariasi, tergantung dari jenis masakan yang akan kamu buat.

Buatlah masakan yang super enak sehingga usahamu bisa terkenal dan mendapatkan pelanggan yang banyak. Utamakan kualitas produk dan kualitas layanan.

5. Menjual Busana Muslim

Busana Muslim Ramadhan

Via Pixabay.com

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci dan sangat erat kaitannya dengan nuansa ibadah. Hal ini lah yang membuat busana muslim mengalami permintaan yang tinggi.

Terutama saat mendekati lebaran, busana muslim menjadi trend market yang mengalami permintaan tinggi.

Bagi kamu yang hobi dengan fashion, kamu bisa membuka usaha busana muslim ini. Apa yang perlu menjadi catatan adalah, kamu harus mengetahui trend busana yang paling digemari. Kamu bisa mencari informasinya melalui media sosial, forum dan para selebgram.

6. Menjual Ketupat

Ketupat

Via Okezone.com

Ketupat merupakan simbol lebaran Idul Fitri. Jenis makanan ini sangat sering kita jumpai dimana – mana saat lebaran.

Tidak semua orang lho bisa membuat ketupat. Bagi yang tidak bisa membuat sendiri, mereka biasanya membeli ketupat yang sudah jadi. Nah ini merupakan kesempatan bagi kamu yang ingin mendapatkan uang tambahan.

Kamu bisa memproduksi ketupat sendiri atau dengan membelinya dari para pembuat ketupat. Kemudian kamu jual di pasar atau dengan cara menawarkan langsung.

Modal yang diperlukan terbilang sedikit, namun kamu bisa mendapatkan untuk yang banyak. Kesuksesan bisnis menjual ketupat tergantung bagaimana cara kamu menjualnya dan kemampuan kamu dalam melakukan promosi.

7. Membuat Kue Lebaran

Usaha kue lebaran

Persiapan lebaran sering dilakukan jauh – jauh hari. Seperti mempersiapkan kue – kue kering dan berbagai jenis persiapan lebaran lainnya.

Trend belanja kue kering lebaran akan mengalami peningkatan yang sangat drastis. Nah kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk latihan berbisnis kan? Kamu bisa membuat aneka kue kering yang lucu dan unik, so pasti rasanya juga harus di jaga.

Kue lebaran memang sesuatu hal yang sudah pasti di cari dan sering menjadi pembicaraan oleh para ibu rumah tangga. Mereka akan mempersiapkan semuanya sebelum lebaran Idul Fitri. Hal inilah yang menjadi alasan kue lebaran paling diburu.

8. Rental Mobil dan Motor

Usaha rental mobil bulan ramadhan

Usaha rental mobil atau motor akan mengalami peningkatan saat bulan suci Ramadhan. Mengapa? Karena saat lebaran semua orang akan merayakan kesempatan ini untuk saling silaturrahmi.

Untuk di kota – kota besar, usaha rental mobil dicari karena bagi para pemudik. Sebab, tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi dan suka akan kendaraan umum.

Bagi kamu yang punya budget gede atau sudah memiliki usaha ini sebelumnya, kamu akan menerima permintaan yang tinggi.

9. Menjual Parsel Lebaran

Usaha Ramadhan Menjual Parsel

Saat lebaran biasanya sering kita jumpai orang – orang yang memberikan hadiah untuk keluarga teman dan teman kolega. Mereka sering berburu parsel unik dan kreatif untuk dibeli dan dijadikan hadiah saat lebaran.

Nah, bagi kamu yang jago membuat parsel, kamu bisa mengambil kesempatan binsis ini saat bulan puasa. Buatlah parsel yang menarik dan unik, tawarkan atau pajang di toko – toko terdekat. Kamu bisa juga mempromosikan produk parsel kamu melalui media sosial.

Modal yang diperlukan pun tergantung dari jenis parsel  yang kamu buat. Bagaimana? Menarik kan?

10. Jualan Smartphone

Bisnis smartphone di bulan puasa

Usaha ini sangat cocok bagi kamu yang sebelumnya sudah bergerak dibidang ini. Mengapa? Karena usaha jualan ponsel cenderung membutuhkan modal yang relatif besar.

Saat bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri, sebagian orang ingin terlihat tampil beda. Seperti dengan membeli ponsel baru. Hal ini bisa dilihat dari data e-commerce yang menunjukkan bahwa trend pembelian ponsel mengalami peningkatan yang tinggi.

Baca juga : 43 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Itulah tadi beberapa peluang usaha saat bulan puasa Ramadhan. Semoga artikel ini dapat membantu bagi kamu yang sedang mencari ide usaha. Salam praktek dan sukses selalu.

Updated: March 20, 2018 — 6:48 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap