Peluang Bisnis Rumahan Yang Patut Di Lirik Saat Ini

Peluang Bisnis

Peluang Bisnis

Sebagian dari kita mungkin masih berfikir bahwa memulai sebuah usaha itu membutuhkan modal yang besar agar sukses. Akan tetapi ada juga lho yang bisa memulai usaha dengan modal minim dan malah menjadi sukses dalam berbisnis. Karena mereka bisa mengambil peluang yang ada lalu mengelola dengan baik hingga menjadi pengusaha sukses. Dari sini kita seharusnya bisa melihat bahwa, motivasi, niat dan kemampuan dalam mengelola bisnis lah yang menjadi peran utama agar usaha bisa maju dan sukses.

Memang tidak bisa kita pungkiri ada sebagian model bisnis yang membutuhkan modal yang lumayan besar agar lancar. Tapi itu tidak semua, masih banyak model bisnis yang bisa dijalankan dengan modal minim, yang penting kita mau meneliti peluang apa saja yang ada dan dengan modal seberapa banyak agar usaha tersebut bisa dimulai dari sekarang.

Agar bisnis bisa berjalan lancar kita harus bisa mencari target marketnya terlebih dahulu, kemudian menjalankan usaha yang dipilih dengan hati – hati dan penuh dengan perhitungan yang matang agar mampu tetap bertahan dan mampu berkembang dengan baik. Kemampuan seperti ini bisa dilatih dan didapatkan dengan cara belajar atau dengan cara memperhatikan bagaimana strategi para pengusaha yang telah sukses sesuai bidang yang kita tekuni.

Untuk itu berikut ini ada beberapa peluang usaha rumahan yang mungkin bisa kita perhatikan apakah ada kesempatan yang bisa kita ambil. Agar lebih mudah kita bagi menjadi dua bagian yaitu :

  1. Bisnis Konvesional dan
  2. Bisnis Berbasis Teknologi

Tujuan membedakan jenis bisnis seperti diatas adalah agar kita bisa lebih mudah melihat perbedaan yang ada diantara keduanya. Sehingga kita bisa memilih mana yang mungkin cocok untuk dijalankan.

1. Bisnis Konvensional

Bisnis konvensional artinya bisnis yang sudah ada sejak lama. Ide dan peluang bisnis konvensional rumahan pun sebenarnya sangat banyak sekali jumlahnya. Terkadang kita menjadi bingung dalam menentukan pilihan, mana yang cocok dan mana yang lebih baik. Menemukan ide bisnis memang gampang – gampang susah, apalagi bagi pemula yang baru ingin memulai sebuah bisnis.

Berikut ini ada beberapa contoh bisnis rumahan yang bisa dikerjakan dari rumah dan mungkin bisa Anda jadikan sebagai batu loncatan untuk dikembangkan menjadi bisnis dalam sekala besar.

A. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menyediakan atau memproduksi makanan, baik itu makanan ringan ataupun makanan pokok siap saji. Bisnis jenis ini akan terus mengalami pertumbuhan karena kita juga tahu bahwa makanan merupakan kebutuhan utama yang terus menerus dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi jika kita bisa menemukan celah yang tepat sehingga bisnis kuliner ini bisa berkembang dengan sukses.

Sebenarnya Anda bisa menemukan ide bisnis kuliner ini dengan mudah, perhatikan saja lingkungan disekitar anda atau ketika Anda jalan – jalan di kota manapun. Banyak pedagang, pabrik rumahan bertebaran di Indonesia ini. Anda bisa mengambil beberapa ide dari sana dan menemukan mana yang cocok untuk Anda jalankan. Tidak terbatas pada artikel ini saja, karena saya yakin Anda juga mempunyai referensi sendiri tentang ide – ide bisnis kuliner ini.

Berikut ini ada beberapa contoh bisnis kuliner dan bisa dikerjakan dari rumah.

Bisnis dengan membuka warung makanan

Jika Anda berada didaerah lokasi yang padat penduduk terutama didaerah komplek karyawan, Anda bisa mengambil kesempatan ini, karena biasanya para karyawan sangat sibuk dengan pekerjaan mereka, sehingga tak sempat untuk memasak masakan sendiri. Nah jika memang market seperti ini bisa Anda raih, maka anda bisa mendapatkan peluang yang cukup baik untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis.

Warung makanan atau restoran juga cukup populer di lokasi keramaian seperti pasar, penyediaan katering bagi karyawan pabrik, pelabuhan, terminal, dan lokasi – lokasi padat penduduk lainnya. Karena makanan memang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Yang penting Anda belajar bagaimana memasak masakan yang enak dan mampu meningkatkan pelayanan bagi para kustomer Anda. Bagi pembeli yang merasa puas biasanya menjadi pelanggan setia Anda.

Berbisnis dengan menjual bermacam – macam jenis kue

Anda bisa mencari ide jajanan kue yang enak dengan memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Atau dengan cara melakukan riset terlebih dahulu bagaimana respon pasar terhadap hasil olahan kue Anda. Caranya cukup mudah, buat kue percobaan terlebih dahulu lalu letakkan hasil olahan Anda tersebut pada beberapa warung, minimarket, toko kue. Kemudian lihat bagaimana respon pembeli. Buatlah aneka rupa kue, dan teliti mana yang laris manis di pasaran.

Jajanan kuliner yang populer dan sering menarik minat para wisatawan dari dalam dan luar negeri adalah makanan khas daerah. Nah anda bisa memanfaatkan kesempatan ini bagi yang di daerahnya sering dikunjungi oleh wisatawan. Bermacam jenis kue yang bisa Anda produksi, mulai dari kue khas daerah masing – masing itu tadi hingga jenis kue unik yang penting enak untuk di konsumsi serta aman bagi kesehatan.

Anda bisa mengembangkan kreatifitas dengan membuat aneka kue yang menarik seperti kek untuk ulang tahun, kue untuk resepsi pernikahan dan kado, atau membuat kue dengan sentuhan seni kreatifitas.Namun dari semua itu ada satu hal yang paling penting yaitu teknik pemasaran yang tepat. Jadi, dengan strategi pemasaran yang tepat, usaha Anda pun bisa berkembang dengan cepat pula.

Bisnis  dengan jualan gorengan

Kalau kita mau melihat dengan jeli ternyata gorengan sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat. Olahan yang bisa dijadikan makanan gorengan ternyata banyak sekali jumlahnya. Seperti goreng pisang, gorengan tahu, gorengan tempe, bakwan dan masih banyak lagi. Anda hanya perlu belajar bagaimana cara membuat makanan gorengan dengan rasa yang enak.

Jangan berfikir usaha besar saja yang perlu strategi marketing dan manajemen. Usaha olahan ringan seperti ini saja bisa menjadi besar jika diikuti dengan beberapa sentuhan inovasi. Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara Anda mengelola keuangan, baik itu dengan mencatat berapapun pendapatan dan pengeluaran Anda. Dan mencatat apa kira – kira strategi marketing yang bisa diterapkan.

Bisnis ukm dengan memproduksi makanan ringan

Makanan ringan seperti camilan juga merupakan peluang bisnis rumahan yang patut di analisa. Sekarang ini banyak sekali usaha skala rumahan seperti ini berhasil mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang banyak dan mampu memenuhi kebutuhan ekonomi. Apalagi ketika hasil produksi makanan ringan tersebut mampu menjangkau pasar yang luas.

Sebagai contoh bisa kita lihat produksi yang dihasilkan dari olahan kerupuk. Anda bisa membaca kisah sukses para pengrajin kerupuk di tanah air di internet, televisi atau di koran – koran. Omset mereka cenderung besar dan mampu meningkatkan kesejahteraan. Padahal bagi sebagian orang mungkin menganggap remeh tentang usaha kerupuk ini. Akan tetapi jika bisnis ini dijalankan dengan teknik yang tepat, termasuk hasil olahan yang berkualitas, maka usaha produksi makanan ringan bisa merambah hingga skala nasional.

Usaha makan ringan bukan hanya dari jenis kerupuk saja, banyak makanan ringan lain yang bisa Anda lirik untuk dijadikan sebagai peluang bisnis. Seperti :

  • Ongseng jagung (pop corn)
  • Berbagai jenis keripik
  • Olahan Emping
  • Makanan ringan seperti tela – tela
  • Macam – macam olahan kacang
  • Dan masih banyak lagi

Ide dan jenis peluang bisnis makanan ringan seperti ini bisa didapat dari mana saja. Setelah anda menemukan ide yang cocok, silahkan catat untuk dijadikan bahan pertimbangan.

B. Peluang Usaha Jasa Menjahit

Walaupun sekarang ini telah banyak perusahaan dengan hasil pakaian jadi, peluang bisnis rumahan seperti jasa menjahit masih tetap dibutuhkan oleh masyarakat. Karena biasanya hasil produksi pakaian jadi memerlukan modifikasi jika pakaian tersebut dianggap tidak cocok oleh pembeli. Terlebih lagi bagi orang yang memiliki postur tubuh gemuk, orang seperti ini tetap memburu jasa penjahit pakaian untuk membuat modifikasi pakaian yang dibelinya.

Selain itu, membuka usaha menjahit bisa Anda kembangkan menjadi usaha kerajinan, misalnya membuat taplak meja, membuat alas kaki, perhiasan dinding yang justru bisa mendatangkan omset tambahan bagi bisnis Anda. Nah jika Anda belum menguasai bidang dan skill menjahit, Anda bisa mengambil kursus menjahit terlebih dahulu. Pelajari bagaimana cara menjahit pakaian yang benar agar hasil kerja Anda di acungi jempol oleh para pelanggan Anda.

C. Membuka Usaha Fashion

Anda seharusnya tahu bahwa kebutuhan fashion saat ini terus mengalami pertumbuhan . Apalagi jika anak – anak muda cendrung suka mengikuti trend, sehingga mereka suka membeli pakaian dengan model – model terbaru. Maka dari itu, bisnis fashion bisa menjadi lahan menjanjikan untuk di garap. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa bisnis fashion sangat menuntut ketrampilan dalam membaca arah trend dan model pakaian yang sedang di gandrungi. Sehingga bagi Anda yang memiliki jiwa seni tinggi, maka bisnis fashion bisa menjadi sebuah usaha yang mungkin cocok untuk Anda.

Bisnis fashion bisa menjadi bisnis paling menjanjikan jika Anda mampu untuk memanfaatkan pasar yang ada, mampu untuk memilih dan menentukan model pakaian yang digemari dan mampu untuk menjadi distributor fashion bagi pengusaha fashion lainnya.

Coba pelajari bagaimana menentukan pola, model, gambar pada fashion saat ini. Perhatikan juga bagaimana model fashion berdasarkan hobi tertentu seperti dengan membuka usaha fashion dalam kategori hobi sepak bola, dan pada hobi – hobi tertentu lainnya.

D. Usaha Laundry

Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan teknologi dan majunya kegiatan ekonomi, membuat aktivitas masyarakat menjadi padat dan mereka tidak sempat untuk melakukan kegiatan rumah tangga seperti mencuci pakaian. Dengan demikian, mereka membutuhkan jasa laundry untuk membantu mereka dalam menghemat waktu ketika sibuk dengan kegiatan kerja sehari – hari.

Jika anda berada pada daerah komplek karyawan, kampus dan lokasi sibuk lainnya, usaha laundry bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Anda hanya butuh beberapa mesin cuci sekaligus karyawan jika memang usaha Anda mampu berkembang dengan baik. Dan yang paling penting, usahakan hasil cucian Anda wangi, bersih dan rapi. Hal seperti inilah yang akan meningkatkan kepercayaan para pelanggan Anda.

E. Bisnis Budidaya Ikan

Indonesia merupakan sebuah negara iklim tropis dan otomatis cocok untuk mengembangkan berbagai jenis budidaya. Selain itu, budidaya ikan masih memiliki peluang tinggi dipasaran. Dimana – mana pasar atau market masih membutuhkan yang namanya ikan karena merupakan lauk pauk untuk rumah tangga, restauran dan pabrik olahan makanan dari ikan.

Membuka usaha ternak tidak melulu membutuhkan modal besar, Anda bisa melakukan eksperimen kecil – kecilan terlebih dahulu di pekarangan rumah Anda. Tujuannya adalah untuk meneliti apakah budidaya yang Anda coba tersebut mampu menghasilkan profit yang menjanjikan. Sekaligus belajar ilmu dan pengetahuan bagaimana cara budidaya ikan dengan benar.

Jenis ikan yang bisa di ternak juga lumayan banyak, mulai dari jenis ikan lele, patin, udang, ikan nila, ikan gurame dan lain sebagainya. Lihatlah market yang ada disekitar anda, cari beberapa agen yang memang membutuhkan ikan secara rutin. Jika Anda telah menemukan agen yang mau membeli hasil budidaya Anda, maka Anda bisa mengembangkan usaha tersebut ke skala yang lebih besar.

2. Peluang Bisnis Rumahan berbasis teknologi

Untuk bisnis dengan basis teknologi sebenarnya bisa diterapkan pada jenis bisnis model apapun. Seperti bisnis konvensional yang menerapkan teknologi dalam pelaksanaannya maka hasilnya bisa naik berkali – kali lipat dan lebih efisien. Bagi Anda penggemar kemajuan teknologi sudah tentu mempunyai gambaran dan sering melihat contoh inovasi – inovasi luar biasa, seperti bertani dengan teknologi hidroponik, panen gandum dengan mesin otomatis dan masih banyak lagi. Akan tetapi maksud dari artikel ini adalah melihat dari segi media yang digunakan saja dengan sekala bisnis rumahan. Berikut ini beberapa contoh peluang bisnis rumahan.

A. Bisnis pengisian voucher pulsa atau token

Kebutuhan pulsa saat ini bisa dikatakan sebagai kebutuhan utama, dimana setiap orang butuh komunikasi dan akses ke internet. Apalagi kemajuan teknologi dibidang mobile terus mengalami peningkatan sehingga mendorong usaha pengisian pulsa atau paket internet menjadi semakin meningkat. Begitu juga dengan jasa penjualan token listrik, saat ini meteren listrik mulai di terapkan dengan sistem pulsa.

Peluang bisnis rumahan model voucher / paket elektronik seperti ini biasanya sangat terbuka lebar jika kita berada di lokasi keramaian. Sebagai contoh adalah jika Anda berada pada lokasi kampus dimana ramai para pelajar yang membutuhkan pulsa paket untuk memenuhi kebutuhan mereka. Nah jika Anda seorang mahasiswa yang masih berstatus kuliah, tidak ada salahnya mencoba berbisnis pulsa kemudian mempromosikan pada teman – teman dekat, bekerja sama dengan kelas lain dan lain sebagainya.

B. Menjadi penulis konten

Coba Anda bayangkan setiap hari diseluruh dunia ada sekitar 2 juta artikel yang diterbitkan ke internet. Data ini saya dapatkan dari hasil membaca beberapa artikel di luar negeri. Ini menunjukkan bahwa karya tulis menjadi salah satu primadona bagi pelaku – pelaku bisnis internet di dunia ini.

Nah Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis artikel, maka menjadi penulis artikel bisa mendatangkan profit yang menjanjikan. Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penulis tetap yang dibayar pada media blog, portal berita, majalah online dan lain sebagainya. Atau Anda bisa membuka jasa penulis artikel yang justru saat ini sedang naik daun.

Syarat utama adalah memiliki akses internet, laptop / komputer serta kemampuan dalam menulis artikel sesuai dengan syarat yang di butuhkan oleh pembeli artikel Anda. Karena biasanya jika konten tersebut untuk blog maka setidaknya kita harus mengetahui apa itu konten yang seo friendly dan human friendly. Itu semua bisa dipelajari asalkan ada kemauan dan keinginan untuk menjadi seorang penulis serta niat untuk menjalankan peluang bisnis dengan skala rumahan lewat menulis artikel.

D. Internet marketing

Kegiatan Internet marketing bisa menjadi salah satu alternatif lain bagi anda yang ingin berusaha dari rumah. Pengusaha yang terjun ke metode internet marketing saat ini terus mengalami pertumbuhan dari waktu – ke waktu seiring dengan berkembangnya pengguna internet di Indonesia. Jangkauan pemasaran internet pun bisa mencapai skala global.

Sebagai contoh banyak lapak atau e commerce  telah memasang iklannya di media televisi itu membuktikan bahwa dengan pengetahuan dan manajemen yang mumpuni mereka bisa berhasil meraup profit dalam jumlah yang lumayan.

Strategi internet marketing bisa Anda terapkan pada bisnis konvensional seperti yang telah dijelaskan diatas. Misalkan Anda memproduksi kerupuk, Anda bisa memasarkan produk kerupuk tersebut melalui media online. Sudah tentu target market Anda semakin luas bisa menjangkau dari daerah manapun.

Model internet marketing sebenarnya ada banyak sekali, tidak terbatas hanya pemasaran produk saja, Anda bisa saja memasarkan produk orang lain dan mendapatkan komisi bagi hasil dari pemasaran tersebut. Istilah mudahnya adalah menjadi sales marketing lewat media internet.

Secara umum, kegiatan internet marketing yaitu dibagi menjadi 3 saja agar lebih mudah yaitu:

  • Website marketing
  • Social media marketing
  • Email marketing

Sekarang ini banyak sekali para pelaku internet marketer yang membagikan ilmunya secara gratis di internet. Anda hanya perlu rajin membaca kesana kemari untuk menemukan ilmu pengetahuan bagaimana menjalankan bisnis lewat internet. Kumpulkan ilmunya terlebih dahulu sebelum memulai untuk melangkah agar bisnis Anda bisa cepat sukses.

E. Membuka Kursus atau Les Private

Peluang bisnis berikutnya adalah membuka les private atau kursus di sekitar tempat tinggal Anda. Anda bisa memanfaatkan peluang ini jika memiliki beberapa kelebihan seperti ahli di bidang bahasa asing, komputer, kursus matematika, musik, atau keahlian yang bermanfaat lainnya. Temukan orang – orang yang membutuhkan bimbingan les privat dan kursus Anda. Lakukan survey disekitar lokasi Anda, apakah ada peluang bisnis yang bagus ketika Anda membuka les privat atau kursus.

Selain itu, bisnis jenis seperti ini bisa dijalankan secara online dan offline. Anda bisa membuka les secara online jika murid Anda berada jauh dari lokasi tempat Anda mengajar. Teknologi sekarang ini sudah sangat mendukung metode seperti ini, semuanya tergantung dari penguasaan teknologi itu sendiri.

F. Bisnis Percetakan

Ada lagi nih peluang yang paling bagus jika Anda berada disekitar lokasi masih minim usaha percatakan atau memang bagi anda yang tinggal di daerah kegiatan pendidikan seperti kampus serta daerah perkantoran. Kebutuhan jasa cetak dokumen masih memiliki peluang yang sangat tinggi. Banyak job list yang bisa digarap seperti :

  • Printing Kaos
  • Cetak design striker kreatif
  • Mencetak surat undangan resepsi pernikahan, kartu nama, sampul buku dll
  • Kegiatan Fotocopy dokumen
  • Pembuatan spanduk
  • Membuat Baliho
  • Karya fotografi
  • Dan lain sebagainya

Kalau dilihat dari segi modal memang bisnis percetakan agak membutuhkan modal yang lumayan saat membeli inventaris seperti mesin cetak, mesin fotocopy, computer dan perlengkapan pendukung lainnya. Hal ini membuat kita berfikir dua kali untuk membuka usaha jenis seperti ini jika memang kita tidak memiliki modal yang cukup. Nah bagi yang cukup modal tentu harus meneliti terlebih dahulu, apakah memang cocok membuka usaha percetakan atau tidak. Sarannya masih sama yaitu cari informasi dan buatlah riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih jenis bisnis seperti ini.

g. Bisnis Pertanian Sistem Hidroponik

Jika anda ingin bertani tetapi berada pada lokasi padat penduduk, Anda tidak perlu khawatir karena ada teknologi hidroponik sebagai solusi terbaik Anda. Selain itu, bertani sistem hidroponik dapat membantu menjaga lingkungan disekitar Anda. Suasana tempat tinggal pun menjadi nyaman dan asri dengan adanya tanaman hidroponik tersebut.

Permintaan sayuran dengan jenis hidroponik sebenarnya sangat tinggi belakangan ini. Masyarakat lebih memilih sayuran dari hasil olahan hidroponik karena sayuran dari hasil tanaman hidroponik itu lebih aman dan bersih. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa anda coba untuk di budidayakan.

  • Sayuran bayam
  • Sayuran Sawi
  • Daun selada
  • Kangkung
  • Daun bawang
  • Dan lain sebagainya

Metode dan teknologi pertanian hidroponik memerlukan pengetahuan yang mumpuni dalam pelaksanaannya. Anda perlu belajar bagaimana cara instalasi peralatan, cara pemberian nutrisi, hingga masalah perawatan. Untuk itu belajarlah terlebih dahulu dari para pakar hidroponik di sekitar Anda. Kita berharap semoga pemerintah menyediakan sarana belajar yang baik bagi para petani hidroponik ini.

Kesimpulan :

Untuk peluang bisnis rumahan lainnya memang masih banyak yang tidak bisa disebutkan secara keseluruhan mengingat isi artikel ini menjadi terlalu panjang. Selain itu sebenarnya Anda bisa menemukan ide bisnis dari mana saja jika mau meneliti dan memperhatikan gerak ekonomi di masyarakat. Banyak contoh para pelaku bisnis yang telah sukses dan berhasil meraih keuntungan yang luar biasa. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan inspirasi dan peluang bisnis terbaik bagi kesuksesan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap