11 Contoh Peluang Usaha Kuliner Menarik dan Laris Dipasaran

Anda ingin memulai usaha kuliner? Tapi belum punya ide? Berikut ini beberapa ide usaha kuliner yang bisa Anda kerjakan.

Usaha kuliner memang terus mengalami pertumbuhan, hal ini seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Apalagi trend dan gaya masyarakat juga mendukung usaha kuliner untuk semakin maju.

Berikut ini akan ada beberapa contoh usaha kuliner. Apa saja itu? Yuk kita baca ide atau peluang usaha kuliner.

Peluang usaha kuliner

Kue kek brownies, peluang usaha kuliner laris modal kecil

Amanda (Anak mantu damai) sebuah nama merek brownies yang kini telah popular di Bandung. Amanda brownies telah memiliki puluhan cabang dengan omset yang besar tentunya.

Kisah ini diangkat dari kesuksesan Wiludjeng dan suaminya Haji Sjuku Bc.Ap yang berhasil menjalankan usaha dibidang kuliner brownies.

Kue bolu kukus brownies modalnya cukup kecil lho. Apalagi tahap awal atau percobaan. Untuk percobaan awal, modal yang diperlukan hanya beberapa butir telor, mentega, soda, tepung cokelat dan tepung terigu, Anda sudah bisa mencoba merintis usaha ini.

Usahakan agar hasil olahan brownies yang Anda buat enak terlebih dahulu, lalu uji di warung yang ramai, jika laris manis, silahkan Anda genjot jumlah produksinya secara berkala sampai besar.

Selanjutnya, buat nama brand dan daftarkan ke pemerintah agar Anda bisa melebarkan sayap pemasaran hingga ke supermarket.

Cilok asal kata “Aci Dicolok” juga ide usaha kuliner unik

Seperti  artikel yang di kutip dari situs liputan6.com. “Pantang menyerah : Kisah juragan cilok dengan 300 gerobak” Berkat kerja keras dan pantang menyerah dari seorang Asep Kundrotullah, ia mampu membangun usahanya hingga 300 gerobak.

Omset yang dihasilkan lumayan tinggi yaitu berkisar hingga 400 juta rupiah perbulan. Kisah suksesnya bukan datang begitu saja, berawal dari usahanya yang tak berhasil di bidang kontraktor, Asep mencoba membuka usaha lewat ide makanan cilok dengan modal arisan dari istrinya.

Nah.. Modal usaha masakan yang satu ini juga terbilang murah meriah. Modal bahan utama berupa tepung singkong dengan harga di kisaran 9000 hingga 10000 rupiah. Makanan ini memang enak dan gurih jika disajikan dengan saus kacang.

Tahu bulat ide usaha kuliner unik yang tak kalah menarik

Seperti penjual tahu di Bogor, ia mampu menghasilkan omset hingga 500 ribu rupiah perhari.

Cara penjualan yang dilakukan oleh pengusaha di Bogor tersebut yaitu dengan sistem dadakan. Tahu bulat digoreng ketika dipesan, karena memang tahu bulat sangat lezat dimakan ketika masih hangat.

Hanya dengan modal gerobak, dan alat penggorengan dan bahan – bahan masakan, pengusaha tahu bulat sudah bisa merintis usaha.

Usaha tahu bulat memang cukup berkembang dengan sistem dadakan ini, hal ini dilihat dari tingginya peminat makanan ini dan banyaknya pelaku usaha ini yang bertebaran dimana – mana. Nah bagi Anda yang mempunyai lokasi ramai dan belum banyak penjual tahu bulat, Anda bisa mencobanya.

Bakso bakar. Sate rasa bakso asal malang yang kini mulai popular

Makanan yang satu ini berasal dair kota Malang, usaha bakso bakar sangat cocok di kala musim hujan. Biasanya saat musim hujan perut bawaannya lapar. Orang ingin sekali camilan yang hangat, pedas dan gurih sambil menikmati suasana hujan.

Tak harus musim penghujan juga lho, di musim lain bisa dibilang masih cukup laris sebab makanan ini murah meriah dan gurih, terutama anak – anak yang suka jajan. Apalagi Anda bisa mengolah bumbu yang lebih enak, usaha ini bisa dijadikan alternatif untuk dijalankan.

Takoyaki makanan asal jepang merupakan ide kuliner rumahan yang unik

Takoyaki merupakan jajanan asal Kansai, negara Jepang. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, bentuknya bulat seperti bola pingpong.

Sebenarnya Takoyaki yang asli didalamnya terbuat dari gurita, akan tetapi di Indonesia yang penuh kreasi, Takoyaki menggunakan isian berbagai macam rasa seperti :

  • sosis atau daging.
  • Udang, cumi
  • Daging ayam
  • Bakso
  • Hingga sayuran seperti tumisan oncom

Takoyaki tersedia bisnis dengan sistem kerja sama franchice. Modal yang dikeluarkan untuk kerja sama franchise berkisar antara 3 juta rupiah.

Kuliner Bakpao makanan khas Tirai Bambu juga contoh usaha kuliner menjanjikan

Lagi – lagi ada kisah sukses pengusaha Bakpao dari kota Pontianak. Bakpao yang selama ini diketahui hanya dibuat oleh masyarakat Tionghoa ternyata juga dibuat oleh masyarakat luas.

Bakpao merupakan jajanan kue basah dengan ciri kenyal serta memiliki cita rasa yang khas. Bahan utama terbuat dari tepung terigu yang ditambah dengan campuran ragi instan dan beberapa bahan lain. Sehingga, makanan ini memiliki banyak peminatnya.

Seperti kisah sukses Subekti sejak tahun 2001.  Awal kisah sukses mereka hanya karena mencoba – coba. Kemudian menjual sendiri bakpao tersebut dengan gerobak. Lalu pada tahun 2008 mereka membuka outlet di depan gedung Pontianak Convention Center.

Usaha subekti pun terus berkembang setelah bergabung dengan inkubator bisnis UMKM Bank Indonesia dan belajar tentang wirausaha.

Usaha kuliner camilan Singkong Keju

Rasanya tak enak kalau kita tidak membaca kisah sukses orang lain sebagai motivasi.

Seperti kisah sukses yang dialami oleh Ari Prasetyo dengan nama brand “Singkong Keju Meletus”. Modal awal yang ia keluarkan sebesar 2 juta rupiah. Kini usaha Ari berkembang pesat dengan omset hingga 50 jt perbulan. Dalam dua hari Ari menghabiskan 700 kg singkong dan 3,5 Kg keju.

Singkong keju memang memiliki peluang yang bagus untuk dijalankan asalkan resep dan rasa yang di hasilkan membuat pelanggan ketagihan. Apalagi didukung bahan dan modal yang relatif kecil, sehingga keuntungan yang didapat bisa begitu tinggi.

Pempek juga termasuk usaha kuliner khas dari Palembang

Siapa yang tak kenal dengan pempek, semua kalangan baik muda ataupun tua di Indonesia sudah familiar dengan makanan yagn satu ini.

Sajian dengan cuka, atau dengan cita rasa pedas membuat orang sumringah dan tak menolak ketika diajak makan pempek. Saking pedasnya ada yang bilang dengan sebutan “Pempek Kapal Selam”.

Jika Anda mahir, Anda bisa memanfaatkan media online untuk jualan pempek, seperti kisah sukses Kgs Choirul Dedy Kurniawan. Berkat inovasi yang ia temukan dan relasi yang luas, dia berhasil merebut pasar online dengan pempek meledos milikinya.

Selain tahu bulat, ada lagi kuliner Tahu Pedas yang enak dan gurih untuk usaha rumahan

Tahu pedas merupakan makanan yang sudah begitu familiar. Anda bisa membuat kreasi rasa sesuai dengan tingkat selera pasar. Ada berbagai macam variasi rasa yang dibuat.

Bisnis yang satu ini bisa lancar jika berada pada lokasi padat penduduk dan penjual tahu pedas masih sedikit. Modal yang digunakan pun tidak begitu besar. Hanya saja yang paling penting adalah, rasa, kebersihan dan pelayanan kepada konsumen.

Jika konsumen merasa nyaman dan rasa tahu pedas begitu enak, bisa jadi pelanggan akan bertumbuh secara terus menerus.

Keripik Pisang juga bisa dijadikan peluang usaha

Ide selanjutnya yaitu usaha keripik pisang. Indonesia terkenal subur dengan segudang hasil tani. Salah satunya adalah pohon pisang.

Nah bagi Anda yang memliki lahan cukup luas atau mudah mendapatkan bahan pisang, Anda bisa membuat olahan keripik pisang. Coba goreng keripik pisang dengan campuran mentega dan beberapa variasi bumbu lainnya.

Modal yang digunakan dan cara pembuatannya pun terbilang mudah untuk didapatkan, hanya dengan beberapa pisang besar seperti pisang tanduk, alat penggorengan dan bumbu. Anda bisa memulai usaha rumahan ini.

Merambah pasar Nasional dengan jenis makanan Frozen Food melalui teknik pemasaran offline dan online.

Sekarang ini zamannya serba praktis, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja. Untuk itu, banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan makanan frozen atau beku untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Seperti kisah sukses Yudi Dwinanto, dengan modal 150 ribu rupiah dan keberanian yang ia miliki, Yudi berhasil memperoleh omset yang menggiurkan. Walaupun memang benar pada praktek pemasaran dengan skala luas, memerlukan alat frezeer dan tentu membutuhkan pembelian peralatan tersebut.

Anda bisa menonton kisah sukses dan tips usaha Yudi Dwinanto di Youtube.com

Frozen food adalah makanan yang dibekukan sehingga lebih tahan lama. Dengan demikian, target pasar bisa menjangkau kecamatan, kabupaten bahkan antar provinsi. Nah untuk teknik pemasaran, bisa dengan cara manual dan online seperti dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi.

Ada banyak sekali jenis Frozen food yang bisa diolah, mulai dari udang, daging ayam, bakso, sosis tuna, singkong keju, otak – otak, siomay, kepiting, dan lain sebagainya. Bisnis ini juga cocok dengan sistem franchise.

Baca juga : Cara Pemasaran Produk Baru Agar Laris Manis Di Pasaran

Itulah tadi beberapa contoh bisnis kuliner dan kisah sukses yang bisa kita pelajari. Sebenarnya masih banyak sekali ide kuliner lain.

Silahkan share artikel ini agar teman – teman yang lain mendapatkan ide tambahan. Semoga membantu dan salam sukses selalu :).

Updated: September 28, 2017 — 11:51 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap