10 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa yang Bisa Menambah Uang Saku

Sebenarnya peluang usaha untuk mahasiswa sangatlah banyak. Lagi pula, saat menjadi mahasiswa  merupakan masa penentu terbentuknya karakter entrepreneur sukses untuk dimasa yang akan datang.

Ketika karakter entrepreneur sudah terbentuk dari awal, maka untuk menjadi seorang entrepreneur saat di dunia kerja akan menjadi semakin mudah.

Lagi pula jika usaha yang Anda temukan mampu berkembang sukses, maka nanti Anda akan dicap sebagai entrepreneur muda yang sukses dan Anda tak lagi pusing dengan lapangan pekerjaan.

Malah justru Andalah yang membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

1. Online Shop (Olshop)

Usaha mahasiswa Olshop

Sekarang ini, semua generasi milenial terutama mahasiswa pasti sudah akrab dengan dunia internet. Hampir semua mahasiswa punya perangkat smartphone, punya akses internet. Manfaatkan saja koneksi internet tersebut untuk berbisnis. Misalkan dengan membuka online shop.

Caranya bagaimana?

Ada 3 cara yang biasa dilakukan yaitu:

  • Menjual produk dengan sistem dropshiping
  • Reseller atau menjual kembali suatu produk
  • Menjual produk sendiri

a. Dropshiping cuma modal akses internet dan kemampuan promosi

Dropshiping yaitu bisnis menjual produk orang lain. Anda tidak membutuhkan modal produksi produk.

Untuk menemukan produk yang menawarkan kerja sama dropshiping, Anda bisa menemukannya di e commerce besar seperti Tokopedia, Lazada dll. Contoh seperti Tokopedia, banyak toko online disana yang menawarkan kerja sama dropshiping.

Langkah selanjutnya, silahkan promosi dengan menggunakan media sosial maupun platform lain yang dapat memudahkan Anda menawarkan produk Anda.

b. Menjual produk kembali

Misalkan Anda hobi dibidang fashion. Nah Anda bisa membeli fashion murah dimanapun itu. Misalkan di toko online, toko fashion di lokasi Anda yang murah. Lalu Anda jual kembali melalui internet.

Cara promosi menggunakan internet ada banyak, seperti yang sudah ditulis diatas tadi yaitu dengan media sosial maupun platform lain seperti Youtube ataupun whatapp.

c. Menjual produk sendiri

Jika Anda memiliki produk sendiri, Anda bisa memanfaatkan olshop untuk menjual produk Anda. Seperti dengan memasang toko di e commerce. Kemudian promosikan toko Anda melalui internet.

2. Konten Writer

Penulis artikel Usaha Mahasiswa

Jika Anda orang yang hobi menulis, Anda dapat menghasilkan uang dari kemampuan Anda tersebut. Karena saat ini dunia digital sangat sangat membutuhkan konten. Terutama konten berupa tulisan.

Anda dapat menawarkan jasa tulisan ke media besar online, blog maupun menjual secara pribadi melalui akun media sosial Anda.

Harga artikel tergantung kualitas, semakin baik kualitas artikel maka semakin tinggi pula harga yang diberikan. Bahkan ada artikel yang berani membeli dengan harga hingga Rp500.000 untuk satu artikel. Akan tetapi tentu artikel yang sangat berkualitas.

3. Menjual paket data, pulsa elektrik maupun token listrik kos kosan

Usaha Mahasiswa jualan pulsa

Sebagai mahasiswa sudah pasti butuh internet untuk berbagai macam kegiatan. Sebagai contoh untuk mencari tugas, komunikasi atau bermain game online. Dengan demikian, mereka juga butuh paket internet kan?

Nah Anda bisa menawarkan jasa pengisian paket data internet maupun pulsa kepada teman teman Anda di kampus. Tawarkan dengan harga bersahabat dan jadikan mereka pelanggan setia Anda.

Modal yang dibutuhkan untuk awal usaha ini tidak lah terlalu besar, Anda hanya perlu top up saldo untuk kios Anda. Untuk handphone pasti Anda sudah punya.

4. Les Private

Mengajar bimbel

Les privat merupakan bisnis yang paling akrab dan paling sering kita temui bagi seorang mahasiswa mandiri. Mengapa? Sebagai mahasiswa sudah pasti punya keahlian, lagi pula sangat pas ketika seseorang menyandang status mahasiswa membuka  jasa les privat.

Untuk menjalankan usaha les private Anda bisa mendatangi dari rumah kerumah. Biasanya cara ini cukup efektif. Apalagi hasil anak didik Anda sangat bagus. Sebagai contoh anak didik Anda mampu juara di kelas, nilai yang membaik dsb.

Nah ketika keberhasilan Anda diakui, kabar tersebut bisa tersebar dari mulut ke mulut. Bisa kebayangkan ya ibu ibu pada cerita…. Anda bakal mendapat anak didik baru dengan mudah.

5. Designer web atau properti

Mahasiswa merupakan generasi muda yang hobi banget tentang hal yang berbau kreatifitas. Seperti mendesain atau pun mencetuskan ide baru.

Nah bagi Anda yang hobi banget mendesain sesuatu, Anda bisa saja mencoba membuka usaha jasa desain. Ada banyak lho peluangnya, misalkan jasa desain seperti berikut ini:

  • Desain web
  • Desain properti perumahan
  • Desain baleho, iklan, surat undangan
  • Dll

Apalagi bagi Anda yang memang mempelajari dunia desain. Katakanlah Anda mahasiswa juruan teknik Informatika atau jurusan teknik arsitektur. Anda bisa memanfaatkan keahlian menggambar Anda untuk dijual. Lumayan kan dapat penghasilan.

Bisa jadi Anda mendapatkan projek besar. Sudah dapat dipastikan bayaran dan penghasilan Anda pun ikut besar.

6. Pengetikan dan print

Mahasiswa memang tak lepas dari tugas tugas kuliah.  Seperti tugas makalah, tugas laporan, tugas besar hingga skripsi. Hal ini membuat kebutuhan akan jasa pengetikan dan jasa cetak sangatlah tinggi.

Lihat saja para pengusaha percetakan di sekitar kampus, rata rata pada penuh semua. Sibuk menyelesaikan order para mahasiswa.

Bukan hanya jasa mengetik dan print saja sumber hasil yang akan didapat. Anda bisa saja sambil menjual peralatan alat tulis seperti binder, pena, dan peralatan kampus lainnya.

Lalu bagaimana membagi waktu?

Bagi Anda yang kerepotan membagi waktu, Anda bisa membayar karyawan. Atau mungkin bekerja sama dengan teman yang memiliki jadwal berbeda di kampus.

7. Usaha Makanan Ringan

Mahasiswa sangat suka ngemil disaat mereka mengerjakan tugas. Mereka pun harus rela keluar areal kos untuk mencari jajanan. Ini tentu bisa menjadi peluang usaha bagi Anda juga untuk membuka warung makanan kecil.

Carilah jenis camilan yang paling digemari. Caranya adalah dengan memperhatikan apa yang paling sering dibeli oleh mereka.

Walaupun dianggap makanan kecil, akan tetapi jika kuantitas jualan Anda tinggi. Maka sudah dapat dipastikan uang saku Anda juga pasti bertambah.

8. Usaha Reseller

Usaha reseller adalah usaha yang sebenarnya dapat dijalankan oleh siapa saja. Bak itu mahasiswa, ataupun karyawan.

Karena biasanya usaha reseller tidak mengharuskan seseorang datang ke kantor. Artinya Anda bisa menjalankan usaha ini kapan saja dan dari mana saja.

Agar usaha Anda terus berkembang, carilah suplier yang benar benar memiliki kualitas. Selain itu, Anda perlu menjaga nama baik Anda untuk setiap klien yang membeli produk melalui Anda.

9. Membuka Bimbel

Mahasiswa sudah pasti punya kelebihan pada suatu bidang. Misalkan Anda mahir dibdang matematika ataupun bahasa. Nah Anda bisa membuka usaha bimbingan belajar. Lumayan kan menambah uang saku.

Siapa target market usaha bimbel.

Target market usaha bimbel biasanya adalah untuk orang orang yang membutuhkan bimbingan dengan tujuan tertentu. Seperti untuk mengikuti test, meningkatkan hasil semester atau pun dengan tujuan untuk menguasai sesuatu ilmu.

Selain mata pelajaran akademis, sebenarnya Anda dapat membuka bimbel pada bidang lain. Contohnya renang, bulu tangkis, diet, ataupun fitnes dll.

10. Bisnis Jasa Service Laptop dan komputer

Mahasiswa kebanyakan pasti punya laptop ataupun komputer di kos mereka. Karena memang peralatan tersebut dibutuhkan saat kuliah. Dari sini ada peluang usaha yang bisa dikerjakan. Apa itu? Yaitu jasa service laptop.

Agar Anda mahir memperbaiki laptop, Anda bisa belajar melalui berbagai cara. Pertama dengan belajar langsung keahlian, Anda bisa membantu teknisi di warung service. Cara selanjutnya Anda bisa belajar secara otodidak di internet.

Banyak kok orang yang memberikan tutorial gratis di internet. Silahkan cari dan pahami dunia teknisi laptop dan komputer.

Baca juga: 43 Contoh Usaha Makanan yang Menjanjikan di Lingkungan Kita

Sebenarnya ada begitu banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa.  Kita pun dapat membaca ada banyak kisah sukses dari para mahasiswa yang sekaligus menjadi entrepreneur. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda inspirasi. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap