Peluang Usaha Pertanian yang Modern dan Menjanjikan

Kegunaan teknologi pada dasarnya adalah untuk memudahkan pekerjaan manusia. Apapun bidangnya, seperti yang akan kita bahas berikut ini. Ya bidang pertanian. Ternyata, banyak sekali peluang usaha bidang pertanian modern yang dapat dijadikan ladang bisnis. Tak perlu bertempat tinggal di kota, dari desa pun kita bisa meraih sukses.

Yang penting adalah menguasai ilmu dan praktiknya.

Kemajuan teknologi yang ada sekarang ini sudah seharusnya kita manfaatkan sebaik mungkin. Karena jika tidak, kita tidak bisa mengejar persaingan perdagangan bebas yang semakin lama menguasai daerah kita sendiri.

Usaha tani Modern

Untuk mampu bersaing di kancah global, tentu kita harus bisa mengimbangi mereka, yang nyatanya mereka telah banyak menerapkan teknologi dibidang pertanian.

Coba ambil contoh cara mereka memanen gandum. Mereka menggunakan mesin otomatis, walaupun memang berdampak pada penyerapan tenaga kerja, akan tetapi, kualitas dan kuantitas dapat memberkan efek yang luar biasa untuk mampu bersaing.

Berikut ini beberapa bisnis pertanian moderen

Sistem Hidroponik

Mengapa bisa dikatakan teknologi hidroponik? Sebab jenis pertanian seperti ini bisa dikatakan merupakan kemajuan yang luar biasa. Betapa tidak, Anda tak membutuhkan media biasa untuk bertani sayuran. Anda bisa dengan leluasa menanam sayuran di pekarangan rumah atau lokasi yang ada disekitar Anda dengan sistem hidroponik.

Bukan hanya itu, sayuran hasil panen hidroponik lebih disukai oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari tingginya permintaan sayuran organik. Terutama di kota – kota besar untuk kalangan masyarakat menengah. Sayuran organik sangat diminati. Sayuran organik bebas zat yang membahayakan seperti penyemprotan anti hama dan lain sebagainya. Itulah alasan utama mengapa sayuran organik lebih diminati oleh masyarakat.

Selain itu, sayuran tipe hidroponik cenderung lebih subur dan menghasilkan panen lebih banyak ketimbang model konvensional. Anda bisa memanfaatkan pekarangan yang tak terlalu luas untuk pertanian model ini. Hanya dengan beberapa sistem peralatan hidroponik, sayuran Anda bisa tumbuh dengan subur.

Apa langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis sayuran organik?

Langkah pertama tentu mempelajari ilmunya terlebih dahulu. Anda harus mempelajari secara detail tentang pertanian hidroponik. Tak perlu jauh – jauh, Anda bisa memanfaatkan gadget Anda untuk mencari informasi yang lengkap.

Tonton video di Youtube, cari dengan kata kunci pertanian hidroponik. Nah bagi pemula, dari video yang ada sudah tentu bisa menjadi gambaran untuk Anda, seperti apa sih pertanian hidroponik tersebut.

Sebagai motivasi, Anda bisa membaca beberapa kisah sukses petani hidroponik yang berhasil meraih profit besar. Sebagai contoh petani kangkung yang berhasil meraih profit puluhan juta perbulan dari bisnis hidroponik yang ia jalankan. Silahkan Anda browsing di Google, cari dengan kata kunci petani kangkung hidroponik sukses.

Selain belajar dari internet, Anda bisa belajar langsung dari para pakar hidroponik. Cari orang – orang yang telah terbukti sukses dibidang ini. Cara tersebut dapat membantu Anda menjadi lebih cepat bisa.

Belajar dari orang yang telah berpengalaman akan membuat penguasaan teknik hidroponik lebih cepat dari pada belajar secara otodidak. Namun, jika belum menemukan, Anda bisa belajar melalui media online.

Selanjutnya, Bisnis Aneka Peralatan Pertanian.

Selanjutnya, bisnis pertanian modern yang bisa Anda jalankan adalah mencoba membuka usaha dengan menjadi agen penyedia peralatan pertanian. Salah satunya menjadi penyedia peralatan hidroponik yang kita bahas sebelumnya.

Sebagai penyedia atau agen pertanian, Anda bisa saja menjual produk lain seperti pupuk organik, beraneka bibit unggul dan lain sebagainya.

Dengan bisnis model ini Anda bisa mendapatkan relasi yang lebih besar. Dari relasi Anda akan mampu menjalin atau membangun bisnis pertanian yang lebih besar lagi dengan basis teknologi terkini.

Menjadi biro ekspor impor hasil bidang pertanian

Agar masyarakat petani bisa menjadi lebih sejahtera, tentu hasil panen mereka di upayakan agar lebih maksimal. Baik itu dari segi jumlah panen dan harga hasil tani yang diperoleh. Untuk itu, Anda bisa menjadi perantara ekspor impor sehingga petani bisa menjual hasil panen menjadi lebih tinggi.

Sekarang ini, kendala bagi petani rata – rata adalah mereka tidak mampu memasarkan hasil panen jika produk dalam negeri melimpah, ditambah lagi permainan bisnis yang merugikan petani.

Nah bagi Anda yang memiliki jiwa prihatin terhadap perkembangan petani negara ini, maka Anda bisa memberikan bimbingan atau menjadi perantara ekspor produk mereka.

Persaingan perdagangan bebas global memang begitu ketat, akan tetapi, bagi Anda yang memiliki kemampuan komunikasi dan jiwa bisnis yang hebat, Anda akan mampu menjadi seorang perantara ekspor impor produk pertanian masyarakat.

Baca juga : Cerdas 9+ Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Kesimpulan :

Semoga penjelasan diatas dapat memberikan gambaran bagi Anda yang ingin mengetahui teknologi bidang pertanian.

Sebenarnya, masih banyak lagi jenis teknologi lain yang bisa diterapkan untuk bisnis dibidang pertanian. Mungkin jika dijelaskan oleh mahasiswa teknik pertanian, penjelasan pada artikel ini bisa menjadi lebih lengkap. Salam sukses selalu.




Updated: September 12, 2017 — 5:22 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap