Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil dan Cara Memulainya

Menjalankan bisnis apapun memerlukan perencanaan yang matang, terutama pada saat awal ingin memulai sebuah bisnis. Perencanaan yang matang dan jelas dapat membantu Anda mencapai kesuksesan yang di inginkan.

Mungkin Anda ingin sekali punya bisnis rumahan tapi belum memiliki ide. Atau Anda sudah memiliki bisnis rumahan akan tetapi ingin mengembangkan bisnis tersebut agar lebih sukses.

Banyak contoh usaha yang pada awalnya dianggap kecil kemudian bisa menjadi sebuah usaha yang luar biasa besar.

Peluang bisnis rumahan

Pertanyaannya: Mengapa terkadang ide hebat tak kunjung Anda realisasikan?

Sebenarnya ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja, hanya saja terkadang ada semacam perasaan tidak percaya diri ketika kita ingin menjalankan ide tersebut. Berbagai macam alasan muncul dari dalam diri sendiri, itulah mengapa kita sering mendengar istilah bahwa “musuh terbesar ada pada diri sendiri bukan orang lain”.

Nah artikel berikut ini hanya sebagai gambaran saja, semua keputusan ada ditangan Anda sendiri untuk memilih jenis bisnis seperti apa yang akan Anda jalankan.

Lalu pendekatan seperti apa untuk mengatasi mental blok semacam ini?

Mudah, caranya adalah kita harus mengumpulkan informasi terlebih dahulu berdasarkan riset pada bidang yang ingin Anda jadikan bisnis. Kita bisa menjadi lebih mudah membuat keputusan berdasarkan plan yang terstruktur. Anda akan kesulitan untuk memilah ide jika hanya ada dalam pikiran saja.

Sebelum membahas ide bisnis rumahan, berikut ini kiat yang bisa Anda lakukan untuk menemukan ide peluang usaha rumahan yang cocok untuk dijalankan.


1. Tentukan target market yang ingin Anda raih

Sebagai contoh bagaimana ide air minum Aqua saat pertama kali muncul, mereka melihat bahwa bisnis ini sangat dibutuhkan dan belum ada saingan pada waktu itu. Anda bisa melihat sendiri bagaimana perkembangan bisnis mereka saat ini.

Bisnis sukses memerlukan market. Jika Anda mampu menguasai market, maka Anda bisa mengembangkan bisnis dengan mudah. Coba perhatikan apa  saja kebutuhan yang mungkin belum terpenuhi oleh pelaku bisnis lain, atau temukan inovasi yang lebih baik dari pada pebisnis lain.

  • Target market bisa berupa pendekatan berdasarkan hobi, jenis kelamin, usia, dll.

Misalkan Anda menemukan bahwa pendidikan anak – anak masih sangat minim disekitar lokasi Anda. Nah Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk membuka bimbel.

  • Target market juga bisa diciptakan

Misalkan jika Anda mahir membuat masakan enak, maka Anda bisa menguji produk Anda terlebih dahulu di pasar atau warung terdekat, bagaimana reaksi masyarakat terhadap produk Anda,.

Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan target market. Silahkan Anda lakukan penelitian.

 2. Temukan lewat pasion yang Anda miliki

Untuk menemukan ide bisnis bisa Anda temukan lewat minat atau bakat yang Anda miliki. Coba cermati lebih jauh, apa saja  yang menjadi kesukaan Anda, apa kelebihan yang dimiliki. Apakah kelebihan Anda bisa memenuhi kebutuhan pasar atau bahkan di cari pasar.

Nah bisnis yang dijalankan berdasarkan minat atau bakat dapat lebih mudah untuk dijalankan. Biasanya lebih terkesan serius dalam mengurusi bisnis.

3. Bawa buku kecil untuk mencatat semua ide yang muncul di pikiran Anda.

Agar setiap ide yang muncul dapat di tinjau kembali, Anda bisa membawa alat tulis sebagai media untuk mencatat ide – ide Anda. Jika perlu buatlah jurnal. Jurnal atau catatan kegiatan setiap hari dapat membantu Anda untuk menilai bagaimana perkembangan Anda selama ini. Tujuannya tentu agar Anda dapat meninjau ulang.

Kegiatan seperti ini banyak dilakukan oleh orang – orang sukses lho.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kita sebenarnya bisa menemukan jutaan ide yang lain. Jadi Anda bisa menemukan ide dari manapun dan kapanpun.

Berikut ini gambaran peluang usaha yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Apapun bidang atau ide yang Anda pilih semuanya tergantung dari pilihan Anda sendiri. 


Berikut Daftar Peluang Usaha Rumahan

Jual kue hasil olahan sendiri

Terkadang hal yang dianggap spele justru bisa memberikan hasil yang lumayan dan bahkan bisa menjadi sebuah bisnis besar. Sebenarnya bisnis model ini bisa dirintis dengan modal yang minim.

Aneka kue kering dan basah sebenarnya bisa Anda jadikan usaha. Tak perlu modal yang terlalu besar. Misalkan bisnis kue basah seperti kue cup cake, kue bangkit kemasan, kue ulang tahun, kue bingke dll.

Jika ingin bukti..

Anda bisa mencari dan membaca kisah sukses para pelaku bisnis kuliner melalui mesin pencari Google. Anda bakal terkagum – kagum setelah membaca artikel kisah sukses mereka. Membaca artikel kisah sukses dapat memberikan motivasi pada diri Anda.

Caranya?

Ciptakan produk kuliner Anda dalam skala kecil, coba titip di beberapa warung, jika laris manis, Anda bisa ngebut dengan skala yang lebih besar.

Memproduksi olahan kerupuk

Kerupuk selalu dijadikan sebagai camilan atau penyedap saat jamuan makan. Sehingga, usaha ini sangat cocok untuk dijadikan bisnis. Apalagi jika Anda mahir membuat olahan kerupuk yang rasanya enak dan renyah. Tentu masyarakat akan menyukai produk Anda.

Peminat kerupuk ini sebenarnya dari berbagai macam kalangan, mulai dari anak – anak hingga dewasa. Semuanya pada suka kerupuk.

Anda bisa mencoba riset pasar terlebih dahulu, test apakah produk Anda laris, kemudian coba aneka rasa atau model kerupuk lain, terus teliti hingga kerupuk Anda laris manis.

Model pemasaran bisa berupa kerupuk mentah atau kerupuk yang sudah di goreng. Nah tempat pemasarannya cukup banyak seperti :

  • Warung sembako
  • Warung kelontong
  • Restoran makan
  • Minimarket
  • Agen kerupuk
  • dll

Jenis kerupuknya pun ada banyak, ada kerupuk jengkol, kerupuk udang, keripik kentang, kerupuk ikan, dah pokoknya banyak.

Membuka warung makanan dan jasa katering

Bagi Anda yang tinggal di daerah keramaian super sibuk seperti kampus, pabrik atau kompleks karyawan, Anda bisa membuka usaha katering.

Biasanya bagi orang yang super sibuk, mereka tidak sempat memasak masakan sendiri, seringnya mereka membeli makanan siap saji di restoran. Nah bagi Anda yang jago soal melobi, Anda bisa membuka jasa katering bagi mereka yang sibuk.

Selain itu, Anda bisa saja membuka usaha warung makanan sendiri, yang penting rasa dan pelayanan serta kebersihan Anda utamakan. Hal ini dapat menarik konsumen menjadi pelanggan seta warung makanan Anda.

Membuka warung gorengan

Makanan gorengan bisa dikatakan sangat diminati, biasanya untuk sarapan pagi atau santapan saat sedang minum kopi. Nah bagi Anda yang tinggal di lokasi keramaian namun penjual gorengan masih minim, Anda bisa menjual aneka jenis gorengan.

Jangan salah, usaha gorengan ada yang bisa menjadi sukses lho. Anda bisa membuka franchise. Caranya temukan keunikan tersendiri, coba deh Anda cari di Internet kisah sukses bisnis gorengan singkong.

Memproduksi berbagai jenis roti

Ada berbagai jenis roti yang bisa Anda rintis dari awal, seperti roti dari olahan tepung terigu dan aneka roti lainnya. Anda bisa mencoba mencari resep terbaik untuk membuat roti. Coba pasarkan. Jika respon konsumen Anda tinggi, tingkatkan skala produksi roti Anda.

Jangan khawatir, internet sudah sangat lengkap, berbagai jenis tutorial ada di internet. Nah Anda bisa belajar melalui internet. Manfaatkan media yang ada untuk kemajuan Anda.

Menjadi Agen Pulsa elektrik/token

Anda bisa memulai bisnis rumahan ini dengan modal yang lumayan kecil. Dengan deposit awal sekitar 100 ribu rupiah, Anda sudah bisa menjadi agen pulsa elektrik.

Saat ini pulsa sudah menjadi seperti kebutuhan pokok, banyak diantara kita membutuhkan pulsa untuk kebutuhan listrik dan komunikasi. Sehingga bisnis ini memang memiliki potensi yang lumayan besar.

Untuk menarik minat konsumen, Anda bisa menvariasikan dengan menjual berbagai peralatan aksesoris handphone. Beri daya tarik dengan harga bersahabat pada aksesoris handphone.

Biasanya bisnis ini paling suka bayar belakangan, nah Anda harus hati – hati agar usaha ini terus berjalan, perlu kepiawaian agar sukses dalam menjalankan bisnis ini.

Menjadi seorang dropshipper

Dropshipper merupakan istilah menjual produk orang lain, ini artinya anda tidak membutuhkan modal sama sekali, akan tetapi bisnis ini biasanya dijalankan secara online. Banyak sekali penyedia jasa bisnis dropshipping yang ada di internet.

Bisnis model ini tentu bisa anda jalankan dari rumah, dengan modal koneksi dan komputer Anda sudah bisa menjalankan bisnis dropshiper.

Yang perlu menjadi catatan adalah, menjalankan bisnis online sama saja seperti bisnis offline. Butuh dedikasi dan pengetahuan agar sukses dan lancar.

Menyediakan jasa laundry

Bisnis laundry memang sedang tumbuh belakangan ini. Anda bisa melihat banyak pelaku bisnis ini yang sudah membuka cabang atau franchise. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis laundry memiliki potensi yang lumayan besar.

Anda bisa membuka jasa laundry pada daerah padat penduduk, terutama di daerah yang sibuk seperti kompleks karyawan dan kampus. Selain lokasi seperti tersebut, Anda tetap bisa membukanya, yang penting mahir dalam menggaet pelanggan Anda. Hasil cucian, pelayanan dan kecepatan merupakan kunci agar bisnis ini sukses.

Untuk memulai bisnis ini memang membutuhkan modal yang lumayan besar, terutama saat membeli peralatan seperti mesin cuci. Keahlian mengelola keuangan dan mencatat kegiatan usaha merupakan faktor penting..

Membuka usaha playstation

Usaha rumahan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah membuka usaha di bidang rental playstation. Usaha bidang ini banyak diminati oleh kalangan anak – anak dan remaja. Harga sewa perjam tergantung dari lokasi masing – masing.

Bisnis rental playstation bisa booming jika Anda tinggal di daerah kampus. Mahasiswa paling demen hal beginian, coba saja Anda perhatikan daerah di dekat kampus, rental playstation menjamur dimana – mana.

Bisnis air minum isi ulang

Kebutuhan air bersih siap minum terus mengalami pertumbuhan, hal ini karena masyarakat lebih suka hal yang praktis. Bagi Anda yang memiliki modal, Anda bisa membuka usaha ini, karena memang cenderung membutuhkan modal untuk membeli peralatan yang dibutuhkan.

Anda bisa menggaji karyawan untuk mengantar keliling, selain mengantar keliling sesuai pesanan, Anda bisa menitipkan galon air isi ulang Anda ke warung – warung sembako yang ada. Model seperti ini dapat membuat tingkat penjualan menjadi lebih tinggi dengan harga yang kompetitif.

Usaha pangkas rambut

Bisnis pangkas rambut bisa dibilang bisnis dengan modal minim. Anda bisa membuka usaha ini jika didepan rumah Anda memiliki lokasi yang cukup. Peluang usaha pangkas rambut tetap terbuka karena setiap orang membutuhkan jasa seperti ini.

Setelah mulai terkenal, Anda bisa mengembangkan usaha pangkas rambut Anda menjadi sebuah salon rambut yang lengkap. Anda bisa mencari karyawan untuk melayani para pelanggan Anda.

Warnet atau Game online

Sama seperti usaha rental playstation diatas, usaha rumahan yang satu ini membutuhkan modal yang lumayan.

Warnet merupakan tempat favorit bagi anak mudah untuk nongkrong atau mencari tugas mereka. Nah dengan demikian, usaha ini sangat maju jika berada di lokasi kampus, sekolah atau pusat keramaian lain.

Selain warnet, Anda bisa membuka usaha ini sekaligus dengan game online. Buat sistem member agar Anda mampu meraih pelanggan yang banyak.

Membuka kurus bahasa Asing

Bahasa asing seperti bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi yang banyak dibutuhkan bagi mereka yang mencari pekerjaan atau mereka yang berbisnis dengan orang luar negeri. Sehingga, banyak diantara mereka yang membutuhkan jasa kurus atau bimbel untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Bagi Anda yang jago dibidang bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, jepang dll, Anda bisa membuka usaha ini dengan skala rumahan terlebih dahulu. Anggap saja sebagai ajang merintis, jika maju dan berhasil memiliki banyak pelajar, Anda bisa membuka usaha rumahan ini dengan skala yang lebih besar.

Budidaya ikan juga memiliki prospek yang lumayan

Nah bagi Anda yang hobi dengan usaha jenis ternak, bisnis ini termasuk bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan. Anda bisa mencari penampung ikannya terlebih dahulu, coba riset pasar yang ada disekitar lokasi Anda.

Anda bisa membuat kerja sama dengan beberapa warung makanan seperti pecel lele, atau beberapa restoran untuk menjadi penampung ikan hasil budidaya Anda.  Usaha seperti ini memang sangat menjanjikan.

Ada berbagai jenis ikan yang bisa Anda ternak seperti.

  • Ikan lele
  • Ikan nila
  • Ikan gurami
  • Ikan patin
  • dll

Jasa desainer website

Pengguna internet terus tumbuh, baik dari kalangan pengguna maupun dari kalangan pebisnis. Hal ini menyebabkan trend website terus mengalami pertumbuhan. Nah bagi Anda yang jago dibidang koding, Anda bisa membuka jasa pembuatan desain website.

Peluang usaha desain website tentu bisa dikerjakan dari rumah, Anda hanya membutuhkan koneksi yang cepat dan komputer sebagai peralatan untuk menjalankan bisnis rumahan yang satu ini.

Baca juga : 17 Contoh Peluang Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan

Itulah tadi beberapa peluang usaha yang bisa Anda jalankan dari rumah. Silahkan Anda pilih sesuai dengan pilihan Anda sendiri, atau mungkin Anda memiliki ide lain yang bisa dibagikan, silahkan share dengan menulisnya pada form komentar dibawah ini. Indahnya berbagi dan salam sukses selalu.




Updated: August 25, 2017 — 8:04 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap