Cerdas 9+ Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang merasa punya tanggung jawab untuk mengurusi keluarga, sudah tentu ada keinginan dan niat untuk ikut berbisnis. Tujuannya pun sudah tentu mulia agar bisa mengangkat ekonomi keluarga agar menjadi lebih baik, sekaligus membantu suami.

Jika kita mau memperhatikan, ternyata banyak sekali kisah ibu – ibu rumah tangga yang sukses dalam berbisnis. Kesuksesan mereka bisa menjadi motivasi dan pelajaran yang sangat berharga.

Bukan soal “bisa” atau” tidak bisa”, akan tetapi tentang “mau” atau “tidak mau”. Jika Anda “mau”, maka sudah dapat dipastikan Anda akan selalu berusaha mencari caranya. Beda kalau sudah bilang “tidak bisa” duluan. Bagaimana mau bisa lha wong praktek saja tidak mau.

Selain ide dibawah ini, sebenarnya masih ada ratusan bahkan ribuan ide lain. Semoga Anda bisa menemukannya. Berikut ini ada beberapa peluang usaha yang menjanjikan bagi ibu – ibu rumah tangga.

Berbisnis di online shop lewat market place atau lewat media sosial untuk menjual produk sendiri atau jadi reseller.

Bisnis ibu - ibu rumah tangga online shop market place

Trend belanja kini telah berubah ke era digital. Hal ini disebabkan karena kemudahan dalam transaksi dan proses jual beli itu sendiri. Kecenderungan perubahan seperti ini tentunya memberikan peluang besar bagi para pelaku bisnis online. Terutama para pelaku bisnis e-commerce atau market place.

Sebagai ibu – ibu rumah tangga, Anda bisa memanfaatkan media online untuk menjual aneka produk yang Anda miliki. Bisa berupa produk kerajinan, produk kuliner atau menjadi reseller dari produk orang lain.

Tak perlu jauh – jauh, Anda bisa memanfaatkan market place yang ada sekarang ini untuk dijadikan lapak online. Atau Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk.

Contoh market place yang ada di Indonesia

  • Buka lapak
  • Tokobagus
  • Tokopedia

Contoh media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk Anda

  • Media sosial Google plus (Buat group atau community)
  • Media sosial Facebook (Buat fans page sendiri, atau gabung di forum)
  • Twitter (Jago bermain hashtag)
  • Instagram (Sama, harus jago mainan hashtag dan gambar menarik)

Sebagian besar penduduk saat ini sudah terhubung dengan media sosial, baik remaja maupun orang dewasa sudah memiliki satu atau 2 akun. Jadi, media sosial juga merupakan salah satu tempat yang berpotensi untuk dijadikan media promosi.

Bisnis bidang makanan juga memiliki prospek yang luar biasa untuk di kembangkan.

Bisnis ibu rumah tangga kue

Dibidang makanan anda bisa mencoba membuka bisnis dengan membuat makanan olahan sendiri. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari jutaan resep lengkap dan semuanya gratis.

Coba untuk melakukan riset skala kecil terlebih dahulu, buat produk anda lalu coba titipkan di warung, supermarket dll. Jika laku alias laris, sekarang saatnya Anda membesarkan usaha tersebut.

Riset itu penting agar Anda benar ketika ingin mengembangkan sebuah usaha. Intinya produk laris di pasaran itu sudah menjadi faktor penentu kesuksesan sebuah usaha.

Berikut ini beberapa bidang usaha makanan yang bisa Anda kerjakan untuk merintis sebuah usaha ibu – ibu rumah tangga produksi rumahan.

  • Aneka kue kek
  • Berbagai jenis kerupuk
  • Membuat kreasi masakan lezat
  • Kue basah dan kue kering
  • Aneka keripik

Silahkan Anda cari di Google untuk menemukan resep dan cara membuatnya, lalu coba rintis dan temukan mana produk yang paling laris di masyarakat. Jika laku keras genjot produksinya.

Jago dan hobi berkreasi, berikut peluang usaha yang cocok untuk Ibu rumah tangga.

Bisnis ibu rumah tangga kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan sebenarnya bisa menjadi peluang usaha lho. Kalau kita bicara soal apa saja jenis kerajinan tangan, jumlah nya banyak sekali.

Sebagai contoh :

  • Membuat berbagai aneka kerajinan tas
  • Pernak pernik untuk jilbab,
  • Taplak meja, perhiasan order
  • Hiasan bunga, bonsai, aneka hiasan dari bonsai
  • Perhiasan lampu mewah, tempat bersolek dandan.
  • Dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan tersebut, tidak ada salahnya mencoba untuk memasarkan produk hasil olahan sendiri.

Gimana cara pemasarannya?

Anda bisa memajah hasil kerajinan tangan dirumah, ikut online shop seperti yang dijelaskan di awal tadi atau pamer di media sosial. Hal ini akan memancing calon konsumen Anda untuk mengetahui betapa indahnya hasil olahan kerajinan yang Anda buat.

Nah coba cari dan temukan hasil kerajinan terbaik, berikan inovasi pada teknik pemasaran agar kerajinan Anda bisa terjual dalam jumlah yang banyak.

Tak  perlu memikirkan dimanapun Anda berada, dengan bantuan internet Anda bisa memasarkan produk dari manapun.

Saya pernah ketemu ibu – ibu yang mampu meraih profit besar dari hasil jualan aneka jenis bunga. Rumahnya lumayan di pelosok. Akan tetapi ibu tersebut memanfaatkan media sosial untuk promosi.

Nah ini bisa menjadi contoh, saya pun sengaja menulis ini agar bisa menjadi teladan buat kita bahwa ternyata benar, jika mahir, tak peduli dimanapun, media internet ternyata memberikan kemudahan yang luar biasa.

Merintis Usaha Kecantikan atau Make up untuk berbagai resepsi, biasa disebut make up terbang. Usaha ini juga bisa dibilang memiliki prospek bagus

Bisnis ibu - ibu make up

Bagi Anda yang hobi pada bidang kecantikan, bisnis ini merupakan bisnis yang memiliki prospek tinggi. Mengapa? Karena make up kecantikan dibutuhkan saat ada acara resepsi pernikahan, karnaval, festival, atau berbagai lomba lain.

Faktor  yang paling penting adalah, kuasai bagaimana membuat alis mata yang cantik. Karena faktor ini menjadi kunci agar jasa Anda menjadi rebutan dan Anda bisa kebanjiran order.

Selain makeup ada lagi Hena, yaitu seni lukis yang terbuat dari tinta khusus. Biasanya hena sangat dibutuhkan ketika ada persepsi pernikahan.  Jika Anda mampu menjadi seorang tata rias kecantikan yang handal, nama Anda cepat terkenal dan sudah tentu peluang usaha ini bisa Anda kembangkan ke tahap yang lebih besar. Contohnya membuat wedding organisation atau WO dan salon kecantikan.

Menyediakan salon rambut dari rumah juga memiliki prospek menjanjikan bagi ibu rumah tangga.

bisnis salon ibu rumah tangga

Selain tata rias kecantikan, salon perawatan rambut juga memberikan peluang bisnis bagi Anda. Biasanya jika saat akan lebaran, banyak sekali para remaja wanita yang rebounding rambut mereka. Nah kesempatan ini bisa Anda manfaatkan.

Berikan pelayanan dan harga terbaik bagi para konsumen Anda. Jika kualitasnya berkualitas, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan pelanggan setia. Bahkan pelanggan setia Anda bisa menjadi mesin promosi gratsi, mengapa? Karena kabar tentang kualitas bagus dari pekerjaan Anda tersebar di masyarakat.

Bisnis Spa rumahan juga bisa dijadikan peluang bisnis, bisa jadi sebagai langkah pertama sebelum menjadi bisnis besar.

Sama seperti tata rias kecantikan dan salon diatas, bisnis spa juga memiliki potensi yang sama, apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah kompleks karyawan dan selebritis, biasanya gaya hidup mereka sangat menopang bisnis seperti ini.

Anda bisa mendapatkan pelanggan dari tetangga atau orang terdekat terlebih dahulu, kemudian dari mulut kemutul tersebar luas. Selain itu, Anda bisa memasang spanduk atau menyebarkan kartu nama. Atau Anda juga bisa share lewat media sosial bahwa Anda menjalani profesi ini.

Bisnis spa juga membutuhkan teknik dan kiat agar berhasil.

  1. Manfaatkan semua media yang bisa Anda jadikan tempat untuk promosi.
  2. Perbanyak jaringan pertemanan atau relasi dengan marketing
  3. Berikan bukti bukan janji
  4. Bekerjasama dengan jaringan yang lain seperti e-marketing, e-coupon dan sebagainya.

Anda bisa belajar teknik bagaimana menjalankan bisnis spa dari para pelaku usaha ini. Anda bisa belajar dari berbagai macam perusahaan seperti Marta Tilaar.

Pasang target, setelah maju, Anda bisa menambah karyawan sebagai pembantu Anda. Dan bahkan bukan tidak mungkin suatu saat nanti bisnis Anda menjadi sangat berkembang dengan pesat.

Jualan pulsa elektrik seperti untuk token dan pulsa handphone juga bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga berikut tipsnya

Kebutuhan pulsa elektrik sudah menjadi sebuah kebutuhan utama. Bayangkan saja sekarang ini bukan hanya untuk komunikasi dan intenret. Pulsa juga sudah diterapkan untuk kebutuhan energi listrik. Karena sekarang ini meteran pulsa sudah menjadi anjuran dan menggantikan metode lama.

Dengan modal awal sekitar Rp. 500.000 Anda sudah bisa menjadi agen pulsa elektrik. Hanya saja yang perlu menjadi catatan Anda adalah, usahakan untuk selalu cash, Anda harus pintar agar modal yang Anda miliki bisa berkembang dengan baik.

Untuk menarik minat beli, Anda bisa membuka dagangan accesoris handphone seperti charger, kartu, dan pernak pernik handphone yang lain. Jual dengan harga yang murah. Hal ini dilakukan untuk menarik pelanggan agar membeli pulsa utama Anda.

Anda harus menerapkan teknik penarik, maksudnya begini, jual aksesoris dengan murah, akan tetapi ada beberapa produk Anda yang akan laris manis, seperti penjualan pulsa utama.

Suka shopping baju model baru, mengapa tidak dikonversikan menjadi peluang bisnis saja, berikut tipsnya.

Bisnis fashion ibu rumah tangga

Bisnis yang satu ini bisa berpeluang sukses besar, walaupun terlebih dahulu dirintis lewat rumah. Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan berbagai cara.

Coba cermati trend model fashion terbaru sekarang ini. Hal ini penting agar jualan Anda laku semua. Cara melihat trend bagaimana, berikut tipsnya.

  1. Buat akun instagram, lalu coba ikuti selebritis yang selalu update dengan fashion yang mereka miliki. Selain akun selebritis, anda bisa mengikuti instagram para online shoping fashion, lihat bagaimana gaya terbaru yang selalu mereka publish. Cermati produk apa saja yang paling laku.
  2. Buat akun facebook, lakukan langkah yang sama seperti diatas untuk melihat trend.

Nah untuk pemasaran bisa lewat jalur online dan offline, coba dekati anak remaja yang suka akan model baru, bisa dari kalangan maha siswa atau pelajar SMA.

Untuk promosi lewat media online, caranya sama seperti yang telah dibahas pada poin awal diatas tadi. Biasanya lewat media instagram dan e-commerce atau market place. Jika lewat instagram Anda bisa rajin update dengan model baju yang Anda miliki, coba bermain hastag agar semakin ramai orang yang melihat postingan Anda.

Lalu apa saja produk fashion yang bisa ditawarkan. Rasanya sangat banyak sekali, mulai dar:

  • Fashion gamis
  • Hijab dan aksesoris
  • Fashion model remaja terbaru
  • Fashion olah raga
  • Aneka sepatu
  • dll

Inovasi merupakan faktor penting dalam kesuksesan bisnis, bukan hanya dari segi model, bisa saja dari segi cara pemasaran, teknik promosi dan lain sebagainya.

Selain hobi shoping yang bisa dijadikan bisnis, hobi menjahit juga bisa di konversi menjadi sebuah bisnis bagi ibu rumah tangga.

bisnis menjahit untuk ibu rumah tangga

Jasa jahit pakaian saat ini terus dibutuhkan, tidak peduli sampai kapanpun karena memang jasa tailor dibutuhkan ketika seseorang ingin membuat model sendiri atau ingin merubah pakaian yang telah mereka beli.

Nah jika Anda jago, sebenarnya dari hobi menjahit ini ada beberapa ide yang bisa digabung. Apa saja?

  1. Jasa menjahit sekaligus membuat aneka kerajinan tangan dari menjahit seperti membuat tas unik, gorden keren dll.
  2. Jasa menjahit sekaligus menjual model fashion terbaru.
  3. Jasa menjahit sekaligus membuka kursus menjahit.
  4. Jadi tailor sekaligus jadi desainer hebat.
  5. dll

Nah tentu jika dikembangan bisa sangat banyak sekali, bagi Anda yang benar – benar hobi menjahit, sudah tentu ini merupakan peluang yang baik untuk Anda kerjakan. Bahkan bisa masuk ke sekala ekspor jika kerajinan dan skill desain Anda tinggi.

Baca juga :

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga, sebenarnya masih banyak ide lain yang jika ditulis bisa menghasilkan aritkel ribuan kata.

Apapun usaha yang Anda pilih ada ditangan Anda sendiri, yang penting ada niat dan mau untuk berusaha. Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran bagi ibu – ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis. Salam sukses selalu.




Updated: August 28, 2017 — 11:09 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap