Pengaruh Umur Domain Terhadap Hasil Pencarian Atau Seo

Ada berbagai alasan sehingga banyak dari kita yang ingin mengetahui apakah umur domain ada pengaruh terhadap serp ranking. Alasan seperti karena berniat ingin membeli Aged domain atau ingin mengetahui pengaruh ranking terhadap blog yang sedang kita kelola.

Setelah rilis algoritma Hummingbird, ternyata umur domain masuk kedalam kategori perhitungan peringkat serp. Umur domain termasuk dari 200 faktor penentu lainnya. Saya pun sering membaca artikel tentang ini, dan banyak rekan – rekan blogger lain yang sudah membahas bahwa umur domain masuk kedalam perhitungan pada algoritma Hummingbird.

Pengaruh umur domain

Informasi yang beredar juga ramai yang mengatakan umur domain yang bagus yaitu setelah berumur satu tahun keatas. Apakah benar demikian? Saya rasa masih ada faktor lain.

Saya juga ingin mengatakan bahwa itu masih tahap analisis. Tidak ada pernyataan resmi yang kita dapatkan. Mungkin Anda juga pernah melihat video dari seorang pakar webmaster Google. Pakar webmaster Matt Cut mengatakan perbedaan serp umur domain 6 bulan dan 1 tahun tidak begitu ketara.

Akan tetapi, dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan memang benar umur domain memiliki pengaruh.

Bagi imers atau blogger yang sudah memiliki modal, biasanya sebagian dari mereka ada yang membeli aged domain. Teknik ini perlu analisa yang lengkap agar kita tepat dalam membeli domain. Aged domain harus memenuhi kriteria seperti backlink yang bersih, popularitas-nya baik dan beberapa kriteria – kriteria yang lainnya.

Tips Untuk domain baru

Lalu pertanyaannya, apakah blog baru bisa mendapatkan serp tinggi? Bisa tentu bisa.

Saya juga sering melihat hasil serp yang tinggi pada blog baru. banyak juga blog baru yang mampu bersaing dengan blog utama atau blog yang sudah tuir. Artinya kita bisa melihat faktor penting yang lain adalah kualitas konten. Apalagi dengan diiringi update secara berkala.

Mungkin sekarang Anda punya blog baru, dengan domain yang masih fresh. Nah untuk mendapatkan hasil serp yang baik dan bisa memenangkan persaingan berikut beberapa tipsnya.

  1. Buatlah artikel yang berkualitas.
  2. Bangun user experience yang tinggi
  3. Terapkan Strategi promosi yang benar

Buatlah artikel yang berkualitas

Buatlah artikel yang bisa memberikan manfaat, kalau bisa menimbulkan decak kagum bagi pembaca Anda. Artikel seperti ini sangat mudah untuk mendapatkan backlink. Backlink yang didapatkan akan sangat natural, karena pembaca dengan suka rela membuat referensi tentang blog Anda.

Backlink natural merupakan cara terbaik dan teraman bagi blog Anda. Semakin baik kualitas link juice blog Anda, sudah tentu blog Anda menjadi semakin popular setiap saat.

Untuk membuat artikel yang berkualitas, kita perlu belajar bagaimana cara menyajikan tulisan dengan baik. Kita harus mau untuk membuat pembaca merasa nyaman membaca tulisan yang kita buat.

Jadi, buatlah artikel yang langsung membahas ke inti permasalahan. Jika kita ada waktu, belajar juga bagaimana cara membuat paragraf narasi, deskripsi, argumentasi dan lain – lain.

Sekarang coba Anda analisis setiap konten yang ada pada halaman pertama. Anda tentu bisa melihat bahwa semua artikel yang ada pada urutan pertama merupakan artikel yang paling berkualitas. Dari sini muncul istilah konten pilar. Konten pilar yaitu konten – konten utama, atau konten yang Anda buat secara serius dengan riset lengkap.

Artikel terkait :

Bangun user experience yang tinggi

Selain membangun kualitas konten, desain grafis dan kecepatan blog juga termasuk dalam upaya untuk membuat user experience blog Anda semakin bagus.

Apa itu user experience (UX)? User experience adalah ukuran tingkat kepuasan blog Anda. Untuk itu kita perlu melakukan beberapa langkah agar nilainya bagus. Semakin bagus kualitas UX blog Anda maka blog semakin cepat popular dikalangan pengguna dan search Engine.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda analisa agar blog Anda cepat popular.

  1. Desain grafis: Kita harus berusaha agar tampilan blog simple dan enak dipandang mata. Pilih jenis theme yang terbaik menurut Anda. Kita bisa meniru blog  popular yang lain dalam hal desain, akan tetapi tetap tonjolkan ciri khas blog Anda.
  2. Ilmu typography: Agar artikel yang telah Anda buat mendapat respon yang tinggi, pilihlah jenis font yang enak dibaca. Setiap font memiliki karakter sendiri. Coba lakukan penelitian pada blog Anda.
  3. Kecepatan loading: Nah yang ini sangat penting, kita harus berupaya agar blog bisa cepat saat diload. Cari layanan hosting yang berkualitas, dan cari theme yang ringan. Jika blog Anda mudah saat diakses, maka ux blog bisa semakin tinggi.

Terapkan strategi promosi yang benar

Agar blog cepat dikenal, kita bisa menggunakan beberapa teknik promosi. Kita bisa memanfaatkan forum, media sosial untuk memperkenalkan blog yang kita miliki. Selain dapat membuat blog Anda menjadi cepat dikenal, promosi juga dapat meningkatkan seo.

Kita bisa bergabung ke forum yang memiliki niche sama. Cari pertanyaan yang paling sering ditanyakan, lalu buat artikel tentang permasalahan yang mereka hadapi. Jika artikel Anda benar – benar memberikan solusi, artikel Anda bahkan bisa viral.

Agar promosi Anda cepat berhasil, Anda bisa memberikan beberapa bonus bagi pembaca setia Anda. Buatlah beberapa produk digital seperti e-book panduan gratis, software gratis, theme gratis dan lain – lain

Cara seperti ini sangat efektif untuk mempercepat blog Anda menjadi lebih popular. Semua dari kita tentu suka yang gratis, nah manfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Kesimpulan :

Umur domain memang memberikan dampak pada seo blog. Walaupun demikian, blog baru pun bisa berhasil mencapai nomor satu jika kita terus memperhatikan kualitas konten. Intinya semakin sering update dengan artikel berkualitas,maka semakin baik serp blog Anda. So mulai dari sekarang berikan konten terbaik untuk pembaca setia blog Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda.




Updated: August 15, 2017 — 6:21 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap