Pengertian Waralaba Serta Beberapa Kelebihan Tipe Bisnis Ini

Berikut ini akan kita bahas apa itu waralaba dengan bahasa yang sangat sederhana. Sehingga kita mudah mengerti apa itu waralaba dan apa saja bisnis yang sedang trend saat ini.

Waralaba atau dalam bahasa inggris Franchise merupakan bisnis kerja sama antara pemilik merek, produk, atau sistem operasional dengan pihak kedua yang diberi izin sesuai dengan peraturan kerjasama. Dengan kata lain, bisnis ini sama saja seperti mitra, yaitu memberikan izin kepada mitra untuk menjalin kerja sama bisnis, baik itu penjualan produk, merek, sistem operasional yang ada.

Bisnis waralaba

Dengan demikian, bisnis ini sangat cocok bagi pemula yang ingin memulai usaha akan tetapi tidak memiliki ide atau tidak memiliki modal yang cukup ketika ingin membuka sebuah usaha.

Pangsa pasar Indonesia dan tingkat perkembangan ekonomi juga terus tumbuh, apalagi setelah di dorong oleh pembangunan infrastruktur untuk kemudahan transportasi, laut, darat dan udara. Semua itu dapat lebih memudahkan pertumbuhan ekonomi.

Sehingga, apapun tipe bisnis yang dijalankan, baik itu bisnis pribadi atau bisnis waralaba, akan sangat terbantu karena target pasar dapat menjangkau konsumen dengan lebih mudah dan biaya yang lebih murah.

Berikut ini ada beberapa kelebihan bisnis waralaba

1. Lebih mudah karena sudah ada konsepnya

Usaha waralaba juga bisa dijalankan oleh siapa saja, tak harus bagi orang yang sudah mahir berbisnis, pemula pun bisa menjalankan bisnis tipe ini asalkan ada kemauan dan keinginan untuk menjadi pengusaha. Alasan utama mengapa bisnis ini sangat mudah adalah karena Anda tak perlu lagi memikirkan tentang produk.

Kita hanya fokus pada teknik pemasaran yang tepat serta manajemen yang baik. Untuk konsep dan produk, biasanya sudah tersedia dari mitra waralaba.

Dengan demikian, ada beberapa aspek bisnis yang sudah terbangun terlebih dahulu, hal ini dapat memberikan kecepatan dalam membangun bisnis. Hanya saja, perlu komunikasi yang baik antar mitra agar bisnis dapat berkembang pesat.

2. Sudah memiliki kekuatan brand

Membangun bisnis baru tentu membutuhkan riset ataupun modal, sementara dengan sistem waralaba, semua itu sudah terbangun. Apalagi bagi bisnis waralaba yang sudah memiliki nama besar. Maka pemasaran akan menjadi semakin mudah.

Selain itu, Anda tak membutuhkan modal yang besar, tak harus sibuk mencari ide lagi, semuanya sudah tersedia. Hal tersebut tergantung dari si penyedia waralaba itu sendiri.

3. Dukungan kerja sama relasi yang lebih kuat

Dunia bisnis sangat tergantung seberapa besar relasi yang Anda miliki. Sehingga bisnis waralaba sangat cocok bagi kita yang sedang belajar membangun relasi untuk bisnis.

Kelebihan ini dimiliki oleh bisnis sistem waralaba, karena kita dapat langsung melihat jaringan yang telah terbangun. Kita dapat belajar dan mengambil pengalaman dari para mitra untuk mengembangkan bisnis. Belajar dari orang yang tepat dan sama bidangnya tentu lebih membantu dari segi waktu.

Bisnis waralaba memang memberikan beberapa keuntungan. Banyak di antara kita yang mampu sukses dengan menjalankan bisnis tipe franchise ini.

Apa saja contoh bisnis waralaba?

Waralaba dalam negeri sekarang ini terus berkembang mengingat bisnis waralaba memang sudah mulai banyak. Beberapa contoh bisnis waralaba yang ada di Indonesia seperti : Wong solo, CFC, Ayam bakar mas mono, es teler 77, Sapo orientral, red crispy dan masih banyak contoh lainnya.

Banyak juga bisnis waralaba Indonesia yang telah mampu mendunia, Anda bisa mencari informasi tersebut melalui situs mesin pencari. Temukan beberapa ide bisnis yang popular, dan dengan modal yang relatif kecil agar mudah ketika ingin membangun bisnis tersebut.

Ada 2 jenis waralaba

Dari segi wilayah, ada dua jenis waralaba yang bisa dijadikan mitra bisnis. Yaitu waralaba lokal dan waralaba luar negeri.

Mana yang lebih baik? Saya rasa sama saja, tergantung dari bagaimana tingkat popularitas dan bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut. Nah untuk tahap belajar, carilah bisnis waralaba yang popular dan mudah untuk dijalankan.

Baca juga tentang : 11 Contoh Peluang Usaha Kuliner Menarik dan Laris Dipasaran

Itulah tadi beberapa contoh dan pengertian tentang bisnis waralaba. Sebenarnya, masih banyak sekali penjelasan bisnis waralaba yang perlu Anda pelajari agar bisnis dapat berkembang pesat. Untuk itu, carilah informasi sebanyak mungkin, belajar dari orang sekitar yang sudah menjalankan bisnis waralaba akan sangat membantu Anda dalam menentukan pilihan.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda, jika ada pertanyaan atau ide lain silahkan Anda tulis pada form komentar. Salam sukses selalu.




Updated: October 7, 2017 — 12:02 am

2 Comments

Add a Comment
  1. untuk binis franchise ini bisa dibilang juga lebih mudah karena keuntungannya tadi sudah memiliki brand yang sangat bagus, tapi tinggal cara seorang franchisor nya itu untuk mengelola franchise nya untuk lebih berkembang lagi…

    1. Benar sekali mas, tergantung bagaimana franchisor mengembangkan inovasi agar terus bersaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap