Pengetahuan Dasar Membuat Blog Bagi Pemula Agar Berhasil

Rencana membuat blog baru

Semua bidang jika kita jalankan dengan rencana yang matang, akan memiliki peluang sukses yang lebih besar. Begitu juga dengan dunia blog, perlu membuat rencana. Jadi, tidak asal buat saja. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu, langkah – langkah apa saja yang perlu kita lakukan, sebelum membuat blog baru.

Blog yang dibuat berdasarkan rencana, dapat membuat Anda menjadi jelas ketika mengelolanya. Tetap terarah dan dapat mengukur seberapa jauh perkembangan blog Anda. Selain itu, Anda dapat dengan mudah mencoba jenis blog baru, jika perkembangan bisnis online Anda terus tumbuh.

Apa saja langkah penting ketika ingin membuat blog

  1. Menentukan niche blogging terlebih dahulu
  2. Menentukan Nama Domain
  3. Menentukan jenis platform
  4. Pahami faktor yang membuat blog popular

Saya rasa, 3 poin diatas sudah cukup untuk membuat plan yang mantap. Masing – masing poin diatas, kita pelajari satu persatu.

1. Menentukan niche / tema blog

Berdasarkan luasnya pembahasan, ada 2 pilihan yang bisa diambil.

  • Niche Gado Gado
  • Niche spesifik

Gado – gado

Niche gado – gado yaitu blog yang membahas tema campuran. Semua tema dibahas dalam satu blog. Tema gado – gado sering kita temui sekarang ini. Namun, setiap niche yang dipilih, ada kelebihan dan kekurangan. Untuk niche gado – gado, berikut sisi positif dan negatifnya.

Keuntungan

  • Mudah membuat posting blog, karena apa saja ide yang muncul, langsung kita tulis
  • Menjaga rutinitas posting menjadi mudah

Kekurangan

  • Tidak mudah untuk mendapatkan pembaca loyal
  • Butuh konten yang banyak agar sukses

Contoh blog gado – gado bisa Anda baca blog popular seperti blog mbak Indri di juragancipir.com. Atau blog maxmanroe.com punya bang Marixon membahas tema apa saja, tapi cenderung ke dunia bisnis dan blogging.

Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih tema blog, analisa dulu. Tujuannya agar Anda dapat menentukan, memilih kira – kira seperti apa jenis blog Anda, niche atau spesifik?

Niche Spesifik

Nihce spesifik yaitu blog yang membahas tema tertentu saja. Blog seperti ini membahas secara rinci dan detail pada tema yang dibawa.

Contoh tema yang dibahas bisa seperti, hanya membahas tema wisata, hanya membahas tema teknik sipil, tema bisnis, tema tutorial blogging dll. Jadi satu blog niche spesifik pembahasannya tidak melebar kemana – mana.

Seperti halnya blog gado – gado yang telah saya tulis diatas. Blog spesifik juga ada kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan blog niche spesifik

  • Mudah mendapatkan pembaca setia, karena mereka menemukan blog sesuai hobi mereka
  • Jika sesuai hobi, Anda mudah untuk posting artikel

Kekurangan blog niche spesifik

  • Harus menguasai tema, agar bisa update artikel menarik
  • Topik pembahasan harus selalu saling terkait

Contoh blog spesifik coba Anda perhatikan blog iwanbanaran.com, dia merupakan blogger popular, hobi dengan otomotif.

Mana yang lebih baik?  Menurut saya, semuanya baik, tergantung dari niat dan kemampuan kita masing – masing. Ada yang membuat blog niche sesuai bakat, ada pula yang membuat blog gado – gado karena ingin bebas.

Cari contoh sebanyak mungkin dengan rajin browsing. Tujuannya adalah, agar Anda mendapatkan gambaran yang lengkap, jenis blog seperti apa yang akan dibangun.

2 Tentukan nama domain

Nama domain yaitu alamat blog Anda. Buat nama domain yang paling mudah untuk diingat. Jangan terlalu panjang, semakin sedikit suku kata, semakin baik nama domain Anda. Untuk itu, perlu anda pelajari terlebih terlebih dahulu, untuk menemukan nama domain yang menarik.

Ada dua versi yaitu gratis dan berbayar. Contoh nama domain yang kita pilih adalah namaku

  1. Versi gratis => Akan ada extensi di belakangnya. Tergantung platform mana yang Anda pilih, jika platform blogger maka menjadi Namaku.blogspot.com. Jika menggunakan platform WordPress maka menjadi Namaku.wordpress.com
  2. Versi Berbayar => Tidak ada extensi di belakangnya. Versi berbayar biasanya registrasi pertahun. Jika Anda menggunakan versi berbayar, maka menjadi Namaku.com

Penting bagi Anda memilih nama domain yang mudah diingat. Tujuannya agar pembaca Anda mudah mengingat blog Anda. Jadi lakukan riset dengan baik dan benar. Perhatikan blog – blog besar yang sukses, pelajari bagaimana mereka memilih nama domain.

3. Tentukan jenis platform

Setelah menentukan nama domain dan memilih versi gratis atau berbayar. langkah selanjutnya tentukan platfomr yang ingin Anda gunakan

Sekarang ini, membuat blog sangat mudah, sama seperti mengelola media sosial. Tidak perlu keahlian koding yang tinggi. Tidak sama seperti dulu ketika pertama kali World Wide Web muncul dimana Anda harus memahami koding, karena setiap halaman harus didesain sedemikian rupa.

Sekarang semuanya menjadi semakin mudah. Anda hanya perlu memilih dua jenis platform berikut untuk memulai membuat blog. Berikut dua platform popular yang sering digunakan :

  1. Blogspot.com
  2. WordPress.org

Bagaimana dengan hosting?

Anda tentu sering mendengar istilah domain dan hosting. Untuk domain sudah saya jelaskan pada poin 2 diatas.  Nah berikutnya, apa itu hosting?

Agar lebih mudah dipahami, hosting adalah layanan penyimpanan data website Anda. Jadi, ketika Anda menulis artikel, menerbitkan gambar dll, semua file tersebut tersimpan pada komputer hosting.

Hosting Gratis

Blogger merupakan sebuah fasilitas hosting gratis. Anda bisa menggunakan nama domain gratis dan berbayar. Jika gratis, ada extensi blogspot di belakangnya seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Bagaimana kalau domain berbayar. Anda bisa mengarahkan nama domain berbayar Anda ke hosting blogspot. Hal ini sering disebut custom domain blog. Hanya perlu beberapa setting untuk melakukannya. Mudah lho, banyak rekan blogger kita yang telah membahas custom domain blogspot ini.

Hosting Berbayar

Agar Anda lebih serius dan lebih bebas, Anda bisa menggunakan jasa hosting berbayar. Ada banyak sekali layanan yang ada saat ini. Untuk harga, tergantung dari masing – masing penyedia layanan.

Catatan pentingnya adalah, pilihlah layanan hosting yang benar-benar menjamin kecepatan server. Lakukan review terlebih dahulu, cari informasi yang lengkap berdasarkan pengalaman para blogger lain. Baca forum – forum online untuk menemukan jawabannya.

Mengapa kecepatan penting? Sangat penting sekali, karena bisa memberikan efek pada user experience. Selain itu, mesin pencari sangat menyukai blog yang loading speed cepat.

4. Pahami faktor yang membuat blog popular

Membuat blog memang mudah, semua orang bisa melakukannya. Akan tetapi, membuat blog yang sukses membutuhkan keuletan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui hal ini terlebih dahulu, agar tidak terlalu berekspektasi terlalu berlebihan. Tujuannya pun agar proses ngeblog Anda bisa berjalan lancar.

Trafik berkualitas datang dari search engine / mesin pencari. Pelajari faktor apa saja yang membuat blog Anda popular baik di mata pembaca dan search engine.

Kunci utama agar blog Anda sukses terletak pada user experience atau pengalaman pengguna. Jadi, buatlah blog yang memang memberikan kepuasan pada pembaca Anda. Berikut beberapa poin pentingnya.

  1. Buatlah artikel yang menarik dan berkualitas.
  2. Desain blog sebaik mungkin
  3. Buat blog Anda ringan dan cepat saat diakses
  4. Pelajari optimasi / Seo

Semakin banyak artikel yang berkualitas, maka semakin tinggi pula peluang visitor blog Anda ramai, asalkan memenuhi beberapa faktor lain. Memang mesin pencari tidak membeberkan secara gamblang faktor apa saja yang menentukan. Ada sekitar 200 faktor yang menjadi ukuran bagi mesin pencari.

Baca juga : Cara Jitu Riset Keyword Untuk Meningkatkan Jumlah Visitor Blog

Kesimpulan :

Panduan diatas merupakan panduan analisa, bukan panduan teknis bagaimana cara membuat blog. Saya sengaja menulis artikel ini bertujuan agar kita mendapatkan gambaran langkah apa saja yang perlu diketahui ketika ingin membuat blog. Terutama bagi teman – teman yang ingin memulai.

Jika Ada saran dan tambahan, silahkan komentar pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.




Updated: July 7, 2017 — 2:10 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap