Pentingnya Data dan Informasi Bagi Perkembangan Bisnis

Data analisa bisnis

Bagi pebisnis, data bukanlah berupa grafik, info-grafis, file atau yang biasa kita pikirkan. Dalam dunia bisnis, pengumpulan data dan pencatatan data merupakan faktor yang paling penting agar bisnis mampu berkembang dengan baik.

Data yang dimaksud adalah berupa berbagai macam aspek bisnis seperti data trend, kecenderungan market, data pertumbuhan neraca, data global dan se-gudang data lainnya.

Seorang pebisnis online maupun offline, mempelajari data adalah pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan mempelajari data, Anda bisa dengan mudah mengatur sebuah perusahaan atau bisnis.

Mengapa begitu penting? Sebagai contoh model bisnis dengan tema investasi. Seorang investor tentu mencari data lengkap tentang fundamental dari sebuah negara sebelum melakukan investasi besar – besaran. Nah dalam kaitannya pada artikel ini, kita akan meninjau mengapa Big data bagi perusahaan digital begitu penting.

Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika sebuah perusahaan mampu mengumpulkan data dengan baik, mampu mencatat dan melakukan organisir data fakta lapangan dengan baik.

Mudah mengamati trend pasar

Dalam sebuah bisnis digital seperti e-commerce, mengamati trend dapat membantu strategi pemasaran untuk mampu mendeteksi kemana kebijakan selanjutnya. Seperti sektor manakah penekanan produk yang penting, kemana target pemasaran, inovasi produk seperti apa yang harus dilakukan dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, quartal ke berapa sebuah produk mengalami kenaikan penjualan, warna seperti apa yang sedang trend saat ini, bagaimana pesaing mengumpulkan data dan lain sebagainya.

Bisa menjadi trend setter bagi yang lain

Sebuah perusahaan bidang fashion dapat mengambil langkah cepat ketika mengetahui kapan saja trend sebuah produk akan naik. Sebagai contoh perubahan kegemaran warna yang sedang di gemari. Maka, pada saat itu pula, produsen menciptakan produk yang sesuai dengan trend tersebut. Ketika produk baru mampu mendapat sambutan hangat dari masyarakat, sudah tentu hal tersebut menjadi trend setter.

Biaya operasional bisa semakin murah

Dengan memiliki data target market yang lengkap, sebuah perusahaan akan mampu memangkas biaya produksi, tak perlu melakukan riset, karena sudah memiliki data aktual di lapangan. Data seperti bagaimana perilaku konsumen telah diperoleh dengan baik. Hal ini membantu manajer untuk melakukan kebijakan sesuai data yang ada. Prosedur semacam ini membuat pekerjaan rumah bagi produsen atau marketing menjadi lebih tepat sasaran.

Untuk itu, perlu bagi sebuah perusahaan memiliki data atau big data yang lengkap. Usaha untuk mengumpulkan data dapat membantu perusahaan menjadi lebih cepat berkembang. Pengumpulan data diera modern sekarang ini bisa dibilang sangat mudah. Kita hanya perlu memanfaatkan beberapa media untuk memantau bagaimana perubahan perilaku konsumen. Semua dapat ter-pantau dengan baik.

Tak Perlu A/B Testing

A/b testing merupakan istilah dimana sesuatu hal dilakukan percobaan terlebih dahulu. Tujuannya agar menemukan performa terbaik, menemukan metode terbaik dan berbagai aspek lainnya. Usaha semacam ini biasanya memakan waktu dan biaya.

A/b testing sering dilakukan bagi perusahaan yang bergerak dibidang informasi digital, mereka mencair cara terbaik agar sebuah strategi pemasaran dapat bekerja.

Bagi perusahaan yang telah mampu mengumpulkan data dengan baik, semua pekerjaan ini dapat dilakukan dengan mudah. Produk dibuat langsung tepat sasaran, strategi pemasaran langsung ke target konsumen. Sehingga, semua operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai cara

Sekarang ini, dunia internet telah nyata membantu kita menjadi lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Seperti halnya mengumpulkan data yang sedang kita bahas sekarang ini. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengumpulkan data.

Media sosial bisa dijadikan tempat untuk melakukan penelitian. Pengamat dapat dengan mudah menemukan kemana arah trend, bagaimana kecenderungan perilaku konsumen, apa yang mereka inginkan terkait produk yang sedang dibahas. Semua itu bagi pebisnis sudah tentu menjadi data bagi mereka.

Selain memanfaatkan media sharing seperti medsos, peralatan canggih yang disajikan oleh perusahaan besar Google juga sangat membantu. Seorang pebisnis dapat mencermati dengan mudah apa saja yang sedang menjadi trend saat ini. Peralatan ini juga mampu mengetahui berapa tingkat jumlah persaingan, terutama bisnis dengan basis website. Data jumlah pencarian dan jumlah persaingan menjadi faktor penentu ketika ingin memulai sebuah bisnis.

Jumlah persaingan artinya, seberapa banyak web atau e-commerce yang telah menguasai bidang tersebut. Sementara jumlah pencarian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar potensi market yang membutuhkan jasa atau produk yang di tinjau.

Pengumpulan informasi seperti ini sangat memberikan info yang penting bagi perusahaan era digital, sehingga dapat mengetahui bagaimana caranya agar bisa menemukan win win solution.

Selain peralatan diatas, sekarang ini sudah banyak sekali tool yang muncul membantu para pebisnis untuk mampu mengumpulkan data. Sebut saja tool dari GDIlab. Tool ini mampu mengumpulkan data dari media sosial.

Seperti yang telah kita bahas diatas bahwa, opini masyarakat terhadap suatu produk atau jasa sangat penting untuk diperhatikan. Tujuannya agar kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Dengan demikian, keuntungan bukan hanya didapat oelh perusahaan saja, melainkan didapat juga oleh konsumen.

Baca juga : Melirik Perkembangan Bisnis E-Commerce Yang Ada Sekarang Ini

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa alasan mengapa data begitu penting bagi sebuah perusahaan ataupun pelaku bisnis. Anda dapat mempelajari lebih jauh bagaimana mengumpulkan data sekaligu memanfaatkan data agar bisnis Anda mampu berkembang dengan baik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan dapat memberikan gambaran.

Jika ada tambahan yang ingin di share, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.




Updated: September 2, 2017 — 11:57 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap