Pentingnya Kecepatan Loading Website Dari Segi Bisnis

Page Load Speed

Ilustrasi

Di era teknologi yang serba canggih sekarang ini, kebutuhan internet sebagai tempat untuk berbisnis, komunikasi, browsing dan lain sebagainya terus mengalami peningkatan. Hal ini justru menuntut banyak sekali inovasi agar kemudahan bisa tercapai dengan baik. Seperti kecepatan akses ke sebuah website merupakan faktor yang bisa memberikan dampak langsung terhadap revenue ( hasil dari segi ekonomi ).

Sebagai pemilik blog atau website, sudah seharusnya kita memperhatikan kecepatan loading website kita. Rata – rata kecepatan loading website yang masih bisa di toleransi adalah 4 detik. Namun, di google speed insight,  kecepatan yang disarankan adalah dibawah 200 ms.

Speed insight yang dibuat oleh Google memberikan skor metrik dengan hitungan 1-100, nah usahakan website atau blog yang Anda kelola mendekati 100. Baik itu untuk mobile speed dan desktop speed. Karena seperti yang kita ketahui pengguna mobile saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Mengapa kecepatan loading website harus cepat? Semua pasti setuju ketika kita mengakses sebuah website yang ringan kita akan merasa nyaman untuk membaca isinya, apalagi isi website tersebut ternyata sangat bermanfaat buat kita. Inilah efek jika website yang dibuat mampu loading dengan cepat. Walaupun kita tahu bahwa, banyak faktor yang harus diperhatikan agar visitor nyaman dan berlama – lama pada website atau blog yang kita kelola.

Terutama bicara soal faktor kecepatan loading web / blog, maka kita harus memperhatikan bagaimana kondisi respon server hosting, bagaimana susunan template, jarak user dan masih banyak lagi. Jarak user atau target market juga harus kita perhatikan, jika Anda membuat blog dalam bahasa Inggris tentu visitor yang ditargetkan adalah dari luar negeri. Sehingga server hosting yang dipilih juga harus berada diluar negeri. Atau kita bisa memanfaatkan CDN agar kecepatan transfer data bisa lebih cepat.

Dari Segi Bisnis

Rata – rata perusahaan besar mengharapkan kecepatan loading web ada di kisaran 2 detik. Ini bukan tanpa alasan, karena telah dilakukan penelitian untuk mengetahui berapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari variasi waktu loading website. Dari penelitan dapat disimpulkan bahwa speed sangat berpengaruh pada engagement dan pendapatan perusahaan tersebut.

Website besar yang telah mencapai ratusan ribu atau jutaan visitor perhari, perubahan kecepatan dalam satu detik saja sudah sangat berpengaruh pada revenue / profit. Ini dari segi bisnis yang bisa dihitung berdasarkan faktor kali. Sehingga mereka sangat menaruh perhatian pada kecepatan akses pada konten dan service mereka.

Sekarang ini kita patut berterimakasih kepada para provider internet yang terus melakukan inovasi dan penambahan jaringan pada perangkat mereka. Sehingga kecepatan internet dan jangkauan internet sudah bisa dikatakan semakin baik dari tahun – tahun sebelumnya. Kita semua juga berharap untuk para provider menurunkan tarif mereka dan menyediakan paket kuota unlimited yang murah. hehe

Bagaimana cara melakukan uji kecepatan website ?

Caranya cukup mudah, seperti biasa Anda buka Google lalu ketik kata kunci Google insight Speed Test maka akan muncul web yang memang dibuat oleh perusahaan ini untuk melakukan cek kecepatan loading web. Masukkan link web Anda kedalam form uji coba. Kemudian akan muncul hasil yang menunjukkan berapa skor web blog Anda, baik untuk mobile dan desktop.

Bukan hanya itu, hasil test juga disertai dengan solusi yang harus diselesaikan. Anda bisa melihat faktor apa saja yang harus diperhatikan agar skor web Anda di Google Insight mendekati atau berada di skor 100. Dari penjelasan tersebut Anda bisa melakukan perbaikan pada elemen blog yang dikelola.

Untuk blog yang saya kelola sekarang ini berada di kisaran 67 untuk mobile, dan 86 untuk desktop. Saya masih belum puas dengan hasil yang sekarang ini, dan ke depannya saya berencana akan memperbaiki kecepatan tersebut hingga mendekati 100 atau kalau bisa 100 agar blog ini fast loading.

Apa Saja Faktor Kecepatan Loading Website

Agar Anda mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang menjadi faktor kecepatan loading sebuah website. Berikut ini ada beberapa faktor yang bisa di coba. Untuk pengetahuan cara praktiknya Anda bisa membaca melalui saran dari hasil test speed Google insight.

Gzip Compression

Bagi Anda yang familiar dan hobi menggunakan windows komputer, tentu memahami apa itu winrar. Nah Gzip berlawanan dengan extrack, jadi proses Gzip merupakan proses untuk memperkecil data yang ada. Lalu apa hubungannya dengan kecepatan loading sebuah website? Berikut ini penjelasannya.

Gzip compression merupakan kompresi terhadap file website seperti gambar yang ada pada sebuah halaman webiste atau file lainnya. Dengan mengaktifkan tool ini, maka ukuran file akan menjadi lebih kecil dari ukuran yang sebenarnya. Sehingga hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan. Bayangkan saja jika website atau blog Anda dipenuhi gambar. Saya rasa tool ini penting untuk di gunakan karena bisa memangkas ukuran file hingga 70%.

Perkecil ukuran CSS atau buat menjadi external ( Minify CSS )

Untuk membuat website cepat saat dibuka, maka anda bisa memperkecil ukuran css atau mengatur css menjadi external disatukan dalam satu link. Hal ini akan mengurangi request yang diakibatkan oleh css itu tadi. Nah untuk hal ini saya hanya memanfaatkan plugin w3 chache yang secara otomatis dapat melakukan minify.

Sekarang ini sudah banyak juga rekan – rekan blogger yang telah menerapkan AMP ( Accelerate Mobile Pages ). Amp merupakan terobosan dari Google yang berujuan untuk terus berusaha mengutamakan kenyamanan pengguna internet. Nah bagi pengguna wordpress menerapkan Amp merupakan pekerjaan mudah. Anda hanya perlu melakukan instalasi plugin Amp, lalu web ada akan menjadi fast loading saat dibuka.

Aktifkan Cache untuk browser

Cache merupakan fitur dimana data website tersimpan sementara sesuai pengaturan waktu yang ditentukan pada browser. Sehingga, jika Anda mengakses ulang web tersebut maka browser tidak perlu request lagi ke host Anda, tetapi cukup dengan melakukan reloading pada browser yang di cache.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda mengaktifkan browser cache, hanya saja perlu Anda perhatikan bahwa home page yang telah mengaktifkan hache dapat menyebabkan user tidak melihat adanya update, karena cache yang tersimpan masih versi lama. Jadi, anda bisa mengatur berapa lama waktu untuk menyimpan cache tersebut.

Kecepatan Respon Server

Kecepatan server juga merupakan faktor yang sangat penting sekali. Jika pengaturan 3 poin diatas telah dilakukan, lalu server Anda juga mendukung kecepatan tinggi. Maka skor test di Google speed dapat mencapai 100.

Untuk pengaturan ini saya masih mengandalkan plugin w3 chache. Dalam plugin tersebut terdapat pengaturan untuk mengaktifkan gzip, cache dan minify, anda bisa mengatur fitur mana yang ingin digunakan.

Nah kembali lagi soal faktor bisnis terhadap kecepatan loading sebuah website. Mengapa kecepatan begitu penting,? Anda pasti memahami bahwa kecepatan sangat berpengaruh pada penghasilan bisnis Anda. Semakin cepat layanan ke konsumen, semakin cepat informasi disampaikan tentu peluang untuk mencapai kesuksesan bisnis menjadi lebih mudah.

Semoga artikel diatas dapat membantu dan memberikan gambaran kepada Anda mengapa kecepatan loading sebuah blog atau web sangat penting. Apalagi jika kita melihat dari faktor bisnis dan user experience.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap