Pentingnya Networking Untuk Bisnis Agar Lebih Cepat Berkembang

Sebagai seorang pebisnis sejati sudah semestinya memahami bahwa networking merupakan hal yang sangat penting untuk terus dikembangkan. Karena dengan networking yang luas dapat membuat kegiatan bisnis menjadi semakin mudah.

Menurut para pakar bisnis, networking memegang peranan yang sangat vital, bahkan mencapai skor persentase diatas 60 persen. Pada kenyataan di lapangan memang seperti itu, banyak bukti yang bisa kita pelajari. Banyak contoh dimana semakin besar sebuah bisnis maka semakin besar pula network mereka.

Dengan demikian, Jika Anda merupakan seorang pebisnis sejati, tentu mengerti bahwa agar usaha pencapaian target dapat terwujud maka networking sangat diperlukan.

Pentingnya networking bisnis

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa networking diperlukan dalam bisnis.

Mempermudah Kolaborasi Bisnis

Sebagai contoh kolaborasi yang diterapkan oleh PT Astra Otoparts Tbk dan perusahaan Pt Sumber Alfaria Trijaya Tbk ( Alfamart). Dimana mereka meluncurkan layanan Shell-astra Motoquick pada awal juni 2017 lalu. Layanan tersebut memberikan kemudahan pada pengecekan atau penggantian komponen seperti ban, oli dll.

Networking yang solid dapat membuat bisnis menjadi lebih kuat. Karena networking biasanya terkenal dengan kerja sama yang terjalin. Mungkin Anda sering mendengar kolaborasi antar bisnis – bisnis besar yang lain, atau di kenal dengan istilah relationship.

Meningkatkan Profil Bisnis Anda

Profil bisnis sama seperti nama baik. Dengan kata lain brand bisnis Anda. Nah dengan memiliki partner yang luas, kualitas dan kuantitas bisnis Anda cepat tersebar melalui berbagai jalur komunikasi. Sehingga, Anda secara tidak disengaja terbantu dalam hal promosi dan brand awareness.

Seperti contoh diatas, kolaborasi dengan meluncurkan layanan Motoquick, dua brand sekaligus dapat mengambil keuntungan. Artinya, kolaborasi kedua perusahaan tersebut mempermudah usaha untuk meningkatkan profil bisnis.

Analisa Big Data Menjadi Semakin Mudah

Sebagai contoh, misalkan mitra Anda dibagian agen pemasaran memperoleh sebuah data trend tentang motif warna. Nah karena Anda merupakan pebisnis pada bagian produksi, Anda bisa membuat inovasi agar bisa ikut kecipratan trend yang ada.

Dalam bisnis dikenal dengan istilah big data. Yaitu berupa semua data yang berkaitan dengan bisnis Anda. Apakah itu data pangsa pasar atau data trend. Nah dengan memiliki networking yang luas, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data tersebut.

Istilah lainnya adalah, Anda berbagi pengetahuan bersama networking Anda. Apalagi ketika networking terjalin dengan team work  yang jitu. Memajukan bisnis bersama, sudah tentu hal ini sangat menguntungkan bagi Anda dan network Anda.

Memperluas Kesempatan Bisnis

Membangun networking merupakan ciri para entrepreneur sukses. Walaupun mereka sudah memiliki jaringan yang luas, para entrepreneur sukses tetap akan memperbanyak jangkauan networking mereka. Karena memang dasar dari networking adalah menambah partner atau kenalan. Semakin banyak kenalan, maka semakin besar kesempatan bisnis yang akan Anda peroleh.

Bisa jadi dengan memiliki partner yang luas, Anda dapat memperoleh kesempatan bisnis baru atas rekomendasi dari partner Anda. Banyak kejadian seperti ini, peluang biasanya datang dari teman – teman bisnis Anda.

Jadi keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan membangun networking adalah, dapat memberikan dan memperluas kesempatan bisnis.

Networking Membuat Perkembangan Bisnis Menjadi Semakin Pesat

Seperti yang kita ketahui dari beberapa alasan diatas. Secara garis besar, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, dengan networking atau partner bisnis dapat membuat bisnis Anda menjadi lebih cepat berkembang. Segala macam keperluan dalam bisnis bisa terselesaikan dengan bantuan network yang baik.

Mungkin jika kita ambil contoh secara sederhana, networking bisa di ibaratkan seperti sebuah teamwork. Bekerja sama mencapai tujuan bisnis berdasarkan apa yang menjadi target dalam bisnis. Anda bisa meminta bantuan kepada partner Anda, nah secara tidak langsung Anda juga membantu perkembangan bisnis partner Anda tersebut.

Dari sini timbul usaha untuk saling menguntungkan antara satu dan yang lainnya. Kegiatan semacam ini sering terjadi, seperti contoh kolaborasi yang dijelaskan pada poin pertama diatas.

Tak peduli berapapun skala bisnis yang sedang dijalankan, jika memang diperlukan, cari cara terbaik untuk memperbanyak networking. Terutama mencari partner bisnis yang sama – sama memiliki satu visi dan bisa saling menguntungkan antara satu dan yang lainnya.

Memang networking sering dicap langsung untuk bisnis berbentuk MLM. Akan tetapi, pada kenyataannya penerapan networking tidaklah seperti itu. Networking bisa diterapkan di berbagai aspek bisnis.

Untuk memperluas pengetahuan kita, kita bisa mencari artikel dan contoh tentang kolaborasi dan partnership antar bisnis. Dari bacaan yang tersebut, kita bisa mengambil beberapa pelajaran penting untuk diterapkan dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Baca juga : Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Itulah tadi alasan mengapa networking penting dalam bisnis. Mungkin masih banyak manfaat dan alasan lain yang bisa didapatkan. Bagi Anda yang memiliki ide tambahan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: September 17, 2017 — 5:44 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap