Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Layanan Hosting

Memilih layanan hosting

Menjadi seorang blogger sukses memang memiliki kebanggaan tersendiri. Ada rasa puas karena bisa menginspirasi banyak orang lewat karya tulisan. Selain rasa puas, pemilik blog juga mampu memonetise blognya dengan tujuan memperoleh penghasilan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Ada beberapa ilmu yang harus di ketahui terlebih dahulu ketika kita membangun sebuah blog. Terutama bagi pemula yang ingin membangun blognya hingga mencapai hasil yang memuaskan.

Layanan hosting yang berkualitas sangat penting karena hal ini merupakan faktor pertama yang harus Anda perhatikan selain konten yang berkualitas. Blog dengan kecepatan loading yang tinggi memberikan poin plus tersendiri bagi mesin pencari seperti Google.

Berikut ini ada beberapa istilah yang sangat familiar ketika memilih layanan hosting. Dengan mengetahui istilah tersebut, Anda menjadi lebih mudah untuk memilih mana saja layanan yang terbaik untuk blog Anda.

Apa itu hosting ?

Hosting merupakan tempat penyimpanan file dari situs website yang digunakan agar bisa diakses kapan saja secara online.

Jika Anda bingung, Anda dapat menyamakan hosting dengan hardisk komputer, nah agar hardisk bisa diakses oleh orang lain dari manapun, maka hardisk komputer haruslah terhubung ke jaringan internet dan online secara terus menerus.

Pengetahuan tentang hosting

1. Bandwidh

Bandwidh merupakan besaran jumlah data transfer bit per second antara server dan client. Semakin besar jumlah bandwidh layanan hosting Anda itu semakin baik. Artinya blog Anda akan tetap mampu menerima visitor yang mengakses blog Anda dalam jumlah yang banyak.

Ketika Anda memilih layanan hosting, pastikan terlebih dahulu seberapa besar jumlah bandwidh yang ada. Lebih baik Anda mencari layanan hosting dengan kapasitas badwidh besar Atau unlimited sekalian.

2. Storage

Anda dapat menyimpan file text, video, gambar, dan beberapa file database blog Anda ke storage layanan hosting. Dengan demikian, Anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa blgo yang akan Anda bangun.

Sebelum memilih layanan hosting, ketahui terlebih dahulu tipe blog yang ingin Anda bangun. Apakah Anda ingin membangun blog wallpaper, video, text atau campuran. Sehingga Anda dapat mengetahui seberapa besar jumlah stroge yang diperlukan untuk blog Anda nantinya.

Kenali HDD atau SSD Untuk Storage Hosting Anda

Hdd merupakan storage dengan sistem piringan seperti vcd. Hdd sudah ada sejak zaman 1956 saat diperkenalkan oleh IBM pada waktu itu.

SDD Drive merupakan storage dengan sistem microchip, sama seperti flashdisk. SDD merupakan teknologi yang lebih baik ketimbang HDD.

Mana yang lebih baik?

Berdasarkan pengetahuan dari berbagai sumber, SSD lebih mumpuni ketimbang HDD. SSD merupakan teknologi terbaru yang membuat akses data menjadi lebih ringan dan cepat dibanding HDD.

Nah Anda dapat memilih layanan hosting dengan sistem SSD. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah konsumsi RAM dan dapat meningkatkan kecepatan loading blog Anda.

Sekarang ini sudah banyak layanan hosting yang telah menggunakan teknologi tersebut. Silahkan Anda cari di internet melalui mesin pencari atau membaca review di berbagai forum yang ada.

3. Random Access Memory

Random Access Memory atau disingkat dengan RAM merupakan memory sementara untuk menjalankan perintah keperluan blog Anda. Dengan RAM yang besar, membuat blog Anda akan mampu tetap ringan ketika blog Anda diakses oleh visitor dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Carilah layanan hosting dengan RAM yang besar atau cloud hosting yang sesuai dengan paket pilihan Anda. Semakin besar RAM semakin baik, apalagi jumlah visitor blog Anda terus bertambah, maka jumlah RAM blog juga terus mengalami peningkatan.

Sebagai contoh mudah, Anda dapat memperhatikan bagaimana fungsi RAM pada smartphone. Jika RAM smartphone besar, maka Anda dapat menjalankan aplikasi berat dengan mudah. Itulah contoh penggunaan RAM pada kegiatan sehari – hari di smartphone.

Itulah tadi 3 poin penting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu ketika ingin memilih layanan hosting terbaik. Selain 3 poin diatas, memang masih ada beberapa poin penting lain seperti mengetahui up time server Anda, dan mengetahui seberapa bagus keamanan server hosting yang Anda sewa.

Ketika memilih layanan hosting, cari layanan hosting yang benar – benar berkualitas dan mampu membuat blog Anda tetap cepat setiap saat. Hal ini sangat penting mengingat Google sangat memperhatikan pengguna ketiak berselancar di internet.

Baca juga : 6 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Web Agar Berhasil

Selain faktor hosting, apakah ada faktor lain yang membuat blog cepat berkembang?

Tentu ada, apa itu?

Faktor penting lainnya selain layanan hosting yang berkualitas adalah konten yang berkualitas. Untuk itu, ciptakan konten yang paling menarik dan memberikan manfaat bagi pembaca blog Anda. Pelajari bagaimana cara membuat konten yang menarik, judul yang menarik dan pelajari bagaimana cara optimasi konten tersebut.

Apakah membuat blog harus paham koding?

Membuat blog memang penuh dengan bahasa koding, akan tetapi sekarang ini membuat blog begitu mudah. Tak sama seperti zaman pertama kali internet muncul, sekarang ini Anda bisa membuat blog seperti mengelola akun media sosial.

Anda hanya perlu  memahami beberapa kode dasar saja. Seperti untuk melakukan penambahan kode analitis, iklan, merubah beberapa tampilan blog dan lain sebagainya. Jadi, tak perlu menguasai koding secara mahir, cukup pelajari yang sederhana saja terlebih dahulu.

Sejalan dengan bertambahnya pengalaman Anda, pemahaman koding blog juga akan semakin meningkat.

Semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang sedang mencari layanan hosting. Salam sukses selalu.

Updated: April 27, 2018 — 11:30 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap