Pindah Dari Http Ke Https Perlu Pemahaman Dasar

Pindah Http Ke Https

Sekarang banyak sekali blogger yang telah berpindah protokol dari http ke https hal ini disebabkan adanya sedikit penambahan poin untuk seo dan keamanan akses. walaupun tidak begitu berefek besar terhadap seo, tetapi dengan memasang https kita terlihat mengutamakan keamanan pengunjung yang datang ke web yang sedang kita kelola. Karena lalulintas data di enkripsi terlebih dahulu.

Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum berniat untuk menggunakan protokol https. hal ini terutama bagi pemilik blog yang telah memiliki artikel dalam jumlah yang banyak. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya duplikasi pada konten di index Google.

Langkah penerapan https sudah banyak di jelaskan oleh para master blogger, pada artikel ini saya mencoba menjelaskan hal basik apa saja yang perlu untuk dilakukan sebelum memulai langkah perpindahan protokol. Dengan memperhatikan hal ini di harapkan Anda dapat menerapkan langkah – langkah apa saja yang di terapkan dalam pemindahan protokol ini.

Https dan http merupakan 2 protokol yang berbeda, sehingga jika Anda yang sebelumnya menggunakan http dan telah terindex di Google dan ingin memindahkan ke protokol https maka akan terjadi duplikasi konten. Nah di perlukan beberapa langkah agar pemindahan ini bisa berjalan sempurna.

1. Pesan Atau Dapatkan Provider Yang Menyediakan Sertifikat Https.

Untuk mendapatkan sertifikat ini kita perlu memesan dari beberapa penyedia sertifikat yang telah terverifikasi agar sertifikat bisa cocok dengan berbagai perangkat browser. sehingga web blog anda akan aman ketika di akses lewat browser yang tersedia seperti Google chrome, mozila dan lain sebagainya. Setelah menemukan service ssl yang dipilih, selanjutnya pasang ssl atau sertifikat tersebut pada server anda untuk menerapkan protokol https ini.

Ada juga beberapa ssl yang bersifat gratis yang di sediakan oleh beberapa penyedia ssl dan Anda hanya perlu memasangnya langsung pada server hosting web anda atau anda bisa membelinya dengan waktu tertentu dari penyedia ssl yang terpercaya.

2. Tetapkan Pilihan Anda Dengan www Atau Tanpa www.

Hal ini sangat penting jika tidak ingin terjadi duplikasi pada index saat anda melakukan migrasi dan jangka panjang web blog anda. pilih lah salah satu saja dengan www atau tanpa www. Pertanyaan mana yang lebih baik saya belum paham antara dua versi ini. Yang jelas saya memilih dengan menggunakan www anda bisa cek pada browser address diatas.

Seandainya kita tidak melakukan setting pemilihan versi ini Google akan melakukan index pada dua versi tersebut yang bisa menyebabkan terjadi duplikasi title dan konten. Untuk penerapannya sendiri anda bisa menggunakan redirect ke www dan rel canonical seperti yang di jelaskan pada poin – poin berikut ini.

3. Menyiapkan Redirect Permanent Ke Protokol Baru

Untuk memberitahu Google bahwa anda telah menggunakan protokol https anda perlu membuat akses web di redirect secara permanen ke https. jadi ketika di ketik dengan http atau tanpa http pada browser secara otomatis web anda akan di terbuka dengan protokol https.

Hal ini memberi tahu mesin pencari seperti Google, yahoo dan sebagainya untuk melakukan deindex pada protokol lama dan memindahkan ke https. Proses ini bisa berlangsung selama berbulan – bulan sehingga web anda secara keseluruhan di index pada protokol https . Untuk redirect terapkan 301 pada htaccess server anda Untuk kode script bisa di cari referensi lain mengenai bagaimana cara menambahkan script redirect permanent 301 pada file htaccess server hosting Anda.

4. Buat Kanonik Link Pada Url Web Page.

Rel canonical juga berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari bahwa page yang terindex tersebut menggunakan link yang di pilih. Sehingga mesin pencari tidak bingung untuk memilih jenis link yang akan di index. Apalagi dalam page dan post web anda terdapat berbagai variasi link.

Ada cara mudah untuk melakukan setting ini seperti yang saya lakukan yaitu dengan menggunakan plugin Yo*ast. Plugin ini secara otomatis membuat link setiap page telah di pasang rel canonical.

5. Pastikan Semua Unsur Dalam Web Blog Menggunakan Https.

Untuk melakukan uji coba apakah ssl benar – benar aman, biasanya jika anda mengakses web blog anda menggunakan Google chrome akan terlihat tulisan aman pada sebelah kiri web address. Nah jika muncul warning anda bisa melakukan cross check bagian mana yang masih menggunakan protokol lama.

Terkadang java script atau url image anda masih menggunakan protokol lama, untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan update pada url tersebut dengan tujuan semua akses yang terdapat pada web blog anda berada pada https.

6. Buat Properti Baru Pada Google Webmaster

Karena mesin pencari Google merupakan mesin pencari terbaik yang pernah ada, tentu trafik dari search engine Google memiliki potensi pengunjung sangat tinggi. Google telah memudahkan Anda untuk memantau dan mendaftarkan web Anda pada webmaster. Anda perlu membuat properti baru pada Google webmaster dan menambahkan sitemap versi https anda di search console.

Dengan melengkapi langkah ini akan membuat perpindahan web blog anda menjadi lebih mudah untuk di pantau. Hal tersebut juga memberitahu Google bahwa blog anda berpindah dari protokol http ke protokol https.

7. Buatlah Kompres Dan Cache Browser

Protokol https memerlukan beberapa langkah dalam memproses data antara user dan server karena data akan melewati proses enkripsi terlebih dahulu. Hal ini menyebabkan penurunan kecepatan akses jika dibandingkan ketika Anda menggunakan protokol http. Nah untuk mengatasi ini coba lakukan uji coba kecepatan web dengan page speed test Google.
Kecepatan loading web saat di akses oleh pengguna bisa di percepat dengan melakukan kompres. Anda bisa menambahkan script compress dan cache pada file htaccess. Atau melakukan manify pada html dan css yang ada. Untuk caranya bisa menggunakan manual atau dengan menambahkan plugin yang berfungsi untuk memperkecil dan mengatur css dan html anda.

Dengan mempercepat loading web saat di akses melalui desktop maupun handphone maka ranking web di mata seo akan menjadi lebih baik. Lakukan test speed setelah anda melakukan penerapan https tersebut agar web blog anda tetap dalam kondisi speed loading yang tinggi.

Hal lain yang perlu di perhatikan selain dari langkah – langkah diatas adalah adanya plugin atau script iklan yang berada pada protokol http. Perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah semua link atau skrip berada pada jalur https. Hal ini begitu penting mengingat jika web blog yang kita kelola terpasang iklan dengan link protokol http, maka browser akan memberikan warning bahwa web blog belum sepenuhnya secure.

Membuat web yang scure akan meningkatkan kepercayaan user saat mengakses web blog Anda sekaligus menambah poin seo walaupun tidak begitu besar. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara menggunakan protokol https. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Updated: February 16, 2017 — 12:18 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap