Pingin Jadi Penulis Lepas di Internet? Yuk ikuti Tips Berikut Ini

Mungkin kamu saat ini sedang berpikir, gimana sih jadi penulis artikel lepas? Nah pada artikel ini bakal kita ulas cara dan tips menjadi penulis artikel di internet. Apapun tujuan kamu, yang penting mulai dan praktek dulu, jangan terlalu di ambil pusing, bawa santai tapi serius.

Kamu jangan telan mentah – mentah jika ada yang mengatakan bahwa menulis itu butuh bakat. Ya memang kalau ada bakat prosesnya akan cepat, tapi bukan berarti orang yang tak punya bakat menulis tak bisa jadi penulis lho.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa menulis itu kompetensi, ianya bisa dilatih seperti keahlian – keahlian lain. Sebut saja seperti keahlian berenang, keahlian bermain badminton, semakin diasah semakin jago.

Nah agar kamu bisa percaya diri, berikut ini kita ulas satu persatu tips yang bisa menjadikan kamu sebagai seorang penulis lepas online.

1. Jangan pernah takut mencoba, kalau bukan sekarang kapan lagi, bagaimana kemampuan kamu bisa meningkat jika kamu tidak pernah memulai.

Ini kunci pertama, jangan pernah takut mencoba. Kamu harus berani menulis apapun itu hasilnya. Termasuk saya, saya tidak peduli dengan hasil tulisan ini, yang penting saya menulis terus. Bagus enggak-nya nanti belakangan, yang penting praktek praktek praktek.

Saya lebih setuju dengan pendapat bahwa menulis itu kompetensi, semakin dilatih semakin kompeten.

Tidak percaya?

Buat blog sendiri, atau siapkan buku spesial tulisan kamu, isi setiap hari dengan karya mu. Kamu bisa menulis diary, menulis jurnal harian kamu, menulis apapun yang terlintas dipikirkan kamu.

Saya pernah menulis tips tentang bagaimana menulis cepat tanpa edit. Silahkan baca di : Menulis Artikel Dengan Cara Cepat Tanpa Edit, Editing Belakangan

Setelah beberapa kali kamu menulis, kamu akan menemukan gayamu sendiri, kamu akan menemukan dan mengamini bahwa ternyata kamu bisa menulis. Walaupun tulisan kamu belum ada seorang pun yang menilainya. Terus saja praktek, yakinlah bahwa kamu bisa menulis.

Jika kamu memiliki sebuah blog, kamu bakal tahu, mana tulisan kamu yang berkualitas dan enggak, kamu bisa melihat dari posisinya di search engine.

2. Teruslah membaca dan membaca

Langkah selanjutnya setelah kamu mulai praktek setiap hari adalah, kamu harus rajin membaca. Cari artikel yang berkaitan dengan topik yang sedang kamu tulis. Coba cermati gaya tulisan dan penggunaan kosakata sang penulis.

Kamu bisa mencari referensi dari manapun, bisa dari penulis blogger, penulis majalah ataupun koran online, perpustakaan dan lain – lain. Gunakan media apapun itu yang penting kamu bisa membaca.

Mengapa harus membaca?

Dari membaca, kamu akan memperoleh wawasan yang sangat luas, kamu bisa menciptakan karya tulisan kamu menjadi lebih bernilai dan berbobot.

Cuma, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari ketika kamu sedang membaca. Jika kamu sudah memiliki gaya tulisan sendiri, jangan meniru gaya tulisan orang lain, tulis dengan gaya mu sendiri.

Memang pada awalnya semua penulis pemula cenderung mengikuti gaya ke-penulisan orang lain, terkadang mengikuti beberapa gaya penulis yang menjadi panutannya. Itu hal yang wajar, saya sendiri belum tahu apa sih dan bagaimana gaya ke-penulisan itu. Yang penting praktek saja terlebih dahulu.

Nanti seiring waktu, kamu akan menemukan cara yang unik ketik menulis artikel. Kamu akan memiliki gaya sendiri. Sama seperti suara dan karakter ketika kamu berbicara pada orang lain. Tentu setiap orang berbeda bukan? Itulah yang dinamakan gaya tulisan.

3. Ujicoba tulisan kamu dengan cara berikut ini

Nah setelah kamu siap, praktek sudah, memperluas ilmu sudah, sekarang saatnya kamu menguji sejauh mana kemampuan kamu. Apa tujuannya? Jelas sebagai motivasi kamu nantinya. Jika masih perlu diperbaiki, maka tingkatkan lagi kualitas praktek dan wawasan kamu dengan latihan dan membaca.

Bagaimana saya mengujinya?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu ingin menguji hasil tulisan kamu. Kamu bis amenemukan cara sendiri kok, tidak perlu mirip seperti teknik berikut ini, yang penting kamu berani menampilkan tulisan kamu.

  1. Kirim artikel kamu ke media online seperti : Kompasiana.com, jalantikus.com, jpnn.com, hipwee.com
  2. Kamu bisa mencoba untuk membangun blog.
  3. Kamu bisa bergabung pada situs forum online dan media sosial
  4. Ikut lomba
  5. Minta penilaian teman, guru, dosen dll

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mencoba menguji tulisan yang telah kamu buat. Ambil pelajaran baik dari pujian atau masukan dari orang lain. Jadikan sebagai penyemangat kamu untuk menjadikan hasil tulisan menjadi lebih baik.

Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi buat kamu, jika ada tambahan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap