Inilah Plugin Penting yang Paling Sering Digunakan Untuk WordPress

Kita perlu bijak ketika menentukan jenis plugin apa saja yang akan digunakan. Mengapa? Jika kita memasang plugin terlalu banyak, loading web bisa menjadi kurang cepat. Karena jumlah request http akan bertambah banyak. Jadi, semakin sedikit jumlah plugin yang terinstal pada blog Anda, maka semakin sedikit pula request http web/blog kita.

Meskipun sekarang ada beberapa server yang mendukung http2, akan tetapi, saya rasa kita masih perlu untuk meminimalkan jumlah plugin yang terpasang. Ya walaupun Http2 merupakan jenis protokol untuk transfer data sekaligus dalam jumlah yang banyak, jumlah plugin saya pikir masih sangat berpengaruh.

Kita tentu perlu memperhatikan kecepatan blog, karena kecepatan load blog sangat mempengaruhi kualitas SEO. Semakin cepat loading web maka semakin baik pula posisi serp pada mesin pencari.

Selain jumlah dan jenis plugin, faktor yang mempengaruhi kecepatan loading blog adalah jenis theme yang digunakan. Pilihlah jenis theme yang ringan dan simple, bisa premium atau pun yang gratis terlebih dahulu. Beberapa waktu yang lalu, saya telah membuat posting tentang tips memilih theme wordpress, silahkan Anda baca pada link berikut ini.

Baca juga : Tips Memilih Theme WordPress Yang Menarik Dan Tepat Untuk Blog Anda

Coba saja Anda test blog Anda dengan menggunakan tool webpagetest.org. Masukkan link blog Anda lalu test dengan server singapura. Jika blog kita berbahasa Indonesia server singapura merupakan server terdekat untuk melakukan test kecepatan. Nah disana tertera berapa jumlah request http, tertera berapa waktu yang dibutuhkan untuk request masing – masing http data server ke browser.

Berikut plugin penting yang sering digunakan

Karena wordpress begitu popular dan open source, maka banyak sekali jenis plugin yang tersedia. Kita tidak perlu lagi melakukan koding, semua sudah ditangani dengan baik oleh masing – masing plugin.

Karena jumlah plugin itu banyak sekali, kita jadi bingung. akan tetapi, jika diteliti, hanya beberapa plugin saja yang paling sering digunakan.

1. Yoast Seo

Plugin Yoast Seo Sering Untuk WordPressPlugin yoast seo didownload lebih dari 1 juta pengguna wordpress. Plugin ini menawarkan berbagai macam setting untuk tujuan Seo blog. Banyak webmaster dunia yang mempercayakan urusan seo dengan menggunakan plugin ini. Saya rasa Anda wajib menggunakannya.

Semua dari kita tentu ingin blog kita tampil baik di mesin pencari kan? Nah, Plugin ini mampu melakukan beberapa setting utama seperti struktur premalink post, page title, snipert, breadcrumb, menunjukkan score seo saat menulis artikel dan berbagai jenis pengaturan lengkap lainnya.

Untuk mendapatkan tutorial bagaimana menggunakan plugin yoast ini, Anda bisa searching di internet. Banyak sekali rekan – rekan blogger yang telah membuat tutorial tentang bagaimana cara mengatur plugin ini.

2. Akismet

Plugin Akismet Sering digunakanAnda tentu sering menemui artikel yang terdapat form komentar. Memang agar blog lebih interaktif kita harus mengaktifkan komentar. Sehingga, pembaca bisa memberikan masukan atau tambahan ilmu pada artikel yang dikomentari.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengaktifkan komentar pada setiap posting blog. Namun terkadang ada komentar sp^m yang bisa berbahaya untuk blog Anda. Nah inilah fungsi plugin Akismet. Plugin ini secara otomatis bisa mendeteksi apakah komentar tersebut berbahaya atau tidak melalui filter database mereka.

Prinsipnya ketika ada visitor atau pembaca yang meninggalkan komentar, komentar tersebut terlebih dahulu melewati filter oleh akismet. Jika masuk dalam kategori aman, maka komentar tersebut bisa ditampilkan atau di moderasi terlebih dahulu oleh pemilik blog. Jika tidak aman, plugin akismet akan menghapus komentar berbahaya tadi secara otomatis.

Dengan bantuan plugin ini, kita bisa menjadi lebih aman dan nyaman dalam aktivitas blogging, komentar yang masuk kedalam filter Akismet, bisa secara otomatis di blok oleh plugin ini.

3. Wp Super Cache

Plugin Super Cache Sering digunakanFaktor yang paling penting agar blog Anda memiliki nilai user experience yang tinggi adalah kecepatan loading. User experience adalah pengalaman pengunjung. Jika blog Anda sangat cepat saat dibuka (loading cepat), sudah tentu blog Anda akan disukai oleh pembaca, pembaca akan berlama – lama di blog Anda dan rajin  membuka artikel yang lain pada blog Anda. Efeknya bot mesin pencari akan menyukai blog Anda.

Itulah mengapa hari WP Super Cache yang berfungsi untuk mempercepat kinerja website Anda. Plugin ini menggunakan chace statik dari server yang Anda gunakan.

4. Wp Smush

Plugin Wp Smush Sering digunakan

Artikel blog yang dilengkapi dengan gambar tentu lebih menarik, terutama blog yang bersifat tutorial. Biasanya, blog tutorial memiliki panduan berupa gambar atau sekedar pelengkap. Jika terlalu banyak, dapat mengakibatkan loading blog menjadi tidak cepat

Mengapa plugin ini penting? Plugin Wp smush berfungsi untuk melakukan kompres ukuran file gambar yang Anda upload, akan tetapi tidak mengurangi penampilan gambar tersebut. Sehingga tampilan gambar tetap ngejreng seperti biasa.

Jika Anda menggunakan hosting dengan limit space tertentu, plugin ini mampu mengurangi ukuran file store di server hingga 90%. Nah tentu banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh dengan menggunakan plugin ini.

Setiap kali Anda mengunggah gambar, plugin ini secara otomatis akan melakukan kompres, jadi pekerjaan Anda bisa cepat dan efisien.  Walaupun demikian, Anda harus mengatur ukuran resolusi gambar agar sesuai dengan artikel Anda.

5. Social Media Share Button

Ada banyak sekali jenisnya, jadi Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan Anda. Seperti add to any, social walfare dll. Sewaktu artikel ini saya tulis, saya masih menggunakan plugin Add to any untuk menampilkan tombol share.

Agar artikel kita cepat terkenal dan bisa mendapatkan rangking yang bagus di search engine, maka faktor social signal memberikan dampak yang lumayan. Pendapat ini saya kutip dari beberapa posting rekan – rekan blogger yang lain.

Itulah tadi beberapa plugin yang paling sering digunakan di wordpress. Memang pada masa belajar membuat blog wordpress, kita selalu mencoba berbagai macam jenis plugin. Akan tetapi, ada dampak yang tidak baik, yaitu kecepatan loading blog bisa tidak secepat ketika kita menggunakan jumlah plugin yang sedikit.

Semoga artikel diatas dapat membantu Anda untuk menentukan jenis plugin apa saja yang baik untuk blog wordpress Anda. Salam sukses selalu.




Updated: June 22, 2017 — 2:00 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap