Melirik Potensi Blog Untuk Generasi Muda Dan Bisnis

Potensi Blog

Karena kita akan membahas potensi blog, maka ada baiknya kita melihat bagaimana perkembangan internet saat ini, baik dari segi pertumbuhan jumlah penggunanya dan bagaimana perkembangan teknologi internet itu sendiri. Dengan demikian kita bisa menganalisa seberapa besar potensi yang dimiliki oleh sebuah blog dengan baik dan jelas.

Pengguna internet di indonesia ini termasuk tinggi. Dari data yang di publish oleh beberapa artikel mengatakan bahwa ada sekitar 100 juta lebih pengguna internet aktif. Dan angka ini terus tumbuh dari waktu ke waktu. Dari sini saja kita sudah bisa melihat betapa besar potensi yang dimiliki jika blog Anda mampu menguasai mesin pencari.

Tak ayal vendor handphone terus berlomba mengusung teknologi baru, mereka berlomba menawarkan kecepatan akses dan lain sebagainya. Ini potensi bagi mereka para vendor. Lalu bagaimana potensinya untuk sebuah blog. Sama saja, ada celah potensi bisnis yang sangat besar dengan perlombaan seperti ini.

Jika kita mau jeli memperhatikan kesempatan ini, maka ada beberapa peluang yang bisa kita kita raih. Syaratnya kita tahu dulu ilmunya, bagaimana teknik analisa, bagaimana teknik mengembangkan sebuah blog, dan ilmu blogging lainnya. Ini semua bisa dipelajari asalkan kita memiliki niat untuk belajar, dan mau trial and error hingga akhirnya sukses dalam pelaksanaannya.

Memang ada modal yang dibutuhkan, bukan hanya modal uang, modal pikiran juga sangat diperlukan dalam membangun sebuah blog. Dalam posting artikel saya juga sering mengatakan bahwa, membuat blog itu mudah, tidak sulit. Akan tetapi membuat blog hingga memiliki visitor ramai itu yang tidak mudah. Semua itu butuh usaha dan tekat yang kuat agar berhasil.

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Sebagai generasi muda, sudah tentu harus bisa melihat peluang. Apalagi jika Anda masih muda akan memiliki waktu yang panjang, sehingga merintis sebuah usaha yang bersifat investasi bisa menjadi model usaha yang menjanjikan. Selagi Anda masih muda, usahakan untuk selalu berfikir bagaimana agar bisa berhasil secara financial pada usia muda, sehingga Anda bisa menjadi contoh yang baik bagi orang lain.

Ada banyak juga yang sukses pada usia 20an, karena mereka para generasi muda mampu untuk berfikir cepat dan jeli menangkap peluang. Silahkan Anda cari dan baca informasi lengkap lainnya di internet. Tentang kisah – kisah para entrepreneur muda di luaran sana.

Kembali lagi soal blog, bagaimana sebuah blog bisa memberikan peluang yang tinggi? jawabannya bisa ribet dan simple. Untuk jawaban simple, yaitu buatlah konten – konten yang bermanfaat. Bagikan ilmu pengetahuan atau informasi yang menarik untuk dibaca. Karena saat ini konten menarik merupakan dasar yang harus dikuasai agar blog Anda mampu memiliki potensi yang baik.

Banyak manfaat yang akan diperoleh jika mampu membuat blog dengan tepat. Tepat artinya memiliki tema yang berpotensi bisnis tinggi, atau justru mampu memenangkan persaingan. Memenangkan persaingan artinya mampu untuk tampil terbaik di mesin pencari.

Potensi Blog Untuk Bisnis

Masyarakat modern lebih suka hal yang praktis, itulah alasannya mengapa bisnis internet terus berkembang. Hal praktis seperti berbelanja, membaca informasi, mengelola data, komunikasi, semua itu bisa dipermudah dengan dukungan teknologi internet.

Membaca berita yang dulu populer lewat media kertas koran, sekarang dengan mudah dibaca lewat media online. Gadget sudah bisa dibeli dengan murah, paket internet pun semakin murah. Dan perlahan – lahan portal berita sudah berpindah ke media online.

Trend e-commerce juga berkembang pesat. Banyak kisah pendiri e-commerce yang sukses. Walaupun jika kita bandingkan dengan luar negeri, angka perkembangan ini masih jauh tertinggal.

Perkembangan teknologi seperti ini tidak bisa kita hindari. Sehingga, kita perlu untuk pintar dalam mencari peluang yang ada.

Bagaimana sebuah blog bisa di konversi menjadi bisnis?

Membuat blog memang butuh waktu, tidak instan, dan butuh konsistensi yang tinggi. Nah Ketika blog dibanjiri pengunjung dan semakin populer, maka pemilik blog bisa memonetize blog nya dengan berbagai cara. Seperti, dengan menyediakan space iklan, jadi sales produk bisnis, menyediakan produk sendiri, atau disponsori oleh perusahaan. Itu semua bisa diperoleh dengan catatan blog memiliki trafik yang bernilai bisnis tinggi.

Blog yang terus update menyajikan informasi menarik biasanya akan terus tumbuh. Ini merupakan pekerjaan yang berat. Akan tetapi ketika profit sudah bisa diraih pekerjaan ini malah menjadi ringan karena Anda bisa menyewa jasa penulis untuk update artikel blog Anda.

Sebenarnya membangun blog yang baik itu butuh team, sehingga Anda bisa membagi tugas agar pekerjaan menjadi lebih mudah. Mungkin Anda membutuhkan seorang ahli IT yang terus memantau keamanan website Anda dari orang – orang yang tak bertanggung jawab. Atau Anda mungkin saja membutuhkan seorang ahli SEO yang akan mempromosikan melalui search engine dan media sosial lainnya.

Itulah mengapa biasanya blogger yang telah sukses memiliki team yang cukup dan ahli dalam bidangnya masing – masing. Nah bagi pemula sabar saja dulu, kita bisa belajar bagaimana untuk menangani hal tersebut diatas. Setelah blog Anda mampu meraih income yang memadai, tidak ada salahnya Anda membentuk team yang bertugas sesuai dengan bidangnya.

Agar lebih mudah, berikut ini kita bagi saja apa potensi blog bagi generasi muda berdasarkan judul yang telah saya tulis.

A. Sebagai Ajang Untuk Memperkenalkan Diri

Blog bisa menjadi tempat menunjukkan bakat Anda, karena kemampuan menulis bisa menjadi cermin bagaimana kemampuan Anda berbicara. Bagi sebagian perusahaan, ada yang melihat profil calon pelamar kerja dari foot print mereka di internet.

Nah ketika Anda mampu menunjukkan bakat, wawasan dan ilmu pengetahuan Anda di media online, maka bisa menjadi poin plus dan meningkatkan peluang untuk diterima kerja pada perusahaan ternama.

Seperti yang sering kita dengar, kepercayaan itu mahal harganya. Dengan blog Anda bisa membangun kepercayaan tersebut. Ketika konten yang Anda sajikan memiliki kualitas yang baik, maka Anda bisa membangun kepercayaan yang kuat.

B. Media Untuk Mempromosikan Bisnis

Jika Anda memiliki skill tertentu dan berniat untuk dijadikan bisnis, blog bisa menjadi solusi. Ini juga termasuk potensi yang ada. Bagaimana caranya? Tulis artikel tentang pengetahuan atau skill Anda tersebut. Ketika banyak pembaca yang tertarik. Anda bisa menjadikan hobi anda tersebut menjadi sebuah bisnis.

Dengan pembahasan yang rinci, biasanya blog jenis ini memiliki pembaca setia. Pembaca lebih suka pada blog yang fokus. Perlu Anda ketahui bahwa ada 2 jenis blog yang sering dibahas oleh teman – teman blogger lain, yaitu blog niche dan blog gado – gado.

Blog niche adalah blog yang membahas secara rinci pada satu jenis tema, sedangkan blog gado – gado, cenderung lebar karena biasanya membahas banyak tema. Memang ada kelebihan dan kekurangan dari masing – masing jenis blog tersebut. Anda bisa menganalisa terlebih dahulu, jenis blog seperti apa yang ingin Anda pilih.

C. Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis sama dengan kemampuan lain. Artinya, kemampuan menulis bisa dilatih. Saat pemilik blog rajin menulis artikel, secara tidak sadar kemampuan menulis menjadi semakin meningkat. Anda semakin mudah menyusun sebuah artikel. Mengerti mana konten yang berkualitas dan yang tidak.

Banyak yang mengatakan bahwa, gaya menulis artikel untuk blog itu berbeda. Menurut saya ada benarnya juga. Yang penting tetap gunakan bahasa yang benar, dan disesuaikan dengan target pembaca Anda.

D. Sebagai Media Untuk Kegiatan Marketing

Blog yang tertarget dan memiliki jumlah visitor tinggi sudah tentu bisa dijadikan sebagai ajang marketing. Ini yang sering disebut dengan internet marketing. Dengan menggunakan media blog kegiatan internet marketing bisa berjalan dengan murah dan mudah. Akan tetapi blog harus memiliki pondasi yang kuat terlebih dahulu. Pondasi yang kuat seperti jumlah konten yang banyak dan memiliki authority yang tinggi di mesin pencari Google.

Apalagi jika Anda menguasai bahasa inggris dengan baik, blog mampu mencapai wilayah manapun asalkan wilayah tersebut ada koneksi internet. Semakin Anda pintar menyajikan informasi menarik, semakin tinggi peluang blog Anda untuk popular.

Jadi biasakan untuk menulis artikel bermanfaat, utamakan pengunjung dan pembaca. Berikan solusi jawaban atau ilmu yang menarik bagi pembaca. Itu sudah menjadi poin hebat bagi kemajuan sebuah blog.

Baca juga : Apa Saja Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Bisa Didapat

Kesimpulan :

Potensi blog untuk generasi muda memang ada banyak sekali yang tidak bisa saya sebutkan semuanya. Saya juga yakin bahwa, anda juga mampu untuk menganalisa sendiri tentang apa saja manfaat dan potensi yang bisa didapatkan dengan membangun blog yang tepat.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memberikan gambaran apa saja potensi blog untuk generasi muda. Dan jika ada pendapat lain silahkan tuliskan pada form komentar dibawah ini. semoga membantu.




Updated: May 6, 2017 — 3:16 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap