Prospek Lulusan Sarjana Teknik Sipil di Dunia Kerja

Peluang Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan cabang ilmu yang sudah tua, cabang ilmu teknik sipil ini sudah ada sejak 4000 SM, dimana pada waktu itu sarana transportasi telah dibutuhkan untuk keperluan pembangunan masa itu. Sebagai contoh bangunan piramida yang masuk kedalam kategori struktur di bidang teknik sipil ini, kemudian pada tahun 1800 istilah teknik sipil ini muncul untuk membedakan kategorinya.

Dunia Teknik Sipil memang dunia yang sangat menarik sekaligus menantang, diperlukan daya analisa yang tinggi serta mampu untuk menjadi seorang problem solving. Sebagai contoh : Seorang engineer harus mampu melakukan analisa kelayakan, analisa ekonomi teknik, melakukan manajemen dan lain sebagainya.

Pekerjaan seperti itu sudah menjadi hal yang sangat lumrah di dunia Teknik Sipil. Itulah tadi mengapa saya mengatakan bahwa, teknik sipil memang bidang ilmu yang sangat menarik untuk digeluti. Nah bagi Anda yang suka dengan problem solving dan hitung – hitungan, Jurusan teknik sipil memang cocok untuk Anda.

Pertanyaan yang sesuai dengan judul artikel ini adalah : adakah mahasiswa teknik sipil yang menganggur setelah menyelesaikan kuliahnya?  Topik ini menarik untuk diperbincangkan bagi calon mahasiswa teknik sipil. Pertanyaan ini sebenarnya tidak hanya untuk jurusan teknik sipil saja, melainkan untuk jurusan lainnya. Seperti yang kita lihat sekarang, banyak mahasiswa S1 yang masih dalam tahap mencari kerja.

Hal ini tak terlepas dari bagaimana kemampuan pribadi masing – masing dalam memanfaatkan kesempatan yang ada, baik itu ketika masih dalam bangku kuliah, atau dalam berlomba memanfaatkan peluang dalam dunia kerja. Sebenarnya ada satu hal yang penting untuk di tekankan, sejauh mana anda serius ketika dalam masa kuliah, seberapa banyak ilmu yang telah anda serap? Seberapa besar niat anda dalam mengembangkan potensi diri sesuai keahlian masing – masing jurusan. Lebih tepatnya, ketika seorang mahasiswa teknik sipil dalam masa kuliah yang dijalani serius, serta terus mengasah skill, maka tidak ada jalan untuk tidak bekerja. Bagaimana tidak, jika serius saat kuliah maka IPK anda akan berhasil diatas standard, skill juga anda miliki, ini yang dicari di tempat kerja atau pun anda akan mampu untuk berwiraswasta.

Seorang engineer atau teknik sipil mempunyai standar gaji yang tergolong tinggi diluar negeri, untuk di Indonesia sendiri admin belum tahu. Diluar negeri lulusan teknik sipil gajinya sekitar 23.000 euro per tahun. Pekerjaan bagi seorang teknik sipil juga bervariasi tergantung dari tempat anda bekerja. Misalnya anda akan dituntut untuk bepergian kesana – kemari untuk melakukan survey proyek, atau mengambil data proyek yang sedang anda jalankan.

Lulusan teknik sipil juga bisa bekerja diluar bidang teknik, sebagai contoh menjadi seorang pebisnis, hukum, jurnalis atau bekerja di bidang pendidikan. Ada banyak peluang diluar sana yang bisa dimanfaatkan. Dengan demikian, semua itu tergantung dari pribadi masing – masing apakah mau untuk mengembangkan diri, melakukan inovasi dan mengambil peluang yang ada.

Perkembangan ilmu teknik sipil saat ini juga semakin maju, terutama bisa kita lihat dari perkembangan yang ada di luar negeri. Banyak sekali inovasi baru yang terus dikembangkan oleh para engineer. Untuk itu sebagai lulusan Teknik Sipil Anda harus mampu untuk mengikuti perkembangan tersebut. Tujuannya agar kita bisa bersaing di kancah global.

Coba Anda lihat bagaimana perkembangan dunia konstruksi saat ini. Sebagai contoh pemanfaatan teknologi Cloud BIM yang mampu membangun gedung bertingkat dalam waktu yang relatif cepat. Menggunakan sistem pabrikasi, sehingga lebih efisien dan sangat ramah lingkungan. Perkembangan seperti ini sudah sepantasnya menjadi lomba bagi para engineer untuk bisa bersaing secara global.

Kembali lagi membahas apa saja prospek lulusan sarjana teknik, sebenarnya tidak bisa saya sebutkan semua,akan tetapi secara garis besar dan umum, peluang yang bisa kita raih adalah sebagai berikut.

Berikut ini daftar yang bisa dijadikan referensi pekerjaan apa saja setelah lulus teknik sipil.

1. Menjadi kontraktor
2. Bekerja di instansi pemerintah contoh : Dinas Pekerjaan Umum
3. Menjadi Konsultan Pengawas
4. Menjadi Konsultan Perencana
5. Pejabat pemerintahan
6. Pengusaha di berbagai bidang
7. Dan masih banyak lagi peluang yang lainnya

Setelah membahas sebagian prospek teknik sipil diatas, sekarang tinggal anda yang mencerna dan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai prospek lulusan teknik sipil. Akses internet sekarang ini semakin mudah, baca informasi tentang teknik sipil sebanyak mungkin. Temukan inovasi baru, lakukan analisa pada perkembangan yang ada.

Karena teknik sipil itu identik dengan perhitungan maka calon mahasiswa teknik sipil itu harus lancar di bidang berhitung alias matematika, atau setidaknya memiliki bekal kemampuan berhitung saat di bangku sekolah, so manfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya ketika belajar di bangku sekolah. Karena nanti di masa perkuliahan akan banyak sekali berhadapan dengan rumus – rumus yang lumayan, terutama mata kuliah struktur. Jadi jangan sampai nanti di waktu kuliah bilang begini “Lho banyak angka ajaib”. Manfaatkan juga waktu yang ada untuk terus mengembangkan diri dalam menghadapi dunia persaingan.

2 Comments

Add a Comment
  1. Citacita masa kecil dulu mas, kalau mau mulai dari sekarang kayaknya sudah terlambat, soalnya sudah kepala 2 lebih setengah 😀 haha
    Salam

    1. Haha, kalau ada kemauan ada jalannya kok mas, di kampus saya malah ada yang kepala 3 lebih baru mulai.. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap