Rajin Menulis? Berikut Ini Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan

Manfaat MenulisSebagian besar dari kita tentu pernah menulis. Namun tahukah Anda apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan tulis menulis? Jika belum ayo sama – sama kita lihat apa saja manfaatnya. Semoga dengan mengetahui apa saja manfaatnya, bisa membuat Anda semakin termotivasi untuk rajin menulis dengan mencetuskan karya – karya tulisan terbaru Anda.

Tidak harus menulis buku yang tebal atau menulis novel terlebih dahulu, menulis bisa saja dimulai dengan tulisan ringan saja terlebih dahulu, seperti tulisan tentang diary, tulisan tentang poin – poin penting, atau tulisan tentang catatan ide – ide Anda. Jadi kegiatan menulis apapun itu ternyata bisa mendatangkan manfaat yang luar biasa untuk Anda.

1 . Membuat Otak Menjadi Semakin Cerdas

Mengapa? Ketika kita melakukan aktivitas menulis biasanya otak sedang berfikir secara aktif. Selalu mencari keterkaitan antara satu ide dengan ide lainnya yang ada di pikiran. Membuat berbagai macam kesimpulan yang saling terkait antara satu dan yang lainnya. Itulah kehebatan menulis, semakin aktif kita menulis maka semakin baik untuk otak kita.

Seorang penulis tentu rajin membaca, hal ini juga membuat otak menjadi semakin cerdas, karena dengan membaca seorang penulis bisa mendapatkan wawasan yang sangat luar biasa. Bisa menemukan banyak sekali ide – ide brilian yang baru, kemudian menuangkan ide tersebut kedalam bentuk bahasa tulisan.

Otak juga butuh latihan, sama seperti latihan fisik lainnya seperti otot, dimana perlu latihan senam agar lentur dan kuat. Begitu juga dengan daya pikir. Perlu dilatih, caranya bagaimana? Ya tentu dengan berlatih berpikir secara aktif, berlatih melakukan analisa, melakukan kesimpulan, Menulis bisa menjadi metode yang baik untuk melatih daya pikiran kita menjadi semakin cerdas.

2. Mudah Menemukan Ide Atau Inovasi

Kebiasaan seorang penulis adalah berpikir. Sebagai contoh, coba perhatikan bagaimana pikiran Anda ketika menulis. Tentu berusaha mencari cara bagaimana mencari kosakata yang tepat, bagaimana penyampaian idenya dll. Nah kebiasaan seperti ini membuat kita semakin mudah untuk menemukan ide baru.

Otak menjadi selalu pintar dalam mencari solusi, selalu saja ada ide – ide baru yang bakalan muncul ketika kita aktif menulis. Sama seperti otot, tentu butuh latihan agar kuat, begitu juga dengan otak, selalu dilatih untuk berpikir agar menjadi pintar dan cerdas dalam menemukan ide baru.

Anda tentu setuju bahwa ide dan inovasi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam bisnis. Banyak sekali para pebisnis yang bisa sukses ketika mampu melakukan sentuhan inovasi. Mampu menemukan berbagai macam ide brilian yang memberikan pembeda dari pebisnis lain.

3. Kemampuan Menulis Jadi Meningkat

Ya, seperti nasehat yang selalu ditulis oleh para penulis handal di luaran sana bahwa, menulis itu butuh latihan. Bukan bakat yang katanya bawaan dari lahir. Sebenarnya menulis itu sama seperti keahlian lain yang bisa dilatih. Dengan terus menulis tentu bisa membuat Anda semakin terbiasa menulis. Pernah dengar pepatah “bisa karena biasa”? itulah mengapa  anda perlu membiasakan diri untuk menulis. Tujuannya Agar Anda bisa menulis karena terbiasa.

Semakin rajin Anda menulis, maka semakin cepat pula kemampuan Anda menguasai keahlian menulis. Silahkan praktek secara rutin dengan mengatur jadwal, tulis apa saja yang ingin ditulis. Selalu membaca karya orang lain, selalu mencari referensi untuk mengembangkan kemampuan Anda.

4. Meningkatkan Keahlian Berbahasa

Kegiatan menulis sangat erat kaitannya dengan keahlian berbahasa. Sebagai contoh ketika Anda menulis artikel, tentu Anda mencari bahan, mencari referensi lengkap, kemudian menyimpulkan sesuai dengan hasil analisa Anda. Nah disini sebenarnya secara tidak sadar kita sedang belajar bagaimana cara menyampaikan ide atau gagasan kedalam bentuk bahasa tulisan. Secara otomatis termasuk dalam keahlian komunikasi atau berbahasa tadi.

Semakin lama pengalaman Anda menulis dapat berdampak pada kemampuan Anda ketika berbicara. Anda bisa mengerti, kapan menggunakan kalimat aktif, pasif, dll sesuai dengan keadaan. Karena memang saat menulis Anda selalu berusaha untuk menyusun dan memilih kalimat yang tepat.

5. Membentuk Kepribadian Menjadi Lebih Baik

Seorang penulis biasanya aktif mencari informasi yang terkait dengan apa yang sedang ditulis. Selalu berusaha agar setiap kata atau kalimat yang disusun mudah dipahami oleh orang lain. Sehingga seorang penulis biasanya selalu mencari cara dan solusi, mencari bagaimana cara agar tulisan yang dibuat bisa berkembang dari waktu ke waktu. Kebiasaan mencari solusi membuat seseorang lebih aktif mengembangkan kepribadian.

Penulis yang aktif biasanya membuat jadwal. Jadwal bisa berupa kapan saatnya menulis, melakukan editing, merevisi, dan kapan waktunya untuk membaca artikel orang lain. Itulah mengapa kegiatan menulis ternyata bisa memupuk kepribadian menjadi lebih baik, dengan disiplin, baik dari segi ilmu maupun penerapan setiap hari.

Rata – rata orang yang sukses itu disiplin. mau melaksanakan aktivitas sesuai dengan apa yang telah dibuat. Menjadi seorang penulis ternyata mampu melatih diri untuk disiplin. Apalagi ketika Anda menetapkan jadwal kapan saat menulis, membaca revisi dll seperti yang telah saya sebutkan diatas.

6. Menulis Membuat Anda Lebih Produktif

Seorang penulis aktif biasanya mencari cara agar ide selalu muncul. Berbagai cara yang dilakukan, mulai dengan membawa catatan kecil di saku, kemudian mencatat apapun yang terlintas di pikiran. Dari catatan kecil ini biasanya muncul ide yang kemudian menjadi karya yang luar biasa.

Seseorang penulis bisa dikatakan produktif jika mampu selalu berkarya dengan memanfaatkan waktu untuk membuat tulisan yang bermakna. Selalu bisa mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik, mampu mengambil kesimpulan secara bijak dari setiap tulisan yang dibuat. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin merupakan contoh manfaat bagaimana seorang penulis bisa menjadi lebih produktif.

7. Membantu Orang Lain

Kemudahan akses internet sekarang ini sangat membantu kehidupan manusia. Segala macam keperluan seperti mencari informasi atau ilmu pengetahuan sudah tersedia dengan lengkap. Contoh seseorang bisa dengan mudah belajar bagaimana cara budidaya ikan dengan membaca artikel di internet. Ibu – ibu bisa memasak masakan yang enak karena melihat resep yang ada di internet. Dari mana karya – karya itu? tentu dari para penulis kan? Nah itulah mengapa menulis sebenarnya bisa membantu orang lain.

Membantu orang lain merupakan pekerjaan yang mulia. Tidak harus dengan uang, dengan ilmu kita juga sudah membantu orang lain. Lewat tulisan yang bermanfaat kita bisa membantu orang lain. Jadi buatlah artikel yang bermanfaat. Artikel yang mampu memberikan dampak positif bagi orang lain.

Pelajari juga kode etik jurnalisme, jangan sembarangan menerbitkan artikel atau karya tulis Anda. Ada kode etik yang harus dipatuhi. Tidak semua jenis konten bisa di publish ke media, baik online maupun offline. Yang penting tujuan utama kita membuat konten adalah bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Bisa memberikan gagasan atau ide – ide baru untuk kemajuan bersama

Baca Juga : 8 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda Agar Lebih Baik

Kesimpulan :

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menulis secara aktif. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, menulis bukan berarti harus membuat karya yang besar terlebih dahulu. Menulis bisa dimulai dengan mencatat hal kecil, kemudian dilanjutkan dengan membuat karya yang sesuai dengan keinginan Anda.

Mulai lah menulis, karena memang menulis bisa dikuasai oleh siapapun, ia berupa kompetensi yang bisa diasah, bukan bakat seperti kepercayaan orang selama ini. Agar Anda bisa secepatnya praktek menulis, tulis saja apapun itu, mulailah berkarya agar Anda cepat berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap