Riset Keyword Merupakan Keahlian Penting Bagi Pebisnis Online

Keahlian bisnis onlineRiset kata kunci merupakan keahlian yang begitu penting bagi pebisnis online. Karena dengan melakukan riset, kita dapat mengetahui potensi pasar yang ada.

Apa itu keyword atau “kata kunci“?

Keyword atau kata kunci adalah kata – kata yang diketik oleh para pengguna intenret ketika mencari sesuatu di mesin pencari.

Contohnya begini. Misalkan Anda ke Google, lalu mengetik kata kunci “cara bisnis online”. Cara bisnis online inilah yang disebut kata kunci atau keyword.

Perlu diketahui bahwa, pengguna internet yang ada sekarang ini terus mengalami pertumbuhan. Hal inilah yang membuat potensi bisnis yang ada sangat besar. Dan, kita harus pintar mencari peluang yang ada.

Ada 2 analisa penting yang harus kita lakukan :

  1. Jumlah pencari => Yaitu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang sedang Anda tinjau.
  2. Tingkat persaingan => Yaitu jumlah persaingan yang ada pada mesin pencari tersebut.

Dari 2 data diatas, kata kunci yang memiliki potensi bisnis adalah kata kunci dengan jumlah pencarian yang tinggi namun memiliki tingkat kompetisi yang rendah.

Terutama bagi pebisnis online yang mengandalkan trafik dari mesin pencari atau iklan dengan menggunakan Google Adword, mak riset kata kunci dapat membuat promosi bisnis anda dapat berkembang dengan pesat

Apa tujuan Melakukan riset keyword?

Dari apa yang dijelaskan diatas tadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa, riset keyword bertujuan untuk menemukan pasar yang berpotensi tinggi.

Misalkan Anda bergerak dibidang jasa pariwisata. Selanjutnya Anda cari kombinasi keyword yang ada yang masih minim persaingan namun dengan tingkat pencarian yang tinggi.

Walaupun memang benar, sekarang ini untuk keyword bernilai tinggi sudah sangat banyak saingan. Disinilah letak strategi yang harus Anda terapkan, Anda harus belajar bagaimana mencari peluang dengan menarget long tail keyword terlebih dahulu.

Berikutnya ada beberapa tujuan melakukan riset keyword antara lain adalah :

1. Mendapatkan gambaran mengenai jumlah pencarian

Dalam perusahaan besar dikenal dengan istilah big data, mereka memiliki data yang lengkap mengenai apapun terkait bisnis mereka. Begitu juga dengan bisnis online, analisa keyword merupakan usaha untuk mengumpulkan data.

Dari apa yang telah dijelaskan diatas tadi bahwa, jumlah pencari dapat memberikan gambaran secara real dan Anda dapat mengetahui langkah yang harus dilakukan. Terutama bagi yang mengandalkan trafik dari search engine, baik itu dengan menggunakan metode blog, website atau iklan di Google Adword.

Dengan teknologi internet dan komputer, Anda dapat mengetahui dengan cepat jumlah pencari keyword yang ingin diteliti. Tidak perlu survey offline door  to door seperti cara konvensional, cukup dengan menggunakan Google Keyword Planner dan Google trend saja.

2. Mengetahui Trend yang Terjadi Secara Cepat

Riset keyword dapat membantu Anda menemukan trend, Anda dapat mengetahui apa saja yagn sedang menjadi kegemaran konsumen. Biasanya trend berubah dan mengikuti perkembangan zaman.

Nah, dengan riset keyword, Anda dapat dengan mudah memantau perubahan yang terjadi.

Mungkin Anda bertanya, Apa sih tool yang digunakan untuk melakukan riset Trend?

Siapa yang tak kenal dengan Google, Mesin pencari raksasa terbesar di dunia, canggih dan sangat terdapat di bidang teknologi.

Nah, Google memiliki tool yang memberikan informasi tersebut, silahkan Anda akses Google Trend, lalu coba lihat apa saja trend yang sedang terjadi, selanjutnya perhatikan apakah ada data yang terkait dengan bisnis Anda.

Dengan mengetahui trend, peluang promosi Anda menjadi lebih mudah. Karena masyarakat sangat suka dengan produk yang selalu berinovasi.

Namun itu semua tergantung dari jenis produk atau jasa yang Anda jalankan. Masing – masing bisnis tentu punya kriteria sendiri.

3. Mengetahui tingkat persaingan

Dengan melakukan riset keyword, Anda dapat mengetahui jumlah persaingan pada keyword yang Anda teliti. Tujuannya pun untuk memudahkan Anda membuat perencanaan promosi.

Pilih dan carilah metode terbaik agar bisnis Anda dapat berkembang pesat. Cari cara promosi marketing yang optimal dengan memanfaatkan platform internet seperti Google Adword.

Bagaimana cara melakukan riset keyword?

Ada berbagai cara yang biasanya dilakukan untuk melakukan riset keyword. Cara yang paling umum yaitu dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Silahkan Anda teliti keyword yang akan Anda jadikan target bisnis atau keyword yang sesuai dengan binsis Anda sekarang ini. Temukan data pencari dan cari juga jumlah kompetisi yang ada.

Baca juga : Bisnis Online yang Menjanjikan dan Bisa Dikerjakan Sampingan

Kesimpulan :

Riset keyword memang penting dan merupakan keahlian atau skill yang mendukung kesuksesan bisnis online. Semoga artikel ini dapat membantu Anda sukses berbisnis. Jika ada saran atau pertanyaan silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: December 29, 2017 — 9:09 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap