Solusi Dan Pentingnya Internet Kuota Unlimited Bagi Blogger

Koneksi Internet Blogger

Membangun sebuah blog tentu membutuhkan koneksi internet. Kemudian, ada banyak jenis paket yang disediakan oleh provider, nah yang paling cocok untuk seorang blogger itu yang mana? menurut saya sih yang unlimited. Soalnya saya mengalami sendiri dengan koneksi yang belum unlimited. Banyak kegiatan blogging tidak bisa dilakukan, seperti memperbanyak blog walking, mencari referensi, membuka tutorial, dll.

Akan tetapi, kita masih tetap bisa membangun blog dengan kuota terbatas. Contoh saya sendiri, menggunakan kuota 8 Giga perbulan, saya jatah pemakaian sehari hanya sekitar 250 an MB saja. Dengan cara seperti itu, saya jadi terbiasa untuk membuka internet hanya keperluan yang penting saja.

250 MB setiap hari untuk aktivitas update artikel saya rasa malah lebih dari cukup. Asalkan konten yang di upload cuma berisi text saja, dan beberapa image dengan resolusi biasa. Mungkin berbeda lagi jika blog Anda memang menyediakan konten dengan ukuran file yang besar – besar.

Memang dengan kuota sebesar itu terasa kurang bebas ketika ingin menjelajahi forum untuk diskusi atau kegiatan riset keyword. Untuk share link saja rasanya sayang, seperti buang – buang kuota. Ya, agar kuota 250 MB setiap hari cukup, mau tidak mau harus hemat agar aktivitas utama membangun konten blog bisa tetap berjalan lancar. Anda tentu sering mendengar bahwa konten is the king, Nah karena alasan itulah, saya terus menjaga agar blog ini tetap up to date dengan memastikan bandwidth internet selalu ada setiap hari.

Gunakan Portable Hotspot Android

Saya sering menggunakan metode ini ketimbang menggunakan modem. Dengan portable wifi hotspot di Android, saya bisa memantau seberapa banyak akses yang digunakan langsung melalui Handphone, bahkan saya bisa memasang limit kuota yang di toleransi dalam satu hari. Selain itu, dengan menggunakan smartphone, sangat memudahkan saya ketika ingin mencari referensi.

Seperti biasa kita tentu  mencari referensi sebanyak mungkin ketika ingin membuat artikel. Nah jika memang koneksi kita belum unlimited, kita bisa menggunakan perangkat handphone saja untuk mencari referensi. Cara seperti ini lebih irit, lebih fleksibel menurut saya. Karena kita bebas membaca di manapun. Yang saya lakukan biasanya sering membawa catatan kecil, kemudian mencatat apa saja ide yang ingin saya buat dalam artikel yang akan diterbitkan.

Saya biasanya menggunakan Goolge Chrome Android untuk browsing, karena menurut saya browser ini sangat canggih, bisa memberikan hasil yang relevan, cepat dalam koneksi. Apalagi sekarang banyak website yang telah menerapkan AMP ( Accelerated Mobile Pages). Begitu di klik langsung kebuka websitenya.

So saya rasa dengan menggunakan smartphone saat mencari atau membaca referensi, membuat kuota internet saya menjadi lebih irit. Ya walaupun tidak sepuas desktop, akan tetapi saya rasa cukup untuk langkah awal membangun blog hingga berhasil kelak. Harus optimis dong ya. hehe.

Gunakan Net Limiter Pada komputer Anda

Ya, yang namanya menjaga kuota tentu mencari solusi. Saya pun memasang net limiter di laptop yang saya gunakan. Dari aplikasi ini, saya senantiasa bisa memantau aplikasi mana saja yang berjalan secara background. Kemudian bisa membatasi koneksi yang ada sehingga tidak menguras kuota internet,

Cara lainnya bisa dengan membuka source monitor bawaan di windows Anda. Bukan run, ketik monitor, lalu cari menu source monitor untuk melihat jalannya koneksi. Akan tetapi, saya lebih memilih menggunakan net limiter, lebih praktis dan mudah cara settingnya.

Desain Web Di Local Host

Ini merupakan metode favorit saya, saya bisa membuat desain secara offline terlebih dahulu di komputer atau laptop. Setelah dirasa selesai selanjutnya saya upload ke live hosting. Terkadang kita ingin membuat tampilan sendiri, ingin mempelajari bagaimana cara kerja script. Ingin merubah font. Pokoknya apa saja yang ingin kita kuasai bisa dengan mudah dipelajari tanpa khawatir kuota internet.

Anda bisa instal xampp di komputer atau laptop Anda, kemudian instal juga wordpress. Input semua data dari live hosting Anda ke komputer Anda. Nah dari sini, kita bisa merancang, membuat tampilan baru atau merubah beberapa kode template.

Selain itu, Anda bisa import export posting dari live host ke local host kapan pun. Dengan metode seperti ini, saya merasa bebas untuk membuat artikel, merevisi atau melakukan update pada artikel lama yang perlu diperbaiki. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara instalasi nya, silahkan cari di Google, banyak teman – teman blogger yang membagikan tutorialnya.

Gunakan Warung Internet

Mungkin disaat awal membangun blog Anda memang membutuhkan kuota yang banyak. Solusi nya bisa menggunakan warnet saja terlebih dahulu. Saya juga pernah menggunakan warnet untuk mendesain blog, submit webmaster, memasang plugin yang diperlukan, desain template dan lain sebagainya.

Setelah selesai dan blog siap go online, kita gunakan saja internet rumahan seperti biasa. Seperti untuk posting, mencari referensi dll. Blog walking juga bisa, Coba saja gunakan Google crhome seperti yang saya sebutkan tadi. Pilih mode desktop. Anda bisa berkomentar diblog lain, gabung diforum dan kegiatan blog lainnya. Memang untuk riset keyword belum saya temukan cara mudah lewat handphone. Cari saja solusinya, kita bisa lah membagi waktu, kapan untuk riset dan kapan untuk built artikel.

Atur Jadwal Secara Teratur

Kegiatan apapun itu kalau di atur dengan baik bisa sangat efektif. Seperti membangun blog. Kita bisa mengatur kapan untuk melakukan posting, kapan untuk melakukan riset kata kunci dll. Tujuannya agar setiap kegiatan bisa selesai sesuai jadwal yang kita tetapkan. Misalnya begini, ketika ingin riset kata kunci, lakukanlah secara serius hingga selesai. Jangan hiraukan suara notifikasi email, status dan semacamnya. Fokus dulu pada riset keyword. Dengan begitu, tentu bisa menghemat kuota. Karena kuota internet digunakan sesuai dengan kebutuhan saja.

Saya pernah membaca sebuah artikel di forum, lupa link sumbernya, disana saya menemukan posting seorang blogger yang membuat saya terkesima, sekaligus memotivasi diri saya. Pada posting tersebut, sang blogger membuat jadwal kerja kegiatan blogging lengkap dan di tulis secara rapi.

Walaupun mungkin bisa dianggap sepele oleh sebagian orang, ternyata banyak pelajaran yang bisa diambil dari posting tersebut. Mengapa? Coba saja dari dulu kita memang rajin membuat jadwal, rajin praktek sesuai jadwal. Saya rasa jika Anda seorang blogger, tentu banyak pencapaian yang bisa didapat. Nah belajar dari pengalaman sang blogger, saya pun berusaha menerapkan. Mencoba membuat jadwal kegiatan blogging dengan teratur, tujuannya agar lebih efektif.

Mengapa Kuota Internet Unlimited Penting?

Sebagian dari Anda sudah tentu tahu jawabannya, sudah jelas sangat penting. Seorang blogger sangat membutuhkan koneksi yang stabil dengan jatah kuota yang banyak. Kegiatan blogging pun bisa semakin lancar. Maybe posting ini termasuk curhat kali ya, hehe. Tapi pada kenyataannya seperti itu, bagi seorang blogger yang ada di pedesaan seperti saya. Koneksi internet unlimited masih menjadi impian.

Untuk jasa speedy memang belum masuk, menggunakan parabola mahal, yah mau tidak mau menggunakan koneksi ISP selular. Bagi teman – teman blogger yang punya akses internet kenceng dan unlimited bersyukurlah. Gunakan dengan baik agar aktivitas blogging menjadi lebih efisien.

Saya sedang mencari provider internet unlimited terjangkau untuk wilayah pedesaan. Semoga saja bisa ketemu solusinya, dan kegiatan blogging bisa dijalankan dengan maksimal, biar bisa rutin riset dengan benar, biar bisa membuat blog – blog baru lainnya dengan mudah. Wah pokoknya banyak, makanya saya bilang, bagi seorang blogger desa yang belum pernah punya akses unlimited, itu sering berkhayal, bagaimana sih rasanya punya koneksi internet unlimited dan kencang?




Updated: June 7, 2017 — 12:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap