Strategi Membangun Bisnis Ukm Usaha Kecil dan Menengah

Strategi UKM berbeda dengan strategi yang diterapkan untuk bisnis skala besar. Hal ini dilihat dari faktor biaya operasional dan skala produk yang di jalankan. Untuk itu, perlu kiat – kiat yang unik agar usaha UKM Anda mampu berkembang dengan pesat.

Lewat dorongan pemerintah, bisnis UKM memang terus mengalami pertumbuhan. Apalagi didukung oleh persentase pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi, membuat bisnis UKM memiliki potensi menjanjikan untuk terus dikembangkan.

Ternyata UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang ada sekarang ini menyumbang sekitar 60% Produk Domestik Bruto. Selain itu, usaha kecil menengah juga mampu memberikan pekerjaan bagi masyarakat yang ada disekitar lokasi bisnis.

Membangun Bisnis UKM

Untuk mencapai target pemasaran yang diinginkan, berikut ini ada beberapa gambaran strategi yang bisa Anda terapkan

Beri nilai tambah pada produk

Agar mampu bersaing dengan kompetitor, maka berikan sesuatu yang lebih pada produk Anda dibanding produk kompetitor. Dengan tujuan meningkatkan desire ( keinginan konsumen) untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Langkah ini biasanya disebut sebagai inovasi bisnis. Anda bisa mencari cara terbaik agar bisnis UKM yang Anda jalankan lebih inovatif. Cari referensi sebanyak mungkin supaya langkah yang diambil tepat.

Perhatikan perubahan yang terjadi di masyarakat terkait produk Anda. Cari sesuatu yang sedang menjadi trend, apakah dari segi warna, bentuk, tokoh dll. Temukan sesuatu yang bisa membuat produk Anda kecipratan trend yang ada.

Tingkatkan Merek/Brand Awareness

Brand memegang peranan yang sangat penting bagi kemajuan bisnis Anda untuk jangka panjang. Ketika merek produk sudah lekat di ingatan masyarakat, maka langkah pemasaran dan penambahan jenis produk baru menjadi semakin mudah.

Brand awareness bisa ditingkatkan dengan cara :

  • Promosi iklan sesuai perencanaan budget. * Perlu bijak agar keuangan usaha Anda sehat.
  • Buat nama brand yang mudah untuk diingat
  • Buat logo yang menarik
  • Desain label produk dengan komposisi yang menarik

Baca juga : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Selain langkah meningkatkan brand awarenes, perlu juga untuk menjaga nama baik brand dengan cara :

  • Jaga kualitas produk Anda dari waktu ke waktu dengan teliti.
  • Berikan layanan Customer Service sesuai dengan bidang bisnis jika diperlukan.
  • Berikan garansi dan lain sebagainya

Coba Anda perhatikan merek terkenal yang ada saat ini, sebagai contoh produk smartphone samsung, siapa yang tak kenal dengan pabrikan tersebut. Apapun produk yang mereka luncurkan, konsumen dengan mudah mengetahui kualitas produk mereka.

Dari contoh brand popular yang ada, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, brand merupakan aset yang sangat berharga.

Pembukuan yang detail

Agar bisnis Anda bertahan lama dan terus mengalami peningkatan, jangan sekali – kali Anda remehkan pembukuan. Pembukuan sangat penting yang bertujuan untuk mencatat semua detail perkembangan bisnis Anda. Tak peduli usaha Anda Skala besar atau UKM.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika membuat pembukuan untuk sebuah bisnis.

  • Mengumpulkan data tentang catatan yang diperlukan. Seperti surat perjanjian, kwitansi dll.
  • Mencatat secara detail semua transaksi, atau disebut jurnal transaksi.
  • Memindahkan catatan jurnal transaksi ke buku besar.
  • Membuat laporan

Semua pembukuan dalam bisnis bertujuan agar kita bisa menganalisa dan membuat rencana dimasa yang akan datang. Bahkan, warung kecil sembako saja membutuhkan pembukuan agar semua cash flow tercatat dengan baik.

Memang terlihat rumit, akan tetapi jika sudah terbiasa, semua itu bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu membiasakan diri demi kebaikan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Perhatikan konsumen Anda

Semua kegiatan promosi atau penjualan tentu berkaitan erat dengan perilaku konsumen. Nah agar Anda benar – benar bisa menguasai pasar, pahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

Untuk mengetahui tentang hal ini, Anda bisa mencermati apapun pendapat mereka lewat media sosial, gosip dan pembicaraan di masyarakat. Semua itu bisa Anda jadikan data untuk langkah inovasi agar produk Anda bisa memenangkan persaingan yang sehat di market.

Berikan pelayanan dan service terbaik agar Anda mampu memenangkan hati konsumen.

Ada 4 tahapan yang sering di ungkapkan oleh para marketer, mereka mengenal dengan sebutan AIDA.

  1. Awarness : Kenal, mengetahui, atau akrab terhadap sebuah merek atau produk.
  2. Interest : Merasa tertarik
  3. Desire : Keingian untuk mencoba atau untuk membeli produk atau jasa
  4. Action : Tindakan membeli produk atau jasa

Gunakan teknologi jika diperlukan

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi sangat membantu kegiatan manusia. Untuk itu, perlu dilakukan analisa apakah usaha yang sedang Anda jalankan membutuhkan bantuan beberapa peralatan teknologi.

Tujuannya agar operasional bisnis bisa berjalan dengan efektif. Misalkan, apakah perlu peralatan mesin produksi atau memerlukan media internet untuk pemasaran.

Itulah tadi beberapa aspek yang perlu kita perhatikan ketika ingin membangun usaha kecil dan menengah agar menjadi semakin berkembang dengan baik. Memang banyak strategi lain yang belum saya tulis pada artikel ini. Jika ada tambahan ide, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Terimakasih dan salam sukses selalu.




Updated: September 16, 2017 — 8:06 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap