Strategi Pemasaran yang Efektif Untuk Kesuksesan Usaha Anda

Sehebat apapun produk Anda, tanpa jago marketing tidak akan menjadi apa – apa. Akan tetapi, jika Anda hebat dalam membuat strategi pemasaran, produk yang umum di pasaran sekalipun mampu Anda jual dengan tingkat penjualan yang luar biasa.

Strategi Pemasaran

Ada beberapa aspek yang bisa kita kategorikan sebagai strategi pemasaran. Berikut ini contohnya :

  • Strategi membuat nama brand yang menarik agar mudah dalam melakukan pengembangan usaha
  • Strategi menjaga kualitas produk yang terjamin
  • Manajemen keuangan untuk bagian pemasaran
  • Strategi pemasaran yang tepat sasaran
  • dll

Namun masih banyak hal lain yang perlu kita lakukan jika ingin menjadi jago dalam hal strategi pemasaran ini.

Strategi Marketing Untuk Kemajuan Usaha Anda

Menguasai strategi marketing yang tepat bukan hanya mampu meningkatkan kesuksesan Anda, tapi juga akan mampu menjadikan Anda sebagai entrepreneur hebat. Bahkan Anda bisa menciptakan peluang – peluang usaha baru dengan berbagai jenis produk.

Plan dengan Konsep yang Jelas

Apapun skala usaha Anda, sangat penting untuk membuat rencana yang jelas. Kumpulkan data yang ada untuk membuat plan Anda seperti dengan cara :

  • Siapa saja target konsumen Anda
  • Bagaimana trend saat ini
  • Bagaimana cara agar produk Anda bisa diketahui konsumen
  • Siapa mitra yang bisa diajak kerja sama
  • Bagaimana menghadapi persaingan, apakah perlu inovasi
  • Atur budget promosi yang sehat

Dengan mengumpulkan data lengkap, Anda akan mampu mencapai target dengan mudah. Bukan asal tebak jinggo, tapi Anda punya data yang bisa dijadikan landasan untuk merencanakan marketing.

Apa Sih…Sebenarnya Strategi pemasaran?

Strategi sebenarnya masuk ke kategori plan, akan tetapi sengaja dibuat pada poin terpisah dengan tujuan agar Anda membuat strategi dengan lebih serius.

Caranya bagaimana?

Cari jawaban dan solusi sesuai dengan poin item pada plan diatas tadi.

Misalkan dengan mencari jawaban tentang bagaimana mencapai konsumen? Siapa saja target market yang harus di dahulukan? Serta mencari cara bagaimana agar konsumen menjadi loyal atau menjadi pelanggan tetap Anda.

Ketahui Terlebih Dahulu Target Market Dengan Jelas

Untuk menciptakan strategi yang tepat, tentukan terlebih dahulu secara akurat target pemasaran Anda.

Sebagai contoh dengan menentukan

  • golongan
  • jenis kelamin
  • usia
  • hoby
  • wilayah
  • dll

Dengan cara menentukan siapa saja target market atau pangsa pasar Anda, maka konsep plan yang dibuat akan lebih jelas dan terarah.

Dengan Mengetahui Target Market, Selanjutnya Kita Dapat Menghitung Budget

Setelah mengetahui pangsa pasar Anda, maka langkah selanjutnya adalah menghitung berapa besar anggaran yang akan dipersiapkan untuk mencapai pangsa pasar tersebut.

Tentu dengan mengetahui siapa saja pangsa pasar Anda, maka Anda menjadi lebih efisien ketika mengeluarkan budget bukan?

Jaga Nama Baik dan Membangun Branding

Branding merupakan bagian dari strategi pemasaran. Dengan teknik banding yang tepat, Anda mampu membuat konsumen menjadi loyal dan mampu menciptakan promosi berantai.

Konsumen dapat dengan mudah menyebarkan kabar mengenai produk Anda ke orang lain. Ini tentu memberikan dampak yang luar biasa bagi pemasaran Anda.

Memanfaatkan Media Sosial

Pengguna smartphone yang mengakses internet saat ini sudah begitu tinggi, hampir 150 juta jiwa memiliki akses internet dan akun media sosial. Peluang tersebut dapat Anda manfaatkan dengan cara ikut andil di media sosial.

Buat fanspage untuk menjaring follower sebanyak – banyaknya. Berikan informasi yang bermanfaat agar mereka merasa percaya dengan brand Anda.

Media Online Melalui SEO

Strategi selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan mesin pencari untuk menjaring konsumen sebanyak – banyaknya. Caranya bagaimana? Bisa dengan memasang iklan pada Google Adword atau membuat blog perusahaan pribadi.

Teknik Email Marketing

Anda dapat menggunakan strategi pengumpulan data konsumen terlebih dahulu. Buat landing page yang dapat membuat mereka tertarik yang kemudian memberikan data email atau nomor handphone.

Hubungi secara berkala dengan pendekatan yang tepat.

Menawarkan Produk Gratis

Sesuatu yang gratis biasanya sangat sukar untuk dilewati begitu saja oleh konsumen. Ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk memperkenalkan produk atau jasa yang sedang Anda pasarkan.

Namun perlu perhitungan yang matang untuk menentukan apakah strategi produk gratis bisa diterapkan atau tidak. Buat beberapa analisa mengenai biaya yang akan dikeluarkan. Apalagi usaha Anda masih baru, keuangan harus diatur sedemikian rupa terlebih dahulu.

Menjalin Komunikasi yang Baik Dengan Pelanggan

Coba Anda perhatikan, sebagian besar perusahaan yang telah tumbuh sukses rata – rata mereka menyediakan layanan customer service. Terutama bagi perusahaan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Seperti yang kita ketahui persaingan produk serupa saat ini begitu banyak. Nah agar konsumen tetap setia dengan produk Anda, ciptakan komunikasi yang baik dengan konsumen Anda.

Baca juga : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Itulah tadi beberapa strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan ketika ingin meningkatkan penjualan Anda.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tambahan untuk Anda. Salam sukses selalu.

Updated: April 10, 2018 — 6:35 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap