Sukses Blog dan Tetap Ramai Pengunjung? Coba Tips Berikut Ini

cara meningkatkan pengunjung blog

Sebagai seorang bloger pemula atau yang sudah lama sekalipun pasti ingin agar blog yang ia kelola tetap mengalami peningkatan dari segi pengunjung. Karena kita tahu bahwa dengan naiknya jumlah pengunjung, maka pendapatan juga akan mudah naik.

Ada banyak sekali tutorial yang bisa kita dapatkan melalui internet. Berbagai macam tips pun sudah dibagikan oleh para blogger yang tak pelit ilmu. Nah tugas kita selanjutnya mencoba menerapkan ilmu tersebut.

Dalam dunia bloging, memang ada banyak hal yang patut kita perhatikan selalu agar blog terus mengalami mengalami peningkatan. Untuk itu, pada artikel kali ini, admin kembali mengulas apa saja tips yang bisa Anda jalankan.

1 . Point pertama, buatlah konten sebagus mungkin.

Ya, ini dia kuncinya, Anda harus bisa menyajikan konten yang paling menarik. Bukan hanya blog, para publisher Youtube juga begitu. Faktor pertama yang paling menentukan adalah konten, konten dan konten.

Mungkin timbul pertanyaan. Konten yang bagaimana?

Konten yang paling baik dan bisa menjadikan blog Anda semakin berkembang adalah konten pilar. Arti konten pilar itu sendiri adalah konten yang paling lengkap, paling mudah dimengerti sehingga pembaca merasa betah di blog Anda.

Apakah jumlah update juga penting?

Ya, Anda harus rajin melakukan update, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa konten memegang peranan penting agar blog Anda tetap ramai pengunjung.

semakin banyak update rutin, maka itu semakin baik. Carilah konten yang memiliki daya tarik tinggi, memiliki pembaca yang ramai dan lakukan hal tersebut secara terus menerus.

2. Buat blog Anda seringan mungkin.

Selain faktor pertama diatas, faktor kedua yang perlu anda perhatikan adalah buatlah blog Anda mudah diakses dari berbagai macam device.

Saat ini bisa dikatakan bahwa sebagian besar para pembaca berasal dari handphone. Untuk itu, buatlah blog Anda menarik dan sangat ringan saat diakses dari hp (Handphone).

Caranya bagaimana?

Untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi saat membuka blog Anda tentu faktor pertama yang harus diperhatikan adalah dari sisi server. Carilah hosting yang memiliki kualitas yang benar benar manjamin.

Langkah selanjutnya.

Buatlah dan desain blog Anda yang sangat mobile friendly. Seperti dengan menerapkan Google AMP.

Caranya cukup mudah kok, Anda bisa menggunakan plugin yang tersedia secara gratis di WordPress.

3. Nama Domain yang Simple

Bagaimana cara pengunjung mengingat balik blog Anda?

Jawabannya tentu nama domain yang mudah diingat dan konten yang menarik bukan? Itu sudah menjadi faktor dominan. Ketika mereka menemukan konten menarik, biasanya mereka akan kembali dengan mengetik nama domain.

Ya, nama domain itu penting untuk direncanakan. Maka, buatlah nama domain yang simple dan mudah diingat. Hal ini termasuk strategi branding yang bisa Anda terapkan.

Selain nama domain, Anda bisa meletakkan slogan pada header blog Anda, dengan adanya slogan, para pembaca blog Anda bisa dengan mudah mengingat blog Anda.

4. Perbanyak Konten Di blog Anda

Tidak salah lagi point ini juga sangat penting untuk Anda terapkan. Perbanyaklah jenis konten pada blog Anda, semakin banyak semakin baik namun berkualitas.

Tetap harus diingat bahwa kualitas menjadi nomor satu selain dari memperbanyak jumlah konten yang ada di blog.

Cara ini cukup efektif meningkatkan trafik blog. Anda bisa mencobanya sendiri atau dengan menggunakan jasa para penulis lepas. Bisa saja Anda sibuk atau Anda ada pekerjaan lain. Nah caranya tentu dengna menyewa penulis untuk selalu melakukan update pada blog Anda.

Bagaimana saya mendapatkan ide konten?

Cukup mudah, silahkan saja cari website yang memiliki tema yang sama dengan blog Anda. Atau berkunjung ke forum yang membahas sesuai tema blog Anda. Lalu, lakukan modifikasi. Tidak boleh sama sekali untuk copy paste karena hal itu tidak akan baik bagi blog Anda.

5. Desain yang menarik

Langkah selanjutnya agar blog Anda semakin ramai tentu harus menyajikan desain yang menarik. Buatlah tampilan yang menarik terutama dari segi tulisan. Karena dengan desain yang apik membuat pengunjung betah dan itu menjadi point penting bagi Google.

Untuk mendapatkan desain yang menarik caranya juga cukup mudah. Temukan website besar yang selalu nomor satu, perhatikan tata cara tulisan mereka, perhatikan bagaimana desain tulisan mereka.

Selain desain blog, desain konten juga penting. Desain konten maksudnya adalah penyajian gambar dan text yang seimbang, sesuai dan memang memberikan informasi yang menarik bagi pembaca.

6. Selalu update ilmu pengetahuan

Teruslah belajar untuk update ilmu ilmu baru yang terus berkembang. Perhatikan forum dan para suhu blogger yang ada di internet. Perbanyak ilmu pengetahuan tentang blog yang baru.

Belajar tidak akan ada ruginya, malah Anda akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak bagi perkembangan blog Anda.

Apa saja yang penting diperhatikan?

Untuk pengetahuan awal tentu mengenai bagaimana algoritma Google menilai blog Anda. Bagaimana cara sistem kerja mesin pencari dan perkembangannya dari waktu ke waktu.

Mesin pencari besar seperti Google selalu melakukan update dari segi penyajian konten. Mereka akan terus menerus melakukan berbagai macam penyesuaian agar semua konten yang tersedia sangat menarik bagi pembacanya.

Untuk itu, kita harus memahami hal ini, kita harus bisa mengikuti perkembangannya agar blog yang kita kelola mampu terus berkembang.

7. Belajar mengenai SEO

Seo singkatan dari Search Engine Optimization, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai teknik mengoptimalkan search engine.

Menurut pengalaman Admin sendiri, search engine optimization yang paling top untuk diterapkan adalah membuat konten yang menarik untuk dibaca.

Memang ada benarnya seperti penempatan tag, title, kata kunci, backlink dan lain lain. Tapi, yang paling membuktikan adalah konten yang menarik dan judul artikel yang menarik pula.

Itu sih menurut Admin, cara itulah yang bisa membuat blog semakin berkembang pesat. Dengan cara ini pula kita akan selalu membuat konten lebih menarik, lebih memberikan manfaat kepada pembaca.

8. Terapkan segi marketing

Untuk membuat pembaca mengenali Anda selain dari hasi pencarian di mesin pencari, Anda bisa menerapkan strategi marketing. Misalkan dengan menerapkan iklan berbayar ataupun dengan menggunakan tekni email marketing.

Ya, teknik tersebut cukup banyak digunakan oleh para konten kreator di dunia blog. Mereka menggunakan email marketing atau iklan berbayar untuk meningkatkan jumlah pengunjung mereka.

Teknik ini cukup baik diterapkan bagi blog yang sudah benar benar memiliki rating di Google. Anda bisa mencobanya dengan melakukan eksperimen. Cobalah buat konten yang menarik, lalu promosikan.

Email marketing merupakan teknik lama, akan tetapi teknik ini masih cukup menarik untuk dikerjakan. Mengingat sebagian besar pengguna internet masih menggunakan email sebagai basis kegiatan mereka.

9. Konsisten

Ya, inilah faktor penentu kesuksesan blog Anda. Konsisten melakukan perbaikan, konsisten membuat konten dan konsisten belajar ilmu baru. Faktor inilah menjadi penentu kesuksesan blog Anda.

Apapun bidang pekerjaan yang sedang Anda tekuni, konsisten itu penting. Lakukan secara terus menerus, teruslah bersemangat menciptakan konten yang bermanfaat secara berkelanjutan.

Baca juga: Ini dia Faktor Sukses Membangun Blog yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar blog Anda semakin berkembang pesat. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan bagi Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap