Teknik Membuat Bisnis Terus Berkembang Pesat Untuk Jangka Panjang

Sekarang mungkin Anda sedang menjalankan usaha yang ternyata telah memberikan keuntungan finansial bagi Anda.

Langkah seperti mencari ide usaha sudah Anda lalui, dan kini timbul pertanyaan, Bagaimana caranya agar usaha terus berkembang pesat?

Pertanyaan semacam ini memang sangat baik dan harus selalu Anda tanyakan pada diri Anda. Mengapa? Karena jelas akan membuat pikiran kita selalu mencari solusi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Membangun bisnis

Nah, pada artikel ini, Admin akan memberikan beberapa tips agar usaha yang sedang kita jalankan terus mengalami perkembangan.

Siapa sih yang tak mau usahanya terus berkembang, semua orang menginginkan hal tersebut. Termasuk saya sendiri, apapun bidang usaha yang sedang dijalankan, pasti ingin agar terus berkembang.

Langkah Pertama Lakukan Review

Review merupakan langkah penting pertama yang harus kita lakukan untuk menjawab pertanyaan diatas.

Review yang dimaksud adalah meninjau dan memperhatikan apakah strategi yang dijalankan sudah tepat. Setelah kita menemukan jawaban, seperti kita telah mengetahui bahwa strategi yang telah kita jalankan tepat, maka gunakan strategi tersebut.

Tujuannya tentu agar usaha terus berjalan dan berkembang secara terus menerus.

Disinilah letak mengapa catatan itu penting. Catatan yaitu berupa track record strategi, catatan keuangan dan segala  kegiatan usaha yang tertuang dalam bentuk data dan semacamnya.

Dari catatan tersebut Anda dapat melakukan review. Melihat dan menganalisa langkah mana yang perlu dilakukan perkembangan, mana yang bekerja dan mana yang perlu diperbaiki.

Tak peduli berapa pun skala usaha Anda, mencatat kegiatan usaha itu penting. Yang paling penting yaitu catatan arus keuangan dan manajemen.

Dalam bisnis skala besar dikenal dengan istilah Big Data. Nah bagi kita sebagai pebisnis baru, tentu belum memiliki big data.

Big data yaitu berupa data rahasia yang menyangkut bisnis. Terutama bisnis yang bergerak dibidang internet. Big data dapat mempengaruhi penguasaan pasar.

Setelah internal usaha Anda semakin baik, tujuan untuk mengembangkan bisnis bisa semakin mudah. Karena pondasi kekuatan bisnis Anda telah Anda miliki.

Langkah kedua kembangkan jaringan bisnis

Coba Anda perhatikan bagaimana bisnis – bisnis besar yang ada sekarang ini. Semuanya memiliki network besar bukan.

Bisa jadi kerja sama bidang pemasaran, kerja sama bidang produksi dan berbagai bentuk kolaborasi bisnis lainnya yang saling menguntungkan.

Usaha Anda dapat berkembang pesat ketika menemukan cara kolaborasi yang hebat. Untuk itu, bagi pemula, perlu belajar melihat dan meniru bagaimana kolaborasi bisnis besar yang ada sekarang ini. Anda bisa membaca contoh – contohnya di internet.

Membangun jaringan merupakan ciri – ciri orang sukses. Kita dapat melihat bahwa orang sukses walaupun sudah memiliki jaringan luas, mereka tetap membangun dan memperluas jaringan yang dimiliki.

Fakta mengatakan bahwa :

  • Referensi dari pertemanan memberikan 80% keberhasilan dibanding dengan telepon secara acak.
  • 70% pekerjaan diperoleh dari bentuk perantara jarigan
  • dan masih banyak lagi

Langkah Ketiga Konsisten dan Fokus

Memang perlu inovasi, namun jika Anda menemukan cara dan strategi yang mumpuni memberikan keuntungan besar, maka Anda bisa konsisten dan fokus.

Yang penting adalah Anda tahu dan melakukan analisa, apakah perlu dilakukan inovasi dengan tidak mengesampingkan strategi yang telah Anda miliki. Disinilah tugas seorang pemilik bisnis, harus pintar mengambil keputusan kapan harus inovasi dan sekaligus konsisten serta fokus.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Anda

Ada 2 cara untuk mendapatkan hati konsumen

  1. Meningkatkan kualitas produk
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan

Meningkatkan kualitas produk itu penting, mengapa, karena dengan cara itu Anda dapat dengan mudah memperoleh kepercayaan dari konsumen. Terutama bagi Anda yang memiliki bisnis dibidang jasa dan produksi untuk masyarakat.

Selanjutnya kualitas pelayanan juga memegang peranan seperti customer service dan bentuk pelayanan lain. Anda dapat belajar dari perusahaan besar bagaimana mereka menangani pelayanan terhadap konsumen.

Baca juga : Tips Meningkatkan Performa Bisnis Anda Menjadi Lebih Baik

Sebenarnya masih banyak cara untuk mengembangkan bisnis. Penjelasan diatas hanya sebagian kecil saja. Jika ada pendapat lain silahkan tambah pada form komentar dibawah ini.

Updated: February 10, 2018 — 1:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap