Tips Agar Sukses Menjadi Entrepreneur Muda Bagi Pemula

Sebagian besar orang tentu ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses. Karena seorang entrepreneur akan memiliki rasa kebanggaan tersendiri selain kesuksesan finansial.

Namun untuk mencapai tujuan tersebut tidak lah mudah, butuh keahlian menjalankan usaha, harus pintar melakukan analisa dan mengambil keputusan yang tepat. Yang tak kalah penting adalah kemauan untuk praktek dan bekerja keras serta cerdas.

Nah bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja tips sukses menjadi seorang entrepreneur, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

Menjadi Entrepreneur

1.Bekerja keras untuk menjadi yang terdepan

Kalau dilihat dari kenyataan di lapangan, ada 2 tipe orang sukses. Pertama sukses secara keberuntungan, yang kedua sukses karena kerja keras.

Nah agar kita berhasil menjadi sukses dalam berusaha, kita tidak boleh hanya menunggu keberuntungan saja, melainkan langsung praktek berbisnis dengan bekerja keras serta cerdas.

Lagi pula banyak juga bukti bahwa orang yang sukses di dominasi oleh para pelaku usaha yang mau bekerja keras.

2. Berjuang untuk kesuksesan tapi tetaplah bersahaja di depan orang lain

Bagi pengusaha muda, keinginan untuk sukses dan ingin agar selalu meraih kemenangan memang suatu keharusan. Akan tetapi tetap lah terlihat humble atau calm dihadapan orang lain. Tujuannya agar kita mampu menjadi pendengar yang baik.

Apalagi jika kita bekerja dalam bentuk tim bisnis, tentu membutuhkan banyak pendapat dari para rekan bisnis. Nah jika kita tidak mau mendengar pendapat orang lain untuk kemudian di analisa , hal ini dapat berakibat tidak baik bagi perkembangan pengetahuan Anda.

Anda tentu paham bahwa belajar itu tidak ada batasnya, ilmu selalu berkembang, informasi terus berdatangan. Jadi, selalu berjuang keras untuk kesuksesan namun stay humble.

3. Berani Mengambil Resiko

Ini merupakan tips penting bagi Anda yang ingin menjadi seorang entrepreneur. Berani mengambil resiko artinya kita harus siap dengan konsekuensi yang akan diterima, entah itu sukses atau tidak ketika menjalankan usaha.

Apalagi jika Anda masih usia muda, katakanlah usia 20an, Anda harus berani mengambil resiko untuk menjalankan sebuah ide usaha.

Apa bedanya antara seorang entrepreneur sejati dan tidak?

Rasa takut memang menghampiri semua pengusaha, bukan hanya Anda, semua pengusaha mengalami yang namanya rasa takut ketika mengambil keputusan usaha.

Namun yang membedakan antara yang sukses dan yang tidak adalah mereka yang berani mengambil resiko untuk membuat keputusan, lalu keputusan tersebut tepat.

Bagaimana agar keputusan tepat?

Untuk mengambil keputusan yang tepat haruslah melalui analisa yang matang. Caranya adalah dengan banyak belajar tentang bisnis yang Anda geluti, Cari informasi sebanyak mungkin, kuasai bidangnya. Semakin tinggi pengetahuan Anda itu semakin baik.

4. Terus Melakukan Inovasi

Bisnis yang mampu sukses besar sekarang ini sebagian besar merupakan bisnis yang menerapkan inovasi di berbagai aspek kegiatan mereka.

Inovasi itu bukan hanya dari segi produk saja lho..

Dalam sebuah usaha, ada banyak sekali jenis inovasi yang bisa kita terapkan. Mungkin saja Anda menerapkan inovasi pada bagian produksi, inovasi pada bagian pemasaran atau inovasi pada bagian manajemen.

Jadi jangan hanya memandang inovasi hanya pada bagian produk saja. Anda bisa menerapkan inovasi di berbagai bidang untuk kemajuan bisnis Anda.

Bagaimana cara menemukan sesuatu yang kreatif dan inovatif?

Untuk menemukan sesuatu yang kreatif kita harus bisa berlatih berpikir out of the box. Intinya begini, sesuatu yang lumrah berarti bukan inovatif.

Inovatif berarti beda dan unik dari yang lain.

Untuk menemukan pemikiran ide kreatif Anda harus mau melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Coba perhatikan lingkungan Anda, apakah ada sesuatu yang mengganjal dan bisa dijadikan ide.

Selain itu, Anda bisa mencoba belajar dari para pengusaha yang kreatif. Cari tahu aspek apa saja yang mereka terapkan.

5. Kuasai bidang networking

Poin ini merupakan masalah klasik bagi para entrepreneur muda. Biasanya para entrepreneur muda usia 20an merasa canggung ketika ingin bersosial. Padahal perasaan tersebut tak perlu Anda simpan, buang jauh jauh.

Networking merupakan bagian terpenting dalam bisnis. Coba Anda perhatikan, semua bisnis besar yang ada didunia memiliki jaringan bisnis yang sangat luas.

Setiap pengusaha sudah pasti punya networking tersendiri, entah itu keluarga, teman atau orang lain.

Semakin luas jaringan networking bisnis Anda itu semakin baik, kesempatan akan selalu ada dan datang begitu saja dari para partner Anda. Karena biasanya networking yang baik yaitu networking yang memberikan keuntungan timbal balik, saling menguntungkan antara satu dan yang lainnya.

Katakanlah Anda memiliki jaringan pemasaran yang luas. Para pelaku pemasaran bisnis Anda mendapatkan keuntungan dari hasil produk yang dijual, sementara Anda mendapat keuntungan dari produksi yang Anda buat.

Sama seperti inovasi tadi, bukan hanya produk. Begitu juga dengan networking, bukan hanya bagian pemasaran saja, Anda bisa menjalin networking untuk semua bagian bisnis Anda.

6. Tingkatkan networking, jenis produk atau skala produksi

Bisnis besar biasanya mampu bertahan dan mampu terus berkembang karena mereka menambah sesuatu hal yang baru sesuai perkembangan zaman. Bisa jadi menambah skala produksi, menambah jenis produk dan jaringan networking.

Fokus yang paling baik bagi seorang entrepreneur adalah Anda harus mau untuk selalu fokus pada perkembangan usaha. Buatlah analisa dengan matang untuk mengembangkan usaha Anda menjadi lebih baik.

7. Cari Mentor Anda atau modeling Bisnis Anda

Di dunia musik Anda tentu punya idola bukan? Nah sama saja seperti bidang bisnis, Anda harus punya idola untuk dijadikan mentor atau teladan Anda.

Karena biasanya dengan memiliki idola, Anda akan selalu memiliki motivasi untuk mampu mencapai target seperti idola Anda.

Selain itu, Anda dapat belajar dari idola Anda tentang bisnis yang sedang Anda tekuni. Bisa bertanya langsung atau dengan memperhatikan apa yang mereka lakukan lalu modifikasi sesuai dengan bisnis Anda.

8. Mendengarkan apa yang di inginkan pelanggan dan pekerja Anda

Seorang pengusaha yang sukses sudah pasti merupakan seorang pengusaha yang mampu mendengar dengan baik apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan maupun para pekerja. Cara ini wujud dari tujuan untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi pelanggan Anda.

Faktor ini penting untuk dikuasai apabila Anda ingin agar usaha Anda terus berkembang pesat. Itulah fungsi poin nomor satu diatas yaitu keep humble biarpun Anda bergelora untuk meraih kemenangan dalam bisnis.

Pelanggan mau membeli produk karena ingin memenuhi kebutuhan mereka, pekerja mau bekerja keras juga karena mereka diperhatikan. Jadi poin ini merupakan faktor penting agar usaha Anda terus berkembang.

Baca juga : 6 Cara Mengembangkan Bisnis Agar Menjadi Sukses

Kesimpulan :

Menjadi seorang entrepreneur memang dambaan semua orang, apalagi bagi mereka yang memiliki hobi berbisnis. Nah untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus mau bekerja dan belajar lalu praktek.

Jangan hanya dipikirkan saja, segera praktek dan buktikan bahwa Anda bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan dapat memberikan Anda inspirasi, salam sukses selalu.

Updated: May 23, 2018 — 6:05 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap