Tips Bagaimana Cara Membuat Rencana Keuangan Bisnis

Bagi sebagian orang, membuat perencanaan keuangan dalam bisnis dianggap hal yang terlalu formal, akan tetapi nyatanya perencanaan keuangan memegang peranan yang sangat vital bagi kemajuan bisnis Anda.

Jika Anda mau melihat lebih detail, membuat perencanaan keuangan membawa segudang manfaat. Tak hanya bagi pelaku usaha baru, akan tetapi perusahaan kelas kakap sekalipun tetap membuat perencanaan keuangan yang matang.

Rencana keuangan bisnis

Sebelum membahas cara membuat rencana keuangan bisnis, terlebih dahulu kita tiinjau apa saja manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat.

1. Meningkatkan kepercayaan (trust) dari calon investor.

Sebelum investor menginvestasikan modal mereka pada sebuah perusahaan, tentu mereka melakukan penelitian yang lengkap terlebih dahulu. Calon investor jeli melihat bagaimana prospek bisnis Anda di masa yang akan datang. Caranya dengan mengetahui plan dan strategi dalam bisnis. Termasuk perencanaan keuangan yang Anda buat.

Bagi seorang investor, perusahaan yang mampu membuat perencanaan keuangan yang jelas memberikan gambaran bahwa perusahaan dikelola dengan keseriusan tinggi. Hal ini membuat mereka percaya bahwa perusahaan Anda layak di investasi.

2. Menjaga arus keuangan dengan jelas

Perencanaan keuangan dapat membantu Anda membuat pemetaan dalam bisnis. Anda dapat membuat perencaan lain menjadi lebih terarah. Hal ini sangat penting dalam bisnis. Terutama bisnis yang dijalankan secara bersama lebih dari satu orang.

3. Review bisnis menjadi lebih mudah

Ketika bisnis telah berjalan dalam waktu tertentu, Anda dapat dengan mudah meninjau kembali, apakah plan yang telah Anda buat sebelumnya sudah efektif atau belum. Membuat review dalam bisnis dapat membawa inovasi yang lebih kreatif dalam menerapkan strategi.

Cara Membuat Perencanaan Keuangan Bisnis

Bagaimana caranya? Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara membuat plan keuangan untuk perusahaan Anda.

Membuat Executive Summary

Poin ini sama dengan membuat kesimpulan dari bisnis plan yang Anda buat. Yaitu sebuah outline langkah – langkah dalam bisnis. Ketika membuat executive summary, buatlah dengan lantang dan detail. Semakin detail semakin baik. Sama seperti membuat sebuah peta, semakin jelas semakin baik.

Membuat Latar Belakang Bisnis

Latar belakang bisnis merupakan bagian yang menjelaskan apa yang menjadi target Anda berdasarkan kondisi saat ini dan dimasa yang akan datang. Kemudian dibuat beberapa solusi dan strategi untuk memenuhi kondisi tersebut. Latar belakang merupakan gambaran dan alasan yang jelas mengapa bisnis Anda memiliki potensi besar di market.

Anda dapat menarik kesimpulan dari data lapangan dan bukti – bukti yang kuat penyebab bisnis Anda layak untuk di jalankan.

Membuat analisa market

Analisa market meliputi pengamatan dan mengambil kesimpulan terhadap kondisi pasar saat ini, seperti menilai apakah ada pesaing atau tidak. Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan pesaing Anda. Cara ini dapat memberikan Anda plan yang jelas tentang langkah yang perlu dilakukan untuk mencari solusinya.

Membuat strategi bisnis

Setelah mengetahui latar belakang bisnis Anda, selanjutnya buat strategi berdasarkan kondisi tersebut. Dengan demikian, Anda mendapatkan gambaran yang jelas mengenai arah kegiatan bisnis. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus mampu membuat plan dengan detail yang tepat sasaran dan benar – benar efektif.

Analisa sumber daya manusia

Poin ini memegang peranan penting, karena sumber daya manusia merupakan faktor penentu kesuksesan dalam bisnis. Hal ini terkait dengan produktivitas kerja. Tentukan SDM yang menjadi kriteria dalam bisnis Anda, lalu buat perencanaan keuangan setelah mengetahui bagaimana produktivitas dan biaya yang ditimbulkan.

Analisis keuangan

Untuk melakukan analisa keuangan, Anda harus mampu menghitung semua keperluan bisnis dan keuntungan bisnis berdasarkan beberapa tinjauan diatas. Anda harus bisa menghitung rencana anggaran, return of investmen (ROI) dan beberapa keperluan lain dalam ilmu bisnis manajemen.

Manajemen resiko

Manajemen resiko begitu penting dalam bisnis, Anda harus bisa menganalisa manajemen resiko berdasarkan plan yang telah dibuat. Karena sebaik apapun plan yang dibuat, dalam berbisnis selalu ada yang namanya resiko.

Lengkapi dengna solusi yang akan Anda ambil untuk menjaga agar usaha atau bisnis Anda bisa bertahan dan bisa terus berkembang dari waktu ke waktu.

Baca juga : Apakah Membuat Bisnis Plan Itu Penting Bagi Pebisnis?

Semoga penjelasan diatas dapat memberikan gambaran untuk Anda yang ingin membuat rencana keuangan. Jika ada tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.




Updated: September 8, 2017 — 10:27 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap