Tips Belajar Komputer Secara Otodidak Tanpa Kursus

Banyak orang beranggapan bahwa belajar komputer harus kursus. Padahal tidak demikian, sama saja seperti belajar memainkan handphone. Lalu, mengapa masih ada orang yang beranggapan seperti itu. Alasan utamanya karena komputer dianggap terlalu berlebihan. Seharusnya dianggap sama saja seperti Anda sedang memainkan smartphone atau handpone.

Nah bagi Anda yang ingin cepat belajar komputer secara otodidak tanpa kursus, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar cepat mahir komputer sendiri.

Belajar komputer tanpa kursus

Coba beli komputer murah rakitan sendiri

Agar keberanian Anda muncul, langkah pertama yang bisa dicoba adalah coba gunakan komputer murah saja terlebih dahulu. Anda bisa mencari teman terdekat yang bisa merakit komputer murah.

Beli komponen penting utama seperti motherboard, hardisk, memory ram, monitor, keyboard dan mouse. Dengan komponen utama tersebut Anda sudah bisa membuat komputer sendiri, cukup sambung sana sambung sini sudah jadi kok. Gak ribet.

Caranya, Anda harus ikut memperhatikan bagaimana teman Anda merakit komputer. Tujuannya agar Anda mengerti ilmu hardware dan software dasar, ternyata membuat komputer sendiri itu mudah. Hehe. Atau Anda bisa mencari komputer murah second hand untuk dijadikan ajang latihan.

Mengapa tidak langsung menggunakan komputer atau laptop saja? Itu terserah Anda, hanya saja tujuannya agar Anda bisa berani mengotak – atik nantinya.

Beli buku komputer dan langsung praktek

Anda bisa membeli buku komputer yang ada di toko buku. Pelajari apa yang ada di buku tersebut sambil praktek langsung didepan komputer. Cara ini lebih baik, jangan hanya membaca saja.

Dalam mempelajari ilmu komputer, tanpa praktek akan percuma, semakin sering praktek maka kemampuan komputer Anda juga semakin meningkat. Sama saja seperti bidang lainnya, semakin diasah semakin mahir. Nah untuk itu, jika Anda menggunakan metode buku untuk belajar, langsung saja praktek sambil membaca buku.

Gunakan kemampuan browsing Anda untuk mencari ilmunya.

Mungkin Anda membaca artikel ini menggunakan handphone. Berarti tadi Anda browsing mencari bacaan tentang tips belajar komputer melalui handphone. Gunakan saja Hp Anda untuk mencari ilmu lainnya selain membeli buku seperti tips kedua diatas.

Di internet, banyak sekali orang yang sharing cara belajar komputer bidang apapun. Anda bisa belajar micorosoft exel, word, power poin, bahasa coding, ilmu hardware dan se-gudang ilmu lainnya. Manfaatkan saja hp atau komputer Anda untuk browsing di internet.

Ada 2 versi, versi tulisan dan versi video. Untuk versi video Anda bisa menggunakan youtube.com. Cari ilmunya disana. Jadi, tak terbatas dari buku saja, internet menawarkan banyak sekali kemudahan bagi Anda.

Sering – sering praktek

Mempelajari bidang apapun jika terus diasah atau praktek, dapat membuat Anda semakin mahir.

Sebagai contoh seorang pemain sepak bola, mereka terus berlatih setiap hari. Sama saja seperti keahlian komputer. Semakin sering Anda praktek dapat membantu Anda menjadi cepat mahir. Bahkan bisa mengalahkan orang yang ikutan kursus komputer. Mengapa? Karena Anda langsung praktek, bukan cuma teori saja.

Pengulangan merupakan kunci sukses agar Anda menguasai komputer. Lakukan secara berulang ulang pelajaran yang telah Anda temui sampai benar – benar Anda mahir.

Secara garis besar, ada beberapa bidang ilmu komputer yaitu, ilmu hardware, software, desain grafis. Ilmu hardware lebih cenderung ke teknisi komputer, sedangkan ilmu software cenderung ke pekerjaan kantoran seperti keahlian microsoft word, excel, membuat software atau coding dan lain sebagainya.

Berani mencoba

Tips berikutnya, Anda harus berani mencoba. Jangan pernah takut salah, kalau tidak berani mencobanya, lalu kapan lagi? Seperti yang telah disebutkan diatas, semakin sering Anda praktek maka semakin cepat Anda mahir.

Untuk itu, mengapa membeli komputer murah disarankan ketika pertama kali belajar. Tujuannya agar Anda berani mengobrak abrik komputer Anda karena Anda tidak merasa khawatir dengan komputer Anda.

Berbeda jika Anda langsung membeli komputer yang harganya se langit. Anda akan berhati – hati sekali, hal ini yang justru membuat Anda menjadi tidak bisa cepat menguasai komputer. Akan tetapi, ini hanya saran saja. Semua keputusan ada ditangan Anda.

Anda bisa meminta saran dari orang terdekat yang telah menguasai komputer. Tanyakan pada mereka, apakah perlu membeli komputer murah untuk tahap belajar.

Jangan pernah merasa puas

Ilmu komputer sangat luas sekali. Ada banyak bidang yang bisa Anda pelajari untuk kemajuan karir Anda. Setelah menguasai beberapa bidang komputer, jangan pernah merasa puas, pelajari bidang lain yang mendukung.

Misalkan, Selain Anda jago menjalankan aplikasi office, Anda juga memahami ilmu dasar tentang teknis komputer. Hal ini diperlukan agar Anda juga mampu untuk memperbaiki komputer sendiri.

Baca juga : Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer Agar Paket Anda Awet

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda coba agar mahir komputer dengan cara dan metode belajar sendiri, semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang sedang belajar komputer secara otodidak. Selamat mencoba.




Updated: September 19, 2017 — 5:24 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap