Tips Berikut Ternyata Mampu Mempercepat Loading Blog

Membuat blog bukan hanya tentang menyajikan konten saja, akan tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Terutama soal kecepatan loading website. Kecepatan loading website sangat memegang peranan penting bagi perkembangan blog Anda.

Anda tentu sering mendengar pendapat bahwa mesin pencari modern sekarang ini mengukur kualitas blog berdasarkan faktor user experience. Apa itu? User expereice merupakan ukuran bagaimana tingkat pengalaman pengguna ketika mengunjungi blog Anda. Kecepatan loading blog merupakan salah satu cara untuk meningkatkan user experience tersebut.

Tips Mempercepat Loading BlogLagi pula, jika kecepatan loading website blog Anda terpenuhi, Anda bisa dengan mudah melakukan optimasi. Langkah optimasi bertujuan agar blog Anda menjadi popular di search engine. Apa saja langkahnya?

  1. Memilih theme yang ringan dan menarik
  2. Bagaimana menulis artikel yang berkualitas
  3. Mempelajari seni tipografi
  4. Menerapkan Seo
  5. dll

Faktor utama yang harus menjadi perhatian Anda yaitu pilihlah server yang benar – benar memiliki kecepatan tinggi. Cari server yang berani menjamin uptime dan kecepatan mereka.

Bagi pengguna blogspot memang tidak perlu memikirkan tentang kecepatan server. Mengapa? karena server blogger langsung ditangani oleh perusahaan ternama. Kecepatan akses bagi yang menggunakan blogspot hanya tergantung dari template yang digunakan.

Jadi bagi pengguna layanan blogspot, pilihlah jenis theme yang benar – benar ringan dan fast, perhatikan struktur theme dengan baik agar lebih seo friendly.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba agar kecepatan wordpress self hosted Anda menjadi semakin ngacir gak karuan. Yuk kita simak.

Atur Cahce

Tips pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengatur browser cache. Dalam hal ini saya menggunakan plugin supercache.

Plugin Super cache berfungsi untuk membuat cache statis pada server. Nah dengan adanya cache yang telah tersimpan sebelumnya, membuat proses load antar server ke browser pembaca menjadi semakin ringan.

Selain menyimpan cache statis pada server, plugin ini juga mengatur beberapa pengaturan cache pada browser pembaca. Ketika pembaca membuka lebih dari satu halaman blog Anda, maka data yang ditransfer menjadi lebih sedikit karena beberapa data telah tersimpan pada browser pembaca. Sesuai dengan waktu yang telah di atur.

Plugin ini memang banyak disarankan oelh pihak hosting. Karena dengan adanya cache tersebut, membuat beban server menjadi semakin ringan. Server Anda bisa menampung lebih banyak visitor jika dibandingkan dengan tidak menggunakan plugin ini.

Alternatif lain yang bisa kita gunakan adalah, dengan menggunakan CDN dan Cloud flare, Sistem CDN sama saja, yaitu menyediakan cache. Akan tetapi, CDN menyimpan pada data server mereka yang tersebar di segala penjuru. Blog Anda bisa semakin cepat diakses dari manapun.

Kompres Gambar

Apa jadinya jika internet tanpa gambar, gambar bisa mewakili ribuan kata. Pembaca tentu semakin suka ketika menemukan artikel yang dilengkapi dengan gambar. Artikel tanpa gambar rasanya aneh dan terkesan monoton.

Gambar memiliki ukuran file yang lebih besar jika dibandingkan dengan text biasa. Hal ini dapat mempengaruhi kecepatan loading blog.

Agar ukuran file gambar benar – benar ideal, atur terlebih dahulu resolusi yang ingin Anda gunakan. Anda bisa menggunakan tool seperti photoshop dan alat editing lainnya. Selain itu, Anda bisa memasang plugin WP Smush.

Plugin Wp Smush berfungsi untuk mengatasi masalah ini, dengan menggunakan Wp Smush, Gambar yang telah Anda upload dapat di kompres hingga beberapa persen. Untuk tampilan masih tetap sama, masih tetap ngejreng setelah saya coba.

Database WordPress

WordPress menggunakan koding yang saling terkait antara satu dan lainnya. Semakin baik struktur koding theme dan database  yang ada, dapat membuat performa website Anda menjadi semakin baik.

Untuk memantau dan menjaga agar semua koding berjalan dengan baik, Anda bisa menggunakan plugin WP optimizer. Plugin ini berfungsi untuk memperbaiki beberapa perubahan yang terjadi pada wordpress Anda.

Setelah memasang plugin ini, Anda bisa melihat beberapa opsi fixing yang disediakan, seperti komentar, beberapa tabel database dll. Silahkan perbaiki jika ditemukan beberapa data yang perlu diperbaiki. Dengan melakukan langkah tersebut, membuat blog wordpress Anda menjadi tetap ringan.

Gunakan Amp

Amp atau Accelerated mobile pages merupakan projek besutan google. Tujuannya untuk para pengguna mobile handphone. Projek ini dibuat karena kecepatan memang merupakan faktor yang penting untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Anda bisa memasang plugin AMP for wordpress, hanya dengan beberapa kali klik, Amp blog Anda langsung jadi.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Accelerated Mobile Pages (AMP)

Perhatikan juga theme Anda

Selain beberapa langkah diatas, faktor penentu lain yang harus kita perhatikan adalah mengenai jenis theme yang digunakan. Alangkah lebih baik kita memilih theme yang simple dan ringan kalau memang tidak dibutuhkan berbagai pernak pernik lain. Anda bisa mencari theme gratis atau pun yang premium. Ada jutaan theme yang ada di luaran sana yang bisa Anda gunakan.

Itulah tadi tips yang bisa Anda coba untuk mempercepat loading blog yang Anda miliki. Semua itu bertujuan agar pembaca blog kita menjadi semakin betah. Selain itu, sediakan juga konten – konten yang berkualitas. Mudah – mudahan blog kita cepat tumbuh menjadi blog yang besar.




Updated: July 1, 2017 — 3:45 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap