Tips Cerdas Cara Menjadi Seorang Penulis yang Hebat dan Handal

Begitu banyak orang yang tak kunjung mulai menulis karena ingin segalanya terlihat sempurna, atau karena beberapa alasan lain. Padahal cara terbaik agar Anda segera menjadi seorang penulis adalah dengan langsung menulis apa saja yang ingin Anda tulis.

Dengan catatan tulisan Anda bermanfaat dan seusai dengan undang2 atau norma sosial. Apalagi ketika tulisan Anda diterbitkan untuk khalayak umum seperti di media sosial, forum online dll.

Jangan ingin sempurna terlebih dahulu..

Penulis Handal

Seperti yang saya lakukan sekarang ini, saya tidak begitu memperhatikan EYD atau memperhatikan bagaimana tulisan yang saya buat ini. Apa yang menjadi tujuan saya hanyalah ingin membantu orang lain lewat karya tulisan.

Tahukah Anda bahwa dunia tulis menulis terus mengalami peningkatan?

Alasan utama mengapa hal itu terjadi adalah karena sekarang ini era digital mulai memegang kendali. Seperti untuk kegiatan promosi, jual beli, informasi, hiburan dan segudang peran lainnya.

Dan ternyata secara garis besar kegiatan tersebut memanfaatkan karya tulisan. Tentu Anda bisa membayangkan bahwa peluang bisnis di bidang ke-penulisan sangat besar.

Semua penulis terkenal pada awalnya juga pemula, sama seperti kita – kita. Tidak ada yang begitu lahir langsung menjadi penulis hebat, butuh proses belajar dan pemahaman serta pengalaman.

Dengan demikian, tidak ada salahnya kita mencari tips bagaimana agar kita mampu menjadi seorang penulis yang hebat kan?.

Tips Pertama : Latih menulis dengan gaya berikut ini

Biasakan untuk membedakan antara proses menulis dan proses editing. Jangan dijadikan satu. Ini penting untuk diingat agar Anda menjadi seorang penulis handal.

Caranya bagaimana?

Jangan pernah menekan tombol backspace saat Anda menulis artikel, biarkan semuanya mengalir apa adanya hingga tulisan Anda selesai. Biarkan pikiran Anda berekreasi dengan idenya dan biarkan terus mengalir.

Apa yang terjadi jika Anda melakukan editing disaat yang bersamaan ketika Anda menulis? Hal ini justru akan membuat ide Anda tidak mudah datang.

Coba saja Anda praktek cara menulis tersebut. Tulis apa saja ide pikiran yang ingin Anda tuangkan kedalam bentuk tulisan. Biarkan tulisan hingga selesai.

Selanjutnya setelah tulisan Anda dikira selesai, saatnya melakukan editing. Bacalah secara keseluruhan dan perbaiki semua typo yang ada. Perbaiki kalimat yang dikira perlu, rubah beberapa kata atau kalimat jika memang perlu.

Cara diatas memang cukup efektif, saya menemukan metode ini dari beberapa blogger ternama. Sebut saja portaluang.com. Ia membeberkan bagaimana cara menulis yang baik dan benar.

Memang setelah saya praktek terdapat beberapa perubahan, terutama soal kecepatan menulis menjadi semakin baik. Ide pun terus mengalir begitu deras.

Tips Kedua : Mulai dengan yang sederhana terlebih dahulu

Cara yang kedua yang bisa Anda coba lakukan agar segera menjadi penulis adalah dengan mulai praktek menulis yang sederhana. Menulis bukan harus karya yang wah saat belajar. Cukup dengan membuat karya tulisan sederhana saja.

Anda bisa memulainya dengan tulisan tentang keindahan pantai di daerah Anda, skill yang Anda miliki atau pengalaman cinta pertama Anda. Itu sudah menjadi langkah besar saat awal latihan menulis.

Orang yang ingin menjadi penulis tapi tak kunjung praktek biasanya karena ingin semuanya sempurna.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi bahwa penulis hebat yang ada sekarang ini juga pada awalnya pemula kan? Jadi mulai dari sekarang ayo praktek menulis apa saja yang Anda kuasai.

Tips Ketiga : Cobalah untuk rajin membaca karena banyak sekali manfaatnya

Pernahkah Anda mendengar istilah speak comes from listening dan writing comes from reading.

Membaca merupakan cara terbaik untuk mengasah skill kemampuan menulis Anda. Penulis hebat pun secara berulang – ulang menyarankan agar rajin membaca.

Saya sering sekali kesana kemari mencari informasi bagaimana cara menjadi seorang penulis. Dan tahukah Anda bahwa rata – rata menyarankan agar kita rajin membaca?

Kegiatan membaca dapat menambah wawasan dan penguasaan kosakata. Kosakata Anda akan meningkat ketika Anda mau untuk rajin membaca. Terutama bacaan yang masih terkait dengan tulisan Anda.

Sebenarnya tidak ada alasan untuk tak rajin membaca, karena sekarang ini begitu banyak informasi menarik yang bisa kita akses. Mulai dari perpustakaan hingga internet. Semuanya bisa kita akses dengan cepat bukan?

Jadi mulai dari sekarang, biasakan diri untuk rutin membaca beberapa jam sehari agar kemampuan menulis Anda meningkat pesat.

Selain itu, dengan rajin membaca, Anda akan mengetahui gaya tulisan. Tiap penulis tentu punya gaya sendiri. Nah, dengan membaca Anda secara tidak sadar akan menilai dan mendapatkan gaya menulis Anda sendiri secara otomatis.

Baca juga : Ingin Agar Setiap Hari Ada Ide? Berikut Tips yang Bisa Kamu Coba

Itulah tadi beberapa cara agar Anda cepat menjadi seorang penulis. Saya juga masih baru belajar, namun apa yang menjadi tujuan saya menulis ini adalah agar Anda juga segera praktek menulis. Semakin sering Anda praktek menulis, semakin bertambah pula pengalaman yang Anda miliki. Salam praktek dan salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap