Tips dan Cara Menulis Artikel Bahasa Inggris Bagi Pemula

Bagi sebagian orang, menulis artikel bahasa Inggris mungkin sebuah pekerjaan yang tak mudah untuk dikerjakan. Akan tetapi, sebenarnya apapun bahasanya bisa kita kuasai, asalkan cara belajar nya tepat. Belajar menulis artikel bahasa inggris berbeda dengan belajar speaking. Menulis itu butuh keahlian dalam menyusun grammar dan tata cara penulisan. Sementara keahlian berbicara tidaklah begitu detail.

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mampu menulis artikel dalam bahasa Inggris. Salah satunya kita mampu membangun komunikasi dengan orang lain dari seluruh dunia.

Bagi pemain internet marketing, atau bagi blogger, kemampuan menulis bahasa Inggris dapat meningkatkan income hingga puluhan kali lipat. Dengan usaha yang sama namun hasilnya bisa berlipat ganda. Mengapa? Karena kompetisi iklan dari luar negeri lebih tinggi jika dibanding hanya dari dalam negeri saja.

Tips Menulis Artikel Bahasa Inggris

Nah pertanyaannya, bagaimana cara menulis artikel bahasa Inggris, sementara bahasa Inggris saya masih paspasan.

Sebenarnya, ada 2 teknik yang bisa kita gunakan.

  1. Teknik pertama menggunakan bantuan translate,
  2. Teknik kedua menggunakan metode belajar.

Cara mana yang lebih baik, menurut saya cara yang kedua lebih baik. Kita harus belajar dengan benar bagaimana caranya menulis artikel bahasa Inggris. Artinya kita harus menguasai bahasa Inggris itu sendiri. adasdf

Jika kita ingin menjadi seorang penulis handal, dan ingin tulisan kita enak dibaca, tentu harus memahami gaya bahasa yang paling umum digunakan. Untuk mencapai tujuan seperti ini sangat mudah. Coba saja pupuk kemampuan menulis bahasa Inggris dengan cara rajin membaca setiap hari.

Cari artikel yang berkaitan dengan topik yang ada suka. Cari tema yang simple terlebih dahulu. Anda bisa mencari artikel yang ringan di Internet. Silahkan browsing, saya rasa Anda akan menemukan berbagai jenis artikel, mulai dari majalah, buku untuk anak – anak, hingga tulisan yang berat. Semuanya bisa Anda temukan di Internet.

Membaca dapat meningkatkan kemampuan menulis Anda tanpa sadar. Anda bisa menguasai tata cara menulis artikel bahasa Inggris dengan sendirinya. Syaratnya harus rajin membaca setidaknya 1 jam sehari setiap hari.

Cara pertama

Cara ini tidak dianjurkan, akan tetapi jika memang penguasaan vocabulary kita masih belum banyak, maka kita bisa menggunakan metode ini untuk menulis artikel. Mengapa tidak disarankan? Karena membuat Anda jadi malas belajar bahasa Inggris, Anda mengandalkan translate.

Lagi pula berikut beberapa kekurangannya menggunakan cara  pertama ini

  1. Artikel tidak mudah dibaca karena susunan grammarnya harus diatur ulang
  2. Anda menjadi terbiasa menggunakan translate.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, Anda bisa mencoba menggunakan bantuan aplikasi grammar checker, selanjutnya coba baca ulang atau minta bantuan teman yang pintar bahasa Inggris.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan seperti yang telah saya tulis diatas. Nah sekarang kita coba bahas bagaimana cara menulis artikel dalam bahasa inggris untuk cara yang pertama.

Sebelum menggunakan translate, Kita tentu harus memiliki artikel yang akan diterjemahkan. Anda bisa membuat artikelnya terlebih dahulu, selanjutnya silahkan Anda buka Google translate, dan transfer ke dalam bahasa yang dituju. Disini tentu kita menerjemahkan artikel bahasa Indonesia kedalam bahasa Inggris.

Hanya saja seperti yang telah saya sebutkan diatas, terdapat kekurangan jika kita menggunakan cara ini. Sudah tentu tata bahasanya tidak human friendly, sangat asing bagi pembaca yang berasal dari native English.

Silahkan Anda cari aplikasi Grammar checker untuk menemukan beberapa koreksi pada grammar artikel yang telah Anda translate. Tujuannya untuk meminimalkan kesalahan grammar. Hal ini penting agar artikel setidaknya bisa lebih human friendly.

Cara Kedua

Untuk cara yang kedua memang tidak bisa instan. Akan tetapi banyak manfaat yang akan kita dapatkan dalam jangka panjang. Cara ini kita benar – benar belajar menulis artikel bahasa Inggris.

Gabung di language Exchange terlebih dahulu.

Untuk mengasah kemampuan Anda menulis artikel bahasa Inggris, Anda bisa bergabung terlebih dahulu dengan para pelajar lain. Internet memberikan Anda kemudahan untuk melakukan ini.

Anda bisa bergabung pada portal language excahgne. Contohnya lang-8.com. Di website ini kita bisa saling tukar bahasa, misalkan ada orang bule yang ingin belajar bahasa Indonesia, Nah ini tentu kesempatan yang sangat baik untuk di manfaatkan. Anda bisa mengajari mereka bahasa Indonesia, sementara Anda bisa belajar bahasa Inggris.

Metode language exchange sangat efektif. Karena Anda langsung belajar dari bule.

Selanjutnya, tulislah artikel sederhana pada forum tersebut. Jangan malu, silahkan Anda buat artikel ringan tentang apapun itu. Biasanya mereka anggota forum akan melakukan koreksi terhadap tulisan Anda.

Selanjutnya agar artikel Anda mendapat respon dari orang lain, kita juga harus membuat koreksi pada artikel mereka yang belajar menulis bahasa Indonesia. Nah menarik bukan? Anda bisa belajar langsung dari ahlinya. Artikel Anda akan di koreksi langsung dari bule.

Rajin membaca setiap hari

Selanjutnya, untuk mempercepat kemampuan menulis Anda, Anda harus rajin membaca. Silahkan Anda baca artikel berbahasa Inggris. Cari tema yang simple terlebih dahulu. Sediakan catatan kecil untuk menulis kosakata yang tidak Anda ketahui. Lanjutkan dengan mencari terjemahannya menggunakan Google translate atau kamus. Tujuannya agar vocabulary atau penguasaan kosakata Anda menjadi semakin meningkat.

Praktek Menulis setiap hari

Untuk mencapai tujuan dengan cepat, kita harus rajin menulis artikel setiap hari. Kita harus mau praktek agar skill menulis bahasa Inggris mudah dicapai. Anda bisa memanfaatkan blog untuk menulis atau memanfaatkan forum language exchange seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Mana yang efektif?

Tentu cara kedua yang lebih efektif. Karena cara ini merupakan cara terbaik bagi Anda yang ingin menguasai kemampuan menulis artikel bahasa Inggris. Semakin sering Anda menulis maka semakin banyak ilmu yang akan Anda dapatkan.

Baca juga : Tips Mahir Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris

Kesimpulan :

Menulis artikel bahasa Inggris memang memiliki tantangan tersendiri. Akan tetapi, jika kita memiliki niat yang kuat, maka penguasaan bahasa Inggris sangat mudah untuk dikuasai. Yang penting Anda mau praktek dan rajin belajar. Semoga artikel ini bisa membantu memberikan pencerahan untuk Anda. Salam sukses selalu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap