6 Tips Efektif Mencari Ide Bisnis Buat Kamu yang Ingin Punya Usaha

Apakah kamu ingin punya bisnis?  Tapi kamu masih bingung dari mana kamu harus memulainya karena kamu belum punya ide bisnis?

Tenang, kamu gak sendirian, banyak kok di luaran sana yang sama seperti kamu, namun mereka mampu memulai bisnis karena mereka menemukan ide yang pas kemudian praktek.

Sebenarnya ada teknik atau cara yang bisa memancing ide kreatif kamu muncul. Kamu hanya perlu tenang tak perlu kebingungan. Kita sama sama diberi akal untuk berpikir. Jadi manfaatkan sebaik mungkin.

Berbeda bagi orang yang sudah sukses, bisnis berjalan otomatis, sudah punya karyawan kan? dan punya manajemen jitu.

Kalau kamu sudah sukses begitu, cari ide bisnis baru, bangun lagi agar bisa berjalan otomatis lagi. Itulah teknik membangun aset para miliarder!!!!.

Baca juga: 43 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Cara menemukan ide bisnis

1. Mulai dari mindset memenuhi kebutuhan orang lain agar kamu menemukan ide “menarik”.

Kamu tentu paham bahwa bisnis  yang sukses adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan orang banyak.

Bener gak?

Coba kamu perhatikan penjelasan berikut ini agar di pikiran kamu muncul banyak ide bisnis.

Kebutuhan itu ada banyak misalkan :

  • Butuh karena  muncul trend misal model trend baju jaman now dll. Maka muncullah bisnis butik, para penjahit atau tailor, pakaian bekas dan bisnis fashion.
  • Ada juga yang butuh karena gengsi gengsian atau glamor. Maka muncul bisnis seperti otomotif mewah, sewa mobil mewah, baju  model baru, furniture mewah, hingga bisnis Travel mewah.
  • Kebutuhan olah raga. Maka muncullah lapangan futsal, sewa billiard, sewa fitnes hingga sewa dan jual beli peralatan olah raga.
  • Kebutuhan pokok seperti makanan, minuman, pangan. Maka muncullah bisnis kuliner sukses, petani sukses, peternak sukses hingga tukang tengkulak sukses.
  • Kebutuhan hiburan. Maka muncul bisnis seperti Game, Youtube, Andong Andong, tempat wisata atau water park, panggung hiburan hingga tempat karaoke.
  • Kebutuhan mencari informasi. Maka muncul lah pengusaha besar sekaligus penguasa internet seperti Google search engine. Media informasi seperti blog, situs berita, majalah, hingga radio.
  • Kebutuhan teknologi seperti penciptaan gadget baru hingga para penjual aksesoris teknologi.
  • Dan masih banyak lagi, silahkan kamu buat versi kamu.

Selanjutnya ada lagi dalam perkembangannya menciptakan yang sudah ada namun menjadi lebih mudah.

contoh :

  • Toko online atau online shop membuat orang mudah belanja dari manapun.
  • Ada lagi Gojek, Grabcar, orang jadi mudah mencari jasa transportasi
  • Kemudahan transaksi seperti token listrik, jasa pulsa paket, dan lain lain.

“Setelah membaca penjelasan diatas , penulis yakin kamu sudah punya mindset bahwa bisnis sukses adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan orang banyak.”

2. Bawa buku catatan kecil dan alat tulis, lalu coba mulai perhatikan lingkungan, kemudian catat dengan cara membuat pertanyaan

Ketika kamu berada di kota, di desa, ditempat liburan atau dimanapun, coba renungkan dan perhatikan.

Lalu, buat pertanyaan yang memancing ide kamu seperti :

  • Misalkan kamu sedang melihat pengusaha atau bisnis, apakah bisa bisnis itu saya ikuti, apakah ada ide inovasinya. Atau…? Bagaimana peluangnya ya?
  • Apa ya yang sedang mereka butuhkan ya?
  • Jika kamu melihat sesuatu kegiatan, apakah ada peluang bisnis nya ya yang bisa saya garap?
  • Apakah hobi saya bisa diterapkan untuk seperti yang kamu lihat.
  • Dan buat versi bebas kamu. Pancing kreatifitas kamu.

Nah kamu tentu punya cara sendiri kan? Kamu punya segudang pertanyaan kreatif yang bisa kamu buat untuk menemukan ide tersebut. Coba terus dan mudah mudahan kamu akan menemukan ide bisnis yang menarik.

Bukan hanya itu..

Bahkan ketika kamu nonton televisi atau berselancar di internet, kamu bisa membuat pertanyaan atau memperhatikan dari apa yang ada untuk menemukan ide bisnis.

3. Mulai dari hobi kamu, ini merupakan saran dari sebagian besar pakar bisnis

Bisnis yang sesuai hobi biasanya akan membuat seseorang menikmati proses bisnis nya.

Mengapa?

Sudah jelas sekali bahwa jika bisnis tersebut sesuai hobi kamu, maka kamu tidak akan pernah merasa bekerja, karena kamu sedang menjalankan hobi kamu kan? Semuanya terasa ringan oleh kamu karena kamu suka.

Kamu bisa mencoba melakukan analisa pasar terkait hobi kamu. Coba ketahui, apakah ada peluang pasar yang bisa kamu raih dari hobi kamu tersebut.

  • Misalnya kamu hobi desain grafis, kamu bisa mencoba menjadi foto editor sekaligus fotografer. Jual foto kamu secara online.
  • Jika kamu hobi memasak, kamu bisa mencoba usaha kuliner.
  • Jika kamu hobi menulis, kamu bisa mencoba bekerja menjadi penulis lepas.

Silahkan kamu ambil selembar kertas, lalu kamu tulis apa saja yang paling kamu sukai. Lalu coba analisa apakah ada peluang bisnis yang bisa kamu garap berdasarkan apa yang kamu sukai tersebut.

Cara ini cukup efektif lho, coba saja kamu perhatikan, begitu banyak pengusaha sukses yang awalnya hanya sekedar hobi, tapi berubah menjadi bisnis besar.

4. Mencari sesuatu yang sedang trend saat ini

Jika kamu tidak memiliki hobi seperti penjelasan pada poin nomor 3 diatas, kamu bisa mencoba menemukan ide bisnis berdasarkan produk yang sedang trend saat ini.

Caranya bagaimana?

Mudah, kamu buka dan perhatikan situs e commerce besar seperti tokopedia, bukalapak, aliexpress, alibaba.

Lalu?

Cari menu kategori tentang produk yang sedang trend. Atau kamu bisa mengetik kata kunci pada mesin pencari dengan keyword “Top selling [Nama e commercenya]” atau “Best Selling [Nama e commercenya]

Nah nanti kamu akan menemukan produk apa saja yang sedang laris manis di pasaran. Setelah itu, tentukan produk mana yang ingin kamu jadikan bisnis.

Cara ini memang tidak menjamin bisnis bisa bertahan lama, karena kita melihat berdasarkan trend. Akan tetapi bukan tidak mungkin pula mampu berkembang secara terus menerus dan bertahan lama.

5. Coba lakukan jalan jalan keluar daerah, kota, atau mungkin liburan keluar negeri

Otak manusia biasanya sangat peka bila sedang berada pada suasana santai seperti saat di perjalanan, liburan atau ketika menikmati suasana alam. Kondisi seperti ini biasanya akan muncul banyak sekali ide bisnis.

Untuk itu, kamu bisa mencoba teknik tersebut. Carilah tempat tujuan wisata atau jalan jalan kamu. Buat suasana nya menyenangkan, bawa buku catatan lalu catat ide kamu.

Bisa jadi dengan cara ini kamu akan menemukan ide brilian untuk dijadikan bisnis.

Traveling memang mampu membuat pikiran menjadi cerah. Hal ini karena kamu menemukan hal baru dari rutinitas kamu biasanya.

Mungkin saja kamu akan menemukan suatu bisnis yang belum pernah diaplikasikan ditempat kamu. Tentu metode seperti ini bisa sangat efektif untuk diterapkan ketika kamu sedang mencari ide.

6. Rajin membaca dan belajar

Selanjutnya cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan ide bisnis adalah dengan perbanyak wawasan kamu.

Kamu bisa membaca artikel tentang motivasi dalam bisnis, membaca kisah sukses orang lain atau sekedar menambah wawasan dibidang manajemen bisnsi. Apapun itu yang penting artikel yang kamu baca terkait pada bidang bisnis.

Cara ini cukup efektif menambah wawasan kamu, bisa jadi dari ilmu yang kamu miliki, akan muncul sebuah ide usaha brilian.

Baca juga : Usaha Sampingan Karyawan Yang Dapat Dikerjakan Sambilan

Kesimpulan:

Penulis yakin kamu akan menemukan banyak sekali ide. Jangan pernah ragu dengan diri kamu. Mulailah untuk percaya diri.

Setelah kamu menemukan ide, tetap lakukan analisa yang lengkap mulai dari modal yang dibutuhkan hingga cara kamu menjalankan bisnis tersebut. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi. Salam sukses selalu.

Updated: May 29, 2018 — 6:34 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap