Tips Jitu Agar Rajin Menulis Artikel Bagi Seorang Konten Writter

Profesi seorang penulis artikel sebenarnya sangat menyenangkan. Bayangkan saja, sambil minum kopi di teras rumah, Anda bisa menghasilkan income besar dari kegiatan tulis menulis. Ya, itu bagi mereka yang sudah jago menulis dan pintar dalam mencari ide.

Kita sering mendengar kisah sukses para penulis buku, novel, pemilik blog yang menghasilkan puluhan juta setiap hari. Dari kisah – kisah seperti ini membuat banyak dari kita yang tergiur untuk belajar menulis dan membangun blog.

Akan tetapi, setelah berkecimpung, ada beberapa tantangan yang perlu kita selesaikan. Tidak semudah yang dibayangkan lho. Apalagi membangun blog, perlu dedikasi yang kuat. Namun setelah berhasil, Anda bisa menyewa penulis untuk mengisi blog Anda.

Rajin Menulis

Pertanyaannya adalah, bagaimana bagi pemula? Karena pada kenyataannya, menulis itu butuh ide segar, butuh kreatifitas tinggi agar hasil tulisan sesuai dengan apa yang diinginkan. Nah untuk itu, pada artikel ini kita mencoba mencari cara agar kita bisa rajin untuk terus menulis artikel.

Mungkin Anda seorang penulis blog, seorang penulis artikel lepas, atau mungkin Anda seorang penulis buku. Tak peduli apapun kegiatan Anda, pasti ada yang namanya tidak memiliki ide. Adakalanya ide datang begitu banyak dan jadi bingung mau menulis yang mana, dan terkadang sebaliknya.

Nah agar kita dapat terus berkarya, maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Selalu dikatakan bahwa membaca adalah cara terbaik agar ide Anda terus mengalir

Penyataan tersebut memang benar, dengan memperbanyak bacaan, kosakata dan wawasan Anda bisa semakin bertambah. Anda bisa mendapatkan puluhan ide dalam waktu yang sebentar. Untuk menghilangkan kejenuhan, cobalah baca artikel ringan atau artikel dengan tema yang berbeda dengan topik yang Anda tulis.

Membaca tak hanya lewat pustaka, Anda bisa memanfaatkan internet. Cobalah untuk browsing berbagai macam informasi. Internet kaya dengan informasi digital dengan bahasa apapun. Yang penting Anda pintar memilih topik yang dibahas.

Jauhi konten yang berbau hoax, mengadu domba atau apapun itu yang bersifat negatif. Coba cari artikel bersifat membangun dan memberikan dampak positif bagi kehidupan Anda dan orang lain.

2. Bergabung dengan komunitas penulis

Selain membaca, Anda dapat meningkatkan motivasi menulis dengan cara bergabung dengan para penulis lain. Temukan individu yang memiliki kepribadian ceria, selalu ingin maju. Cobalah untuk sharing ilmu dengan para penulis lain.

Tak ada ruginya jika saling berbagi, malahan dapat membuat motivasi menulis menjadi meningkat. Anda dapat melihat karya mereka

Cara seperti ini cukup efektif mendongkrak semangat Anda untuk selalu menulis setiap hari. Apalagi ketika Anda melihat karya mereka yang luar biasa, tentu Anda ingin seperti mereka. Itulah alasan  yang paling kuat mengapa Anda harus bergabung dengan para penulis lain.

3. Luangkan waktu untuk rekreasi atau melakukan aktivitas hobi Anda

Motivasi bisa datang ketika kondisi tubuh sedang fit, baik itu mental maupun fisik. Ketika Anda terlalu lama menjalankan kegiatan yang monoton, Anda perlu meluangkan waktu untuk rekreasi.

Selain rekreasi, coba juga menjalankan aktivitas yang telah menjadi hobi Anda. Biasanya setelah melakukan aktivitas tersebut, kondisi fisik dan mental kembali bugar. Semangat dan motivasi kembali muncul.

Jika Anda mahir menjaga motivasi dan menjaga semangat, Anda bisa menjadi seorang penulis yang produktif. Dengan demikian, setiap waktu yang Anda miliki dapat dimanfaatkan dengan baik.

4. Bawa buku catatan kecil untuk mencatat ide yang muncul

Pernahkah Anda tiba – tiba mendapatkan ide yang laur biasa ketika berada di pasar atau ketika berada di tempat umum. Nah agar ide tersebut dapat tercatat dengan baik, bawalah buku saku kecil berserta bulpoin. Tujuannya agar semua ide yang muncul dapat tertampung dengan baik.

Setelah Anda kembali ingin menulis, Anda bisa membuka kembali catatan Anda. Coba lihat, apakah ada ide yang bisa dikembangkan menjadi tulisan.

Cara seperti ini cukup efektif agar Anda selalu memiliki ide yang banyak. Anda mungkin mengalami bahwa ada banyak sekali ide yang belum Anda tulis.

5. Ceria selalu

Nah ini mungkin agak sedikit aneh, tapi kenyataannya sifat ceria dapat membuat Anda selalu bersemangat. Ceria yaitu selalu tersenyum, selalu memandang segala sesuatu dari segi positif. Memang benar, dalam kehidupan membutuhkan berpikiran kritis, akan tetapi, ketika membuat artikel, cobalah untuk selalu ceria dan bisa sambil berpikiran kritis.

Mengapa harus berpikiran kritis ketiak menulis? Ya karena kita ingin agar hasil tulisan yang kita buat dapat bermanfaat untuk orang lain. Apalagi bagi Anda yang menulis artikel untuk blog, Artikel Anda akan dibaca oleh publik, untuk itu, Anda harus menjaga tulisan Anda agar sesuai untuk publik.

6. Miliki motivasi senang berbagi

Cara berfikir mempengaruhi kerja lho. Terutama bagi penulis blog dengan tema tutorial. Agar Anda selalu memiliki rasa ingin menulis, maka Anda harus senang berbagi. Yakin lah bahwa prinsip memberi dan menerima.

Membantu orang lain itu tak hanya dengan uang saja, Anda bisa membantu orang lain lewat karya tulisan Anda. Seperti blog tutorial, tulis-lah dengan tulus dari hati, buat tutorial yang dapat menyelesaikan masalah mereka.

Bagi orang yang suka berbagi, mereka akan merasa bangga dan senang sekali ketika berhasil membantu orang lain. Itulah cara terbaik agar Anda bisa menulis artikel setiap hari. Jadi mulai dari sekarang, share pengetahuan kepada orang lain.

Baca juga : Ada Beberapa Cara Mencari Ide Artikel dan Berikut ini Tipsnya

Menulis merupakan pekerjaan kompetensi, bukan bakat, siapapun bisa menjadi penulis. Tekad dan keinginan dan kebisaan akan membentuk Anda menjadi seorang penulis. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan membantu Anda agar selalu menulis artikel. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap