Tips Jitu Untuk Menjadi Lebih Produktif Demi Mencapai Kesuksesan

Produktivitas memegang peranan yang sangat penting untuk kesuksesan kamu. Untuk itu, perlu kamu evaluasi ulang kegiatan dan kebiasaan kamu selama ini dengan mengajukan pertanyaan “Apakah sudah produktif atau perlu peningkatan”.

Mengapa harus demikian? Itu semua dilakukan agar kamu mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin sehingga menjadi orang yang sukses.

Produktif artinya kegiatan kamu tepat sasaran dan menghasilkan apa  yang kamu rencanakan dari segi waktu.

Ada 2 faktor yang mempengaruhi produktivitas seseorang. Yaitu faktor internal dan faktor external. Namun yang paling perlu dikuasai adalah faktor internal.

Faktor internal adalah faktor seperti tekanan stres, pikiran yang tidak fokus dan lain sebagainya. Sedangkan faktor external seperti adanya telepon, chat, email dan lain sebagainya.

Mengapa harus menguasai faktor internal?

Ini jelas, semua tergantung dari pola pikir dan sudut pandang kamu. Jika kamu mengambil sudut pandang pada solusi bukan alasan, maka kamu bisa menguasai ke dua faktor tersebut. Artinya kamu fokus pada solusi dan cara mengatasi nya.

Apa dampaknya?..

Faktor external pun dapat kamu atasi dengan baik. Karena kamu menemukan cara terbaik berdasarkan solusi yang kamu temukan.

Contohnya begini: 

Ada email masuk, kemudian pikiran kamu ingin membukanya, tapi karena kamu bisa mengatur diri, kamu menunda untuk membaca email dan fokus melanjutkan pekerjaan hingga selesai terlebih dahulu, baru kemudian buka email.

Dan.. Masih banyak contoh lainnya. Itulah alasan mengapa banyak pendapat yang mengatakan orang yang sukses adalah orang yang mampu menguasai dirinya sendiri.

1. Buat daftar pekerjaan yang akan Kamu lakukan dengan cara berikut ini “Lengkap Dengan Skala Prioritas”.

Cara agar lebih produktif

 

Waktu terbaik untuk membuat to do list atau daftar pekerjaan besok adalah saat sebelum tidur. Mengapa? Biasanya saat tersebut penuh dengan inspirasi dan impian.

Persiapkan buku saku dan bolpoin, buat list pekerjaan yang akan kamu lakukan besok ketika berada di kantor, di lapangan, atau dimanapun tempat kerja kamu. Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih produktif dan tepat sasaran .

Praktek setiap hari dan lihat hasilnya, kemudian, lakukan review dengan merenungkan kembali. Apakah kegiatan tersebut efektif?

Tak percaya?… Coba lakukan hal tersebut beberapa hari, lihat dampak yang akan kamu dapatkan. Kamu akan mendapati bahwa kamu menjadi lebih produktif.

Apa itu skala prioritas?…..

Sekala prioritas itu sangat penting sekali. Ada 4 cara menentukannya. Coba pilih prioritas pekerjaan dengan 4 poin dibawah ini.

  1. Penting dan mendesak
  2. Penting tapi tidak mendesak
  3. Tidak penting tapi mendesak
  4. Tidak penting dan tidak mendesak

Apa Tujuannya?……

Tujuannya agar kamu tepat memilih mana pekerjaan yang harus di dahulukan. Kamu akan memahaminya sendiri setelah kamu melakukan analisa terhadap kegiatan tersebut.

Tapi…..

Apa yang perlu menjadi catatan adalah : Kamu harus memperhatikan faktor lain. Jaga kesehatan agar tetap bugar seperti dengan memperhatikan kapan harus santai dan kapan harus olah raga. Untuk lebih jelasnya akan penulis ulas pada pembahasan berikutnya.

2. Buat kapan pekerjaan harus selesai agar bisa lanjut ke pekerjaan berikutnya.

Reminder

Selain menentukan skala prioritas. Selanjutnya kamu melatih rasa tanggung jawab yaitu dengan menentukan kapan pekerjaan kamu harus selesai agar tidak terlambat. Tentu item pekerjaan lainnya sudah menunggu kan?

Nah selanjutnya, evaluasi ulang apakah pekerjaan kamu sudah sesuai dengan target atau belum. Dengan cara seperti ini, kamu akan menjadi pribadi yang sangat produktif dan menjadi pribadi sukses.

3. Gunakan Reminder atau Alarm

Jadwal Pekerjaan

Karena kegiatan yang padat atau super sibuk, biasanya kita tidak bisa mengingat satu persatu item daftar pekerjaan yang telah kamu buat.

Nah kita cari solusinya yaitu mencari cara agar ada  yang memberitahu kita. Caranya adalah dengan membuat alarm atau remdinder.

Kamu bisa memanfaatkan smatphone genggam kamu untuk membuat alarm tersebut. Buka fitur kalender, biasanya terdapat opsi untuk membuat reminder sesuai jadwal yang telah kamu tentukan.

4. Fokus Pada Sebuah Pekerjaan itu lebih baik daripada multitasking

Fokus itu lebih baik

Multitasking adalah mengerjakan lebih dari satu pekerjaan secara bersamaan. Cara ini tidak lah efektif. Karena bisa berdampak pada hasil pekerjaan kamu.

Cara yang paling efektif yaitu fokus pada pekerjaan yang sekarang sedang kamu kerjakan. Hasilnya akan menjadi lebih baik ketimbang kamu mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus. Kamu tentu pernah mengalaminya kan? Mana yang lebih baik, fokus atau multi tasking?..

Memang manusia diberi kemampuan untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus di waktu yang sama, akan tetapi otak kamu tidak bisa berpikir secara lebih detail dan dapat mengakibatkan stress karena multitasking.

5. Olah Raga Di Pagi Hari Agar Kamu Menjadi Lebih Energik

Olah raga agar sehat

Dengan melakukan olah raga sekitar 20 menit atau 30 menit setiap pagi ternyata dapat membuat kamu lebih bersemangat. Hal ini memberikan dampat langsung pada aktivitas kamu. Kamu lebih efektif dan lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaan kamu.

Selain membuat kamu semangat, olah raga dapat membuat kesehatan kamu meningkat, fikiran lebih cerah dan cepat.

6. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan Sehat agar Sukses

Makan yang sehat memberikan dampak yang luar biasa bagi kamu selain olah raga diatas. Artinya kamu berusaha menyeimbangkan kerja dan kesehatan kamu. Dengan cara seperti ini, kamu bisa menjadi lebih produktif.

Jadi, selalu perhatikan asupan gizi, seimbangkan dengan olah raga dan kerja. Cara – cara ini bisa membuat kamu lebih cepat dalam berpikir dan menjadi lebih cerdas. Target kesuksesan pun akan cepat tercapai.

7. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Selalu minum air putih

Agar tubuh bugar dan sehat selalu, usahakan untuk banyak meminum air putih. Air putih bersifat menetralisir dan menyembuhkan.

Kamu bisa membaca kisah para profesor yang melakukan penelitian tentang manfaat air putih ini. Kamu akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga.

Baca juga : 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Anda Sukses

Semoga aritkel ini bisa membantu kamu untuk menjadi lebih produktif. Jika ada tambahan dan pertanyaan, silahkan kamu tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap