10 Tips Sukses Jualan Sistem Pre-Order Secara Online

Sistem pre-order atau PO sebenarnya sudah sangat familiar dikalangan para pebisnis online. Jika Anda perhatikan dengan jeli, Anda akan selalu menemukan sistem PO di marketplace saat ini. Selain di marketplace, sistem pre-order atau PO sebenarnya juga sangat banyak dijalankan oleh para pedagang individu.

Apa beda marketplace dan individu?

Marketplace adalah tempat dimana berkumpul nya para penjual dan pembeli, marketplace hanya sebagai sarana. Dengan kata lain marketplace diibaratkan seperti pasar dimana penjual dan pembeli melakukan transaksi.

Sedangkan pedagang individu mengendalikan seluruh proses penjualan untuk bisnisnya, baik sistem reseller, pre-order atau dropshiper.

Kembali ke pembahasan sistem pre-order.

Nah bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis sistem pre-order yang sukses dan laris manis, ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Sukses jualan sistem pre order

1. Jalin kerja sama dengan Suplier atau Vendor terpercaya agar bisnis Anda lancar

Suplier yang profesional pasti akan selalu mengedepankan layanan. Mereka akan selalu melayani Anda dengan baik. Tentu hal ini sangat penting agar bisnis Anda lancar.

Untuk itu, Anda harus pintar mencari vendor atau suplier yang profesional, jangan sembarangan. Tapi pilihlah yang benar benar sudah punya nama. Memiliki jejak yang baik dan memiliki jaringan yang luas.

Anda dapat mencari vendor terbaik dengan tips berikut ini.

  • Coba lakukan analisa portfolio vendor Anda
  • Cari tahu seberapa besar jaringan yang ada
  • Lakukan uji coba dengan menghubungi langsung, jika pelayanannya ramah, Anda bisa menarik kesimpulan bahwa mereka akan selalu melayani Anda.

2. Agar konsumen yakin, buatlah sistem penjualan yang jelas dan mudah dimengerti

Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, maka sebagai pengusaha kita wajib membuat sistem pre order dengan jelas. Rencanakan alur atau sistem dagang Anda terlebih dahulu agar semuanya berjalan dengan lancar.

Anda harus membuat sistem transaksi yang jelas, seperti bagaimana cara transaksi, jadwal kapan pre order akan dibuka hingga berapa lama produk akan di produksi.

Sistem yang jelas sudah pasti mampu memberikan tingkat kepercayaan konsumen, sehingga dengan cara ini dapat membuat reputasi bisnis Anda semakin menanjak.

3. Batasi jumlah order agar terlihat eksklusif

Ketika Anda menjalankan jualan sistem PO, ada baiknya batasi jumlah order yang akan diterima. Cara ini dapat memberikan kesan elegan atau kesan eksklusif bagi produk Anda.

Selain itu, order yang tidak terlalu banyak dapat Anda layani dengan baik. Apalagi jika Anda masih pemula, tentu butuh pengalaman untuk melayani jumlah order yang banyak sekaligus.

Saat Anda melayani order dalam jumlah tanpa batas, sudah tentu Anda akan kewalahan untuk memenuhi order tersebut. Hindari hal semacam ini. Jadi, pastikan bahwa order yang diterima sesuai dengan kapasitas produksi.

4. Catat semua order yang diterima dengan benar untuk memudahkan Anda

Semua order yang masuk harus tercatat dengan baik. Fungsinya agar Anda mampu mengelola order tepat waktu sesuai sistem yang telah Anda tentukan.

Jika perlu, buatlah catatan sistematis yang Anda buat melalui platform canggih. Seperti dengan menentukan kategori wilayah pengiriman, kategori produk dan semacamnya.

Dengan catatan yang lengkap dan terorganisir dengan baik, sudah tentu pekerjaan Anda akan semakin lancar. Dampaknya konsumen pun mampu Anda layani dengan baik, mereka puas lalu order lagi.

5. Tingkatkan pelayanan melalui komunikasi yang on time

Poin ini sebenarnya juga sangat penting untuk selalu diperhatikan. Yaitu melayani konsumen jika ada yang bertanya, baik para calon pemesan atau yang sudah memesan.

Tak pandang bulu, perhatikan semua pertanyaan dan jawablah dengan segera.

Anda juga perlu ramah melayani konsumen. Anda tentu sering mendengar istilah konsumen adalah raja. Memang pada kenyataannya demikian, semakin baik Anda melayani konsumen, konsumen akan semakin puas dan produk Anda akan semakin laris di pasaran.

6. Buat deskripsi jujur dan terperinci agar konsumen tahu tentang produk Anda

Bukan hanya untuk produk digital, semua jenis produk maupun jasa butuh deskripsi. Ini langkah penting, apalagi Anda menjual produk digital. Konsumen sudah tentu ingin mengetahui spesifikasi, deskripsi bahkan kelebihan produk Anda dibanding produk lain.

Deskripsi yaitu penjelasan detail mengenai produk Anda. Buatlah dengan table jika perlu, atau buatlah penjelasan yang paling mudah dimengerti. Sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

Coba saja Anda perhatikan toko online gadget, biasanya mereka menulis deskripsi produk dengan sangat jelas. Anda tak boleh mengabaikan hal ini agar produk Anda laris manis.

7. Desain visual yang menarik dan high definition agar terkesan mewah

Sistem pre order online sangat mengandalkan konten. Seperti deskripsi yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya dan berupa visual grafis atau gambar produk Anda.

Agar konsumen yakin dengan produk yang Anda tawarkan, berilah gambar visual terbaik yang bisa Anda ciptakan. Jangan asal buat saja, tapi perhatikan kesan mewah, kesan elegan dan kesan penting lainnya pada visual produk Anda.

Untuk membuat tampilan yang menarik, Anda bisa belajar bagaimana mengolah grafis dengan bantuan photoshop, atau dengan bantuan aplikasi animasi jika diperlukan.

Tutorial online sudah banyak saat ini, tergantung kemauan Anda untuk mau belajar atau tidak demi kesuksesan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Memulai Sistem Jualan PO?

Awal yang baik dapat menentukan kesuksesan bisnis Anda. Sehingga Anda perlu langkah dan strategi untuk memulainya.

Untuk memulai bisnis sistem pre order lakukan beberapa step berikut.

A. Fokus pada solusi

Langkah pertama tentu menguasai mindset orang sukses. Orang sukses biasanya sangat fokus pada solusi, bukan fokus pada alasan. Mereka hanya mencari cara bagaimana mengatasi sesuatu yang ingin mereka capai.

B. Cari produk yang memiliki nilai lebih

Jika Anda menjual produk orang lain dengan sistem PO, pastikan bahwa produk yang dipilih memiliki popularitas atau memiliki nilai lebih dibanding yang lain. Cara ini dilakukan untuk menarik minat konsumen.

C. Perhatikan pasar dan para pesaing

Untuk menjadi pemenang tentu kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan masing masing. Lakukan analisa pasar yang lengkap untuk memenangkan persaingan secara sehat. Buat sesuatu yang kreatif sehingga brand Anda terlihat berbeda dari yang lain.

D. Kuasai satu bidang produk atau dengan kata lain harus fokus

Untuk mampu menguasai pasar terkadang kita perlu fokus pada suatu bidang. Misalkan Anda fokus pada bidang handhpone, maka Anda harus fokus pada bidang tersebut untuk menemukan celah terbaik jualan pre order.

Selain itu, Anda mampu menjelaskan secara detail tentang produk Anda kepada konsumen. Tujuannya sudah pasti agar konsumen percaya dengan produk Anda.

Baca juga: 6 Tips Sukses Jadi Reseller Pemula yang Patut Untuk Dicoba

Kesimpulan :

Menjual sistem pre order memang memiliki keuntungan tersendiri. Namun untuk memulai usaha tersebut tentu butuh analisa dan strategi yang jelas agar berhasil.

Untuk langkah awal mungkin akan terkesan tidak mudah, akan tetapi jika sudah terbiasa, bisnis akan terasa sangat menyenangkan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda, jika ada pertanyaan ataupun tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: June 4, 2018 — 5:35 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap