Tips Mahir Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris

Mahir Bahasa Inggris

Memiliki kemampuan berbicara atau berkomunikasi dalam bahasa inggris merupakan impian bagi sebagian orang. Apalagi bagi yang berkecimpung atau yang ingin ikut perkembangan di dunia global, maka komunikasi dalam bahasa Inggris menjadi suatu hal yang sangat penting. Untuk itu admin mencoba membahas bagaimana tips nya agar kemampuan komunikasi yang kita miliki bisa meningkat dengan sendirinya.

Terlebih dahulu perlu di bedakan antara bahasa inggris formal dan non formal, artinya ada dua tujuan yang berbeda disini. Sekarang sesuaikan dengan kebutuhan saja, jika anda sedang mempersiapkan diri untuk ikut test toefl maka belajar gramar terlebih dahulu.

  1. Jika anda belajar bahasa Inggris untuk ikut test Toefl dan lain sebagainya yang bersifat formal, maka pelajari gramar dan sebagainya.
  2. Jika anda ingin belajar bahasa inggris secara alami seperti sekarang kita menguasai bahasa sendiri, maka lupakan dulu gramar. Urusan gramar nanti menyusul. Toh dulu waktu kecil kita tidak tahu awalan imbuhan subjek prediket, kalimat aktif kalimat pasif. Iya kan?

Kenapa admin membedakan 2 tujuan diatas? Karena dalam mempelajari bahasa Inggris itu seharusnya sama seperti saat kita masih kecil mempelajari bahasa kita sendiri. Jadi, kemampuan bahasa itu datang  dan di mulai dari mendengar, menirukan, lalu menulis, lalu tata bahasa formal EYD.  Nah cara untuk mencapai level  – level atau tingkatan sesuai dengan poin dua diatas adalah :

Tahap Listening ( Mendengarkan )

Listenig di sini berbeda dengan listening waktu di sekolah, kalau di sekolah materi yang di gunakan itu formal. So sekarang coba dengan cara yang berbeda. Coba cari terlebih dahulu percakapan yang ringan. Artinya carilah mp3 dari podcast,radio, wawancara ringan dan lain sebagainya. Jangan dulu menggunakan mp3 berita atau pidato resmi yang bobot kalimatnya tinggi. Carilah materi percakapan ringan yang sesuai dengan minat anda, jika minat tentang dunia musik, cari podcast percakapan di dunia musik.

Lama kelamaan pasti anda akan mampu familiar dengan kosakata atau pronunciation dalam bahasa inggris. Anda tidak akan bingung mendengarkan kalimat slang dalam bahasa Inggris.  Pada tahap listening atau mendengar ini kuncinya ada pada pengulangan. So, dengarkan saja ber ulang – ulang hingga anda hafal dengan sendirinya. Jangan berfikir macam – macam terlebih dahulu ketika  anda sedang listening, cukup ulangi saja sampai anda bisa menirukan secara otomatis sambil anda mencari di kamus jika ada kata – kata yang tidak di ketahui artinya.

Sebenarnya latihan ini membuat anda secara tidak sadar belajar gramar secara otomatis. Sering di  jumpai tulisan native speaker dimana mereka mengakui sendiri bahwa tidak semua dari native speaker itu  mengerti tentang gramar.

Tahap Membaca ( Reading )

Setelah anda mulai familiar dengan ucapan dalam bahasa inggris hasil dari proses listening di atas, maka sekarang anda akan mulai membaca tulisan dalam bahasa Inggris juga. Disini akan di mulai proses koneksi  antara mendengar dan membaca.  Dimana ketika anda ketemu kosakata yang sama dari hasil listening dengan yang anda baca , secara otomatis ingatan tentang kata tersebut menjalin informasi yang kuat. Dan kosakata tersebut bisa anda ingat dengan baik. Tentu anda akan di temani kamus jika ketemu kosakata yang tidak di mengerti bukan? Nah dari sinilah proses membangun vocabulary di mulai.

Dengan kemajuan internet, anda bisa mengakses jutaan artikel bahasa inggris. Lalu, pilihlah sumber yang bermanfaat dan bisa menunjang kemampuan bahasa inggris anda. Silahkan pilih satu atau dua sumber penulis , karena beda penulis akan berbeda pula kosakata yang sering di gunakan.

Tahap Mendengar Dan Membaca

Seiring waktu kemampuan listening anda akan meningkat, bahkan ketika menonton acara di televisi yang menggunakan bahasa inggris 80 hingga 90 % percakapan bahasa Inggris tersebut bisa anda mengerti.   Di tahap ini kita sudah bisa dan mampu untuk menulis walau gramar nya tidak begitu pas, jangan hiraukan terlebih dahulu. Tetap sering listening dan reading, lama – kelamaan kita akan mengerti  juga tentang gramar.

Cobalah untuk memanfaatkan media sosial entah itu twiter, google plus dan facebook. Ikuti group native speaker yang sedang berdiskusi, cobalah untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi mereka, tanyakan hal – hal yang ringan, atau coba bantu jawab pertanyaan mereka. Dengan proses ini anda akan belajar menggunakan gramar secara otomatis.

Tahap Berbicara Atau Speaking

Nah sekarang karena anda sudah terbiasa mendengar percakapan bahasa inggris, rasanya akan sangat mudah untuk berbicara, walaupun accent (logat) kita sebagai orang asia ini sangat ketara. Jangan minder, percaya diri saja dalam komunikasi. Coba temukan lawan bicara dari native speaker lewat internet atau di daerah anda

Cara lain untuk melatih pronunciation adalah dengan teknik lipsting, mulai lah mengikuti dengan cara meniru percakapan bahasa inggris dengan suara lantang, atau membaca dengan suara lantang.Kalau perlu rekam suara anda lalu dengarkan untuk melakukan koreksi.

Belajar Grammar Dan Teruslah Praktek

Setelah anda mulai lancar dalam bahasa Inggris teruskan dengan praktek, baik itu dengan cara menulis, speaking dengan native speaker ataupun terus mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris setiap hari. Hal ini bertujuan untuk membuat kemampuan anda terus meningkat. Jangan merasa puas dengan hasil yang di capai.

Jika sudah familiar dengan percakapan ataupun artikel bahasa Inggris, belajar gramar pun bisa lebih cepat. Karena sebelumnya kita telah terbiasa dengan penggunaannya hanya saja belum tahu formasi tensesnya.
Nah semoga tips di atas bisa memberikan manfaat buat anda, jika ada sara ataupun kritik silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Selamat berbahasa Inggris ria.




Updated: January 8, 2017 — 1:47 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap