Tips Memaksimalkan Bisnis Menggunakan Media Sosial

Media sosial memang sangat membantu perkembangan bisnis. Bagaimana tidak, ada ratusan juta orang yang mengakses media sosial setiap hari dan rata – rata orang menghabiskan sekitar beberapa jam perhari untuk membuka media sosial.

Dengan demikian, bisa kita ambil kesimpulan bahwa memaksimalkan media sosial perlu dilakukan untuk menambah daya gedor bisnis yang kita jalankan.

Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa, teknik dalam melakukan optimasi media sosial sangatlah banyak. Semua itu tergantung dari cara dan metode yang mereka temukan. Karena memang biasanya pemain bisnis yang sudah lama menggunakan media sosial, mereka tahu benar bagaimana memaksimalkan bisnis lewat media sosial.

Memaksimalkan bisnis dengan media sosial

Secara umum, berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan performa bisnis lewat media sosial

Optimasi dengan Gambar enggagemet

Gambar memang diakui dapat mempengaruhi tingkat ketertarikan user. Untuk itu, perlu teknik pemilihan gambar yang tepat, baik dari segi komposisi warna, jenis text yang di pilihan hingga jenis kata yang digunakan.

Agar tingkat konversi atau banyaknya pengunjung yang tertarik pada setiap posting sosial media anda cukup tinggi, belajarlah bagaimana cara mengoptimalkan posting dengan cara mempercantik tampilan gambar yang Anda pilih. Intinya, berikan yang terbaik pada setiap posting Anda, pilihlah gambar yang benar – benar terkait dan bisa menyampaikan pesan pada bisnis Anda.

Anda bisa memanfaatkan situs online ketika mendesain gambar. Gunakan situs canva.com untuk mempercantik gambar. Nah untuk mengambil gambar gratis, gunakan situs seperti pixabay.com dan pexel.com.

Situs diatas merupakan penyedia gambar gratis, Anda dapat bebas menggunakan gambar tersebut untuk keperluan komersil. Dengan syarat memilih label CC0.

Profil dan informasi yang jelas

Buatlah gambar profil yang jelas dan menarik. Pilih gambar yang dapat memberikan efek positif bagi bisnis Anda. Selain itu, informasi kontak, kantor bisnis, customer service juga harus lengkap dan detail.

Biasanya, jika calon konsumen mulai tertarik, mereka akan melakukan cek terlebih dahulu pada beberapa hal diatas. Mereka ingin percaya terlebih dahulu. Untuk meningkatkan trust dari konsumen, buatlah profil dan informasi profil yang jelas bagi bisnis Anda.

Buat konten yang menarik

Tips selanjutnya agar media sosial Anda dapat memberikan efek yang positif bagi perkembangan bisnis Anda. Selalu buat konten yang menarik bagi mereka. Pilihlah metode terbaik setelah melakukan beberapa percobaan.

Konten yang dimaksud adalah posting pada setiap post yang Anda publish. Semua itu tergantung dari target market yang Anda bidik. Anda bisa menggunakan bahasa santai jika konsumen Anda merupakan kalangan usia muda. Namun, jika target market bisnis Anda dai kalangan pebisnis juga, maka perlu bahasa yang profesional. Akan tetapi, jangan terlalu serius.

Tetap Fleksibel dengan jenis update status Anda

Agar pengikut media sosial bisnis Anda merasa nyaman, selingi update dengan konten selain bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda bisa membuat posting tentang beberapa hal yang lucu, ilmu pengetahuan terkait bisnis dan lain sebagainya. Tujuannya agar para follower merasa fresh dengan update status yang fleksibel.

Status yang terlalu monoton dan itu – itu saja, membuat pengikut merasa bosan, hindari hal tersebut, buat mereka terhibur degan konten lain. Metode ini cukup efektif untuk meningkatkan rasa nyaman para follower setia Anda.

Aktif berkomentar dan berinteraksi

Agar Anda mendapatkan follower baru dan secara otomatis bisa menjadi konsumen baru, Anda harus aktif mengunjungi akun – akun bisnis dan group yang lain. Cobalah untuk membangun komunikasi diantara mereka. Metode ini sangat efektif agar brand Anda bisa terkenal. Bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan media sosial Anda.

Media sosial memang merupakan situs yang bertujuan untuk aktif berinteraksi. Jadi akun media sosial Anda tak cukup hanya update tentang jualan saja, perlu interaksi agar fungsi normalnya juga terpenuhi dengan baik.

Anda bisa berkomentar dengan cara yang sopan dan ramah sekaligus promosi brand yang sedang Anda bangun.

Sangat disarankan agar Anda aktif pada beberapa akun yang memiliki tingkat konversi tinggi, dari sana Anda dapat belajar beberapa hal, mulai dari bagaimana si pemilik bisnis tersebut membuat update dan berinteraksi dengan pengikut mereka.

Perhatikan konsumen Anda

Coba perhatikan apapun feed back yang berasal dari konsumen Anda, perhatikan apa yang menjadi keluhan mereka, atau apapun yang menjadi poin plus bagi mereka. Jawab dan lakukan interaksi dengan baik. Jika Ada yang bertanya, jawab dengan bahasa yang ramah.

Pelayanan yang terbaik dapat memberikan dampak jangka panjang bagi bisnis yang kita jalankan. Dengan demikian, selain interaksi langsung, Anda bisa menyediakan layanan customer service bagi mereka yang memerlukan bantuan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan bisnis lewat media sosial. Sebenarnya, masih ada banyak tips lain yang bisa Anda terapkan. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda. Salam sukses selalu.

Updated: September 14, 2017 — 5:28 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap