Perhatikan Tips Berikut Sebelum Membuat Desain Denah Rumah

Agar rumah idaman terwujud sesuai dengan rencana, maka perlu dilakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Perencanaan yang paling mendasar ketika ingin membuat desain rumah semuanya berawal dari denah. Dari denah rumah, Anda dapat menghitung lalu merencanakan berapa Anggaran biaya yang ingin Anda keluarkan.

Membuat desain rumah sangat mudah bagi orang yang telah mahir dibidang ini, terutama bagi seorang arsitektur atau teknik sipil. Akan tetapi, untuk membuat desain rumah yang efisien dan sesuai dengan estetika keindahan tentu tugas seorang arsitektur.

Tips Desain Rumah

Bagi Anda yang belum punya pengalaman atau belum pernah membuat desain rumah, Anda bisa mencoba membuat sendiri dengan bantuan aplikasi microsoft excel, Google scetchup 3d, atau dengan Autocad.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sebelum membuat desain denah rumah.

Semakin baik analisa yang Anda lakukan, maka semakin baik pula hasil yang akan anda peroleh. Selain tips berikut ini, Anda bisa mencari solusi sendiri dengan bertanya, apa saja aspek yang perlu saya perhatikan agar rencana membuat rumah idaman menjadi terwujud sesuai rencana.

Rencana itu ada banyak,seperti rencana anggaran biaya, rencana gambar 3d, tata letak dan lain – lain. Jadi perhatikan semua aspek lalu analisa secara detail. Tips berikut hanya sebagai saran saja, Anda tentu punya pertimbangan sendiri mengenai kriteria seperti apa bangunan rumah yang ingin Anda bangun. Analisa itu penting.

1. Estimasi Biaya

Segala sesuatu jika direncanakan dengan baik akan menghasilkan produk yang baik pula. Bukan hanya bidang desain rumah, bidang bisnis atau usaha juga seperti itu, butuh plan atau rencana yang jelas agar semuanya bisa berjalan lancar.

Sebelum membuat desain denah rumah, coba hitung terlebih dahulu, berapa biaya pekerjaan yang ada sekarang ini. Anda bisa bertanya pada tukang setempat, berapa upah dan bahan berdasarkan satuan kasar.

Anda bisa berkonsultasi dengan tukang borongan yang Anda kenal untuk menanyakan hal ini. Setelah mengetahui biaya per meter, Anda dapat menghitung lalu menyesuaikan dengan budget yang akan Anda gunakan.

2. Pelajari Estetika Desain

Setelah Anda memperoleh gambaran anggaran biaya bangunan secara kasar. Langkah selanjutnya adalah, pelajari estetika desain. Coba perhatikan, darimana arah sinar matahari, letak arah mata angin dan jalan. Dari sini Anda bisa menyimpulkan bagaimana tata letak denah rumah Anda.

Bagi seorang sarjana arsitektur hal ini tentu sangat mudah bagi mereka. Karena mereka sudah mempelajari ilmu estetika keindahan di bangku kuliah. Nah bagi Anda yang ingin menambah ilmu pengetahuan, Anda bisa mencari informasi tersebut di internet. Silahkan Anda browsing terlebih dahulu.

3. Rencanakan Secara Kasar Terlebih Dahulu

Sebelum Anda membuat denah rumah secara lengkap, alangkah lebih baik Anda rencanakan secara kasar terlebih dahulu di selembar kertas. Coba ambil pulpen lalu buat lah beberapa poin penting terlebih dahulu.

Coba tanyakan pada diri Anda, berapa jumlah kamar yang dibutuhkan, dimana letak dapur, garasi mobil dan sebagainya. Dengan cara seperti ini Anda bisa mengetahui secara detail dan pasti berapa kebutuhan rumah Anda.

Setelah mengetahui hal diatas, langkah selanjutnya adalah, buat gambar tersebut pada selembar kertas.

Setelah selesai, Anda bisa meminta bantuan teman yang ahli atau menyewa seorang drafter yang ahli dibidang arsitektur.

4. Hitung Rencana Anggaran Biaya

Setelah gambar kerja selesai, langkah selanjutnya adalah hitung secara rinci semua anggaran biaya yang diperlukan. Tujuannya agar Anda bisa mempersiapkan bahan bangunan yang akan digunakan sehingga proyek Anda bisa selesai tepat waktu.

Banyak sekali tutorial yang tersebar di internet tentang cara menghitung RAB ini. Anda bisa browsing dengan kata kunci Cara menghitung RAB rumah lengkap xls. Biasanya mereka menyediakan file dengan format xls yang bisa Anda gunakan langsung.

6. Atur Jadwal Pekerjaan

Setelah gambar desain selesai, lanjutkan dengan mengatur jadwal pekerjaan. Anda bisa mengatur jadwal dengan berkonsultasi dengan orang yang ahli pada bidang struktur. Atau Anda bisa melakukan konsultasi dengan tukang borong yang telah anda kontrak.

Tujuannya tentu sama dengan poin diatas yaitu agar pekerjaan Anda tepat waktu dan bisa meringankan Anggaran biaya. Atur semua pekerjaan dan hitung secara cermat agar proyek Anda bisa selesai tepat waktu dan ekonomis.

Semoga artikel ini bisa membantu bagi Anda yang sedang ingin membuat desain denah rumah. Sebenarnya masih banyak tips lain yang belum bisa saya uraikan semua. Jika ada tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Terimakasih.

Baca juga :  Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis

Kesimpulan

Membuat desain rumah memang membutuhkan analisa dan perencanaan yang matang. Tujuannya tentu agar hasil yang diperoleh bisa sesuai dengan harapan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Anda bisa melakukan konsultasi dengan orang yang memang ahli dibidang ini. Semoga membantu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap