6 Tips Mencari Rekan Kerja yang Efektif Untuk Kemajuan Bisnis

Menemukan mitra atau rekan bisnis yang biasa disebut partner bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh langkah yang hati hati untuk menghindari cekcok di kemudian hari. Untuk itu Anda harus sangat selektif ketika memilih partner. Lakukan penilaian berdasarkan beberapa faktor.

Ada banyak sekali contoh yang bisa kita lihat dimana partner bisnis yang tepat dapat memberikan dampak kemajuan usaha yang luar biasa.

Mitra atau partner memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari partner dibidang pemasaran, produksi hingga modal.

Mencari partner bisnis

Berikut ini ada beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan ketika mencari partner bisnis Anda.

1. Memiliki tujuan yang sama

Sebelum memilih partner bisnis, pastikan partner bisnis Anda memiliki tujuan yang sama dengan apa yang sedang menjadi tujuan Anda. Jangan asal comot partner, karena hal ini sangat tidak baik bagi keseharian bisnis Anda.

Akan tetapi jika tujuan utama Anda sejalan dengan partner, sudah dapat dipastikan kegiatan bisnis akan selalu mendapatkan dukungan, selalu bersama setiap langkah dan pastinya hal ini akan memberikan dampak yang sangat luar biasa.

Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, akan tetapi karena adanya kesamaan tujuan, maka semua kelebihan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Lebih baik mengambil keputusan berdasarkan penilaian dari banyak pikiran dibanding hanya dari satu pikiran saja. Nah, dengan adanya partner yang tepat, pengambilan keputusan bisnis tentu menjadi lebih mudah bukan?

2. Mempunyai pengalaman

Pengalaman juga merupakan faktor penting yang harus Anda perhatikan. Coba cari tahu rekam jejak partner Anda. Apakah memiliki pengalaman dibidang bisnis yang sedang Anda tekuni.

Lebih baik mencari partner yang sudah memiliki pengalaman yang banyak ketimbang memilih partner yang tidak tahu sama sekali. Terutama pengalaman dibidang yang sama dengan bisnis Anda.

Dari pengalaman partner, Anda dapat belajar mengetahui apa saja langkah yang dan strategi yang harus dilakukan.

Bahkan Anda dapat belajar hal baru dari pengalaman partner Anda. Hal seperti ini tentu memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi Anda.

3. Memiliki pemahaman bisnis yang sedang dijalankan

Lebih baik Anda mempertimbangkan dari segi pemahaman bisnis yang sedang dikelola dari pada hanya memandang dari segi modal saja.

Poin ini sebenarnya hampir mirip dengan poin diatas, akan tetapi lebih menekankan pada pemahaman bisnis, bukan dari pengalaman.

Pemahaman bisnis artinya partner bisnis Anda memiliki pengetahuan yang cukup, memahami tujuan bisnis, memahami bagaimana proses bisnis yang sedang dikelola dengan baik.

4. Mengetahui latar belakang partner

Mencari partner yang tepat memang gampang gampang susah, apalagi partner bisnis yang memberikan pengaruh positif bagi bisnis Anda. Namun ada satu lagi teknik yang bisa dijadikan sebagai pedoman ketika mencari partner bisnis yaitu dengan mengetahui rekam jejak partner bisnis Anda.

Anda dapat mengajak rekan Anda untuk bekerja sama dalam bisnis jika diketahui bahwa rekan Anda memiliki latar belakang yang baik. Ini sangat penting agar visi dan misi dapat sejalan dengan target bisnis Anda.

Anda dapat melihat dari sisi pengalaman, dari sisi pemahaman atau apapun itu yang memberikan pengaruh positif bagi bisnis Anda.

Semua pebisnis tentu ingin maju. Jadi, pilihlah dengan teliti sebelum Anda menentukan rekan bisnis Anda.

5. Dapat dipercaya

Setelah beberapa langkah diatas, ada lagi faktor yang harus Anda perhatikan. Yaitu tingkat kepercayaan Anda pada partner Anda.

Coba perhatikan, apakah Anda memiliki rasa curiga pada partner Anda. Apa penyebabnya? Jika masih memiliki rasa curiga, Anda dapat mencari partner baru yang lebih dapat dipercaya.

Partner yang memiliki sikap jujur biasanya akan memberikan dampak positif. Bisnis menjadi lebih mudah untuk dikembangkan dan bahkan akan terus mengalami pertumbuhan pesat.

6. Memiliki keterampilan bisnis

Poin selanjutnya adalah Anda haru mencari partner yang memiliki keterampilan bisnis. Terutama pada bidang yang sama dengan bisnis Anda.

Keterampilan bisnis dapat diperhatikan dari rekam jejak partner Anda. Apakah pernah menjalankan bisnis, memiliki bisnis atau sukses dalam berbisnis.

Carilah partner yang sudah terbukti memiliki keterampilan berbisnis yang sukses. Karena hal ini akan memudahkan Anda juga.

Partner yang memiliki keterampilan akan memberikan pengaruh positif. Sehingga Anda tak perlu lagi mengajarkan strategi bisnis, malah Anda akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga.

7. Memiliki kredibilitas yang baik

Langkah selanjutnya faktor yang dapat Anda perhatikan ketika mencari partner bisnis adalah dengan memilih partner yang memiliki kredibilitas baik.

Lebih baik di awal awal Anda memperhatikan poin ini. Kredibilitas sama seperti citra nama yang baik, perilaku baik, atau pencapaian yang baik.

Pengaruhnya akan sangat banyak bagi bisnis Anda. Biasanya orang yang memiliki kredibilitas baik pasti menjaga bentuk kerja sama yang dijalin. Hal ini tentu akan memudahkan Anda.

Baca juga: 6 Tips Membangun Tim Kerja yang Efektif dan Efisien Untuk Bisnis

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa poin yang perlu Anda perhatikan ketika mencari partner bisnis. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda. Jika ada pertanyaan ataupun ide, silahkan tulis pada form komentar di bawah ini.

Updated: June 24, 2018 — 3:18 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap