Tips Mengelola Blog Agar Visitor Terus Bertambah Setiap Hari

Satu satunya cara terbaik agar blog terus berkembang adalah dengan selalu menyajikan konten baru. Bukan hanya konten baru saja, melainkan konten yang berkualitas. Karena kita tahu bahwa konten merupakan penentu kesuksesan sebuah blog.

Bagi Anda yang baru memulai membangun blog tentu bertanya, apa sih yang harus saya lakukan agar visitor blog saya terus meningkat? Saya juga seperti itu, sering bertanya pada diri sendiri, apa sih yang harus saya lakukan agar blog ini terus berkembang?

Blog yang sudah lebih dahulu besar biasanya melakukan update secara rutin. Penerbitan konten baru dibantu oleh beberapa penulis yang sengaja disewa agar selalu uptodate. Berbeda dengan blogger pemula yang justru menggunakan tenaga sendiri untuk menulis artikel.

Untuk itu, ada beberapa strategi yang bisa kita lakukan agar kita mampu melakukan update setiap hari.

1 . Cobalah rajin membuka website dalam dan luar negeri

Manfaatkan handphone Anda untuk membuka dan membaca website dari luar negeri atau website dalam negeri. Selain dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman, membaca mampu mengasah kemampuan menulis Anda menjadi semakin tajam.

Tujuan kita rajin membaca agar kita selalu memiliki ide fresh setiap saat. Dengan demikian, Anda akan mampu menerbitkan artikel – artikel fresh setiap hari.

Pendapat mengenai berapa jumlah artikel yang harus di update memang masih diperdebatkan. Ada banyak versi. Versi pertama ada  yang mengatakan bahwa update cukup seminggu sekali yang penting berkualitas. Versi kedua mengatakan bahwa update artikel minimal 1 artikel perhari, kalau bisa lebih dari itu.

Mana yang benar? Menurut saya tergantung dari pengalaman masing – masing dan cara menanggapinya. Saya selama ini hanya mengandalkan update rutin saja. Dan memang blog ini mulai menunjukkan hasil.

Untuk jumlah pembaca setiap hari memang-lah tidak terlalu besar, akan tetapi apa yang membuat saya senang adalah jumlah pembaca yang terus mengalami peningkatan secara terus menerus.

Yang saya lakukan hanyalah update secara rutin. Dan untuk mendapatkan ide, biasanya saya hanya memperbanyak wawasan dengan cara membaca artikel – artikel dari internet, buku, atau dari media lain.

2. Promosikan situs Anda secara wajar sehingga memberikan dampak bagi SEO blog.

Menerbitkan artikel berkualitas saja tidak cukup. Masih ada hal lain yang perlu kita lakukan. Setelah menerbitkan artikel, langkah selanjutnya kita juga harus mempromosikan artikel tersebut agar dibaca oleh orang lain.

Ada perbedaan yang signifikan antara artikel yang dipromosikan dan tidak. Namun yang pasti adalah mengenai kualitas artikel. Jika artikel Anda memang layak dan disenangi pembaca, dengan promosi sederhana saja artikel akan mampu bersaing dengan blog – blog popular lainnya.

Kemana harus mempromosikan artikel?

Dari segi biaya, ada 2 metode yaitu metode gratis dan metode berbayar. Untuk metode gratis, Anda bisa melakukan promosi lewat media sosial. Sedangkan untuk cara berbayar, Anda bisa menggunakan jasa iklan online. Gunakan saja Google Adword.

Google Adword merupakan tempat memasang iklan terbaik dan berkualitas. Anda bisa menjangkau audien dari mana-pun berdasarkan target yang Anda tentukan.

3. Belajar bagaimana membuat artikel menarik dan enak dibaca

Artikel berkualitas belum tentu enak dibaca, begitu juga sebaliknya, artikel yang enak dibaca belum tentu berkualitas. Lalu pertanyaannya adalah artikel seperti apa yang harus ditulis. Menurut saya artikel terbaik adalah artikel yang berkualitas sekaligus enak dibaca.

Membuat artikel yang enak dibaca sekaligus berkualitas bisa kita lakukan jika kita mampu memahami tema yang ditulis.

Nah agar kita mampu menguasai metari, maka kita harus rajin membaca. Terutama pada tema yang sama dengan apa yang sedang ditulis.

4. Jaga kualitas hosting blog Anda agar selalu cepat

Melakukan update artikel rutin dan menjaga kualitas artikel belum cukup. Anda perlu memperhatikan kecepatan loading blog. Untuk itu, lakukan cek secara rutin kondisi server Anda agar selalu up.

Blog dengan kualitas server tinggi biasanya mendapat skor seo yang lumayan tinggi. Alasan utama karena mesin pencari sekarang ini mengedepankan kepuasan para pengguna internet. Sehingga memang sudah menjadi kebutuhan bahwa kecepatan akses merupakan faktor penting yang harus selalu Anda perhatikan.

Baca juga : Mengapa Konten Harus Berkualitas dan Selalu Update

Itulah tadi beberapa cara agar blog Anda terus berkembang. Sebenarnya, masih banyak cara lainnya yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mendapatkan pengalaman sendiri setelah melakukan aktivitas blogging. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran bagi Anda. Salam sukses selalu.

Updated: December 5, 2017 — 2:06 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap