Tips Menulis Artikel Cepat Bagi Pemula

Menulis mungkin menjadi pekerjaan yang tidak mudah bagi sebagian orang, perlu pemikiran yang matang dan analisis yang mumpuni untuk menghasilkan artikel yang berkualitas.

Nah bagi Anda yang ingin mulai menulis, berikut ini admin sajikan beberapa Point yang bisa anda pelajari, tentang bagaimana cara menulis artikel.

Artikel merupakan Kalimat yang disusun sedemikian rupa dengan tujuan menyampaikan informasi kepada pembaca.

Jago menulis

Agar tujuan dari artikel yang ditulis tercapai, maka disinilah poin penting yaitu menulis dengan sistematis terstruktur, dan menarik untuk dibaca.

Nah untuk YouTube mempelajari teknik menulis sangat membantu anda dalam mencapai tujuan tersebut

Berikut ini ada beberapa metode tentang cara menulis artikel.

1. Tentukan topik artikel kamu.

Sebuah artikel yang berkualitas tentu memiliki tema ataupun topik yang jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca artikel kamu.

Inilah langkah awal yang perlu kamu Tentukan terlebih dahulu sebelum kamu menulis artikel.

Jika kamu bingung menemukan topik yang ingin kamu tulis, lakukan riset terlebih dahulu dengan cara membaca judul judul artikel yang ada di internet.

Jika kamu seorang blogger yang sudah lama berkecimpung, menemukan topik ataupun judul artikel bukanlah merupakan pekerjaan yang sulit.

Nah biasanya seorang blogger, pasti memiliki website panutan yang menjadi referensi ketika mereka memilih topik artikel.

Nah Jika kamu seorang pemula, temukan terlebih dahulu website panutan yang ingin kamu jadikan referensi.

Bagi pemilik blog Pilihlah topik yang mudah dimengerti oleh masyarakat luas. Atau pilihlah topik yang sesuai dengan niche blog kamu.

2. Lakukan Riset

Langkah selanjutnya lakukan riset pada topik yang kamu pilih. Kamu bisa melakukannya dengan cara searching di internet.

Pilih topik yang sesuai lalu bacalah dan buat not terlebih dahulu atau catatan pada buku kecil.
Jika terasa ribet, kamu bisa langsung membuat judul terlebih dahulu, lalu menbuat list atau daftar item yang menjadi ide pokok tulisan.

Menulis menang pada awalnya akan terasa berat. Namun seiring berjalannya waktu, maka kegiatan menulis akan terasa sangat menyenangkan.

3. Gunakan rumus 5W 1H.

Rumus 5W 1H merupakan rumus yang paling banyak digunakan oleh para penulis handal. Dengan rumus ini mereka mampu Menulis artikel dengan cepat tepat dan mudah dimengerti oleh para pembaca.

Rumus 5W 1H adalah: What, Why, When, Where, Whod an How.

Rumus 5W 1H sangat membantu kamu dalam menulis artikel dengan cepat.

Nggak percaya, Coba saja Praktekkan. Kamu bisa menuangkan ide kamu dengan menggunakan rumus tersebut.

Sudah pasti dari pertanyaan tersebut akan muncul jawaban yang menjadi tulisan artikel kamu.

Bagaimana? Mudah bukan?

Selain dari teknik rumus 5W 1H, kamu bisa menulis dengan cepat, Yakni dengan mempelajari lima jenis paragraf, diantaranya adalah paragraf narasi deskripsi dan argumentasi.

4. Mengumpulkan informasi atau bahan untuk artikel kamu.

Artikel yang lengkap, penyampaian yang menarik sudah tentu hal yang harus kamu jadikan prioritas.

Hampir sama dengan langkah sebelumnya. Yaitu carilah referensi sebanyak mungkin. Kuasai temanya lalu kumpulkan informasi tersebut dan tulislah dengan gaya bahasa semenarik mungkin.

Beda penulis sudah tentu beda gaya bahasa, namun jika kamu masih bingung, santai saja. Tetaplah praktek menulis agar kamu menemukan gaya tulisan kamu.

Untuk menemukan gaya bahasa, cobalah untuk selalu membaca artikel orang lain. Semakin rajin kamu membaca, maka semakin jago kamu menulis.

5. Gunakan gaya bahasa yang sesuai target pepembaca.

Langkah berikut nya, buatlah artikel dengan gaya bahasa yang sesuai untuk pembaca kamu. Misalkan kamu menulis artikel tentang fashion terkini dengan target pembaca anak muda, maka buatlah artikel dengan gaya bahasa kekinian, santai dan biasa digunakan oleh kalangan muda.

Begitu juga jika artikel kamu menargetkan pembaca dari kalangan orang tua, maka buatlah artikel dengan gaya bahsa yang cocok dengan mereka.

Bagi seorang bloger, menulis artikel tentu disesuaikan dengan pembaca blog. Nah, belajarlah tentang gaya bahasa. Cari sumber referensi sebanyak mungkin agar kamu bisa menemukan gaya bahasa yang pas.

6. Praktek Menulis Setiap Hari

Seperti keahlian yang lain, menulis juga perlu latihan agar kemampuan kamu terus meningkat. Untuk itu coba lakukan praktek setiap hari.

Jika tidak ada, coba searching dan bacalah artikel dari manapun yang sesuai dengan tema blog kamu.

Setiap penulis itu sama saja, pada awalnya pasti mereka belajar dan merasakan bahwa menulis itu tak mudah.

Namun seiring berjalannya waktu, maka kebiasaan menilis akan menjadi sebuah hobi yang sangat menyenangkan.

Kamu bisa saja praktek dengan menulis apapun yang bisa kamu jadikan bahan. Mulailah dengan tulisan yang ringan terlebih dahulu..

7. Gunakan gaya tulisan khas dirimu

Setelah kamu terbiasa menulis, lama kelamaan kamu akan memiliki gaya bahasa. Dan ini akan menjadi cirikhas blog kamu.

Gaya bahasa bisa didapat setelah kamu rajin praktek setiap hari. Coba saja lakukan step diatas, penulis berharap kamu mampu menemukan gaya tulisan mu dan mampu menciptakan artikel menarik.

Nah itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu coba agar kemampuan menulis kamu menjadi semakin meningkat. Semoga artikel ini bisa membantu kamu. Salam sukses selalu.

Updated: —

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap