Tips Meraih Sukses Dalam Bisnis dan Karir Anda Untuk Jangka Panjang

Tak dapat di pungkiri bahwa kesuksesan merupakan impian semua pebisnis? Akan tetapi mengapa ada yang sukses dan tidak? Apa bedanya?. Pertanyaan semacam ini sangat penting untuk kita jawab. Hal ini bertujuan agar kita semakin mudah untuk meraih sukses tersebut.

Mengapa? Karena setelah menjawab pertanyaan tersebut, kita menjadi tahu alasan dan teknik melakukannya, sehingga kita berada pada cara yang tepat untuk meraih kesuksesan.

Banyak sekali manfaat ketika kita berhasil meraih kebebasan finansial. Selain dapat membantu orang lain, kesuksesan membuat Anda menjadi tokoh inspirasi bagi orang lain. Saya rasa dampaknya akan sangat luar biasa.

Meraih Sukses Bisnis

1. Percaya pada kemampuan diri

Anda harus percaya pada kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Kepercayaan diri mampu melakukan sesuatu dapat membuat Anda bertindak, bukan cuma mimpi tapi melakukan tindakan nyata untuk mewujudkan mimpi tersebut menjadi nyata.

Banyak diantara kita yang hanya punya ide tapi tak kunjung direalisasikan. Alasannya sederhana, yaitu masih ada keraguan dan tidak percaya dengan kemampuan diri.

Cara mengakali-nya cukup mudah, temui seseorang yang sudah ahli di bidang yang Anda target, lalu belajar dari orang yang tepat. Gunakan teknik ATM, amati tiru dan modifikasi.

Belajar dari orang yang berpengalaman akan lebih baik dari pada hanya belajar dari para teoriwan saja, Anda perlu tahu bagaimana pengalaman mereka dan bagaimana mereka mencapai sukses.

Sebagai contoh, misalkan Anda ingin jago bermain badminton, lebih baik Anda belajar dari juara-nya badminton, bukan juaran sepak bola. Itulah yang dinamakan metode belajar dari orang yang tepat. Cari dan temukan mereka. Yang jelas sesuai dengan bidang Anda.

2. Jaga Diri dan Perilaku Anda

Poin ini begitu penting karena dapat menentukan bagaimana Anda akan diperlakukan oleh orang lain.

Agar Anda dihargai orang lain, hargai mereka terlebih dahulu. Jaga sikap dan tingkah laku Anda agar lebih berwibawa, ramah dan hangat kepada orang lain. Siapapun itu, tak peduli apakah mereka para pekerja Anda, teman, atau pun keluarga.

Memang tidak mudah, perilaku sangat berkaitan erat dengan kebiasaan dan pola pikir yang telah terbentuk sejak lama. Akan tetapi itu semua bisa berubah jika Anda mau dan ingin menjadi pribadi yang lebih baik demi kesuksesan Anda.

Bukan berarti harus menjadi orang lain, akan tetapi harus menjaga sikap layaknya orang yang sukses. Coba perhatikan bagaimana bos besar dan pengusaha besar dalam menjalin hubungan sosial.

3. Review plan Anda selalu

Agar motivasi selalu terjaga, coba baca kembali garis besar misi dan visi Anda. Sifat dasar manusia biasanya suka berubah, akan tetapi jika Anda merupakan orang yang memiliki pendirian teguh, mungkin mudah untuk selalu menjaga plan yang telah Anda buat.

Menjaga plan sama seperti melihat peta ketika berjalan, Anda tahu dimana posisi Anda sekarang dan tahu kemana arah tujuan Anda.

Saya sendiri selalu mengingat, apa sih target secara garis besar saya ketika membangun blog ini. Hal inilah yang akan selalu memotivasi saya untuk selalu berbagi dan share berbagai ilmu pengetahuan.

4. Membiasakan diri untuk membuat jurnal

Jurnal merupakan catatan keseharian Anda, dengan kata lain sama seperti buku harian, namun jika terlalu sibuk, Anda tak perlu melakukan poin ini. Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca bahwa ternyata kebanyakan orang yang sukses memiliki catatan buku jurnal kegiatan mereka.

Nah ketika Anda membaca ulang pencapaian dan kegiatan Anda pada buku jurnal harian, Anda dapat menilai sejauh mana efektivitas kerja yang Anda lakukan. Dari sinilah muncul inovasi baru, teknik dan strategi baru agar lebih baik.

5. Terus Belajar dengan memperbanyak referensi seperti membaca

Jangan pernah berhenti untuk selalu membaca, karena membaca merupakan jendela ilmu. Dengan banyak membaca, wawasan menjadi semakin luas dan dapat membantu setiap kali Anda mengambil keputusan.

Keputusan yang diambil berdasarkan analisa akan memberikan peluang sukses yang lebih besar. Terutama ketika Anda mengambil keputusan besar.

Manfaatkan internet, perpustakaan, majalah atau apapun itu yang bisa memberikan Anda informasi terkait dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Cara seperti ini jangan Anda sepele-kan, sebab banyak inovasi baru yang muncul karena mendapatkan informasi baru.

Dari berbagai informasi yang telah Anda baca, biasanya akan menimbulkan suatu kesimpulan baru dan hal ini memunculkan ide baru yang dapat membuat bisnis Anda terus berkembang.

6. Belajar dari pengalaman yang Anda miliki atau belajar dari pengalaman orang lain agar bisnis Anda dapat lebih efektif

Anda sudah pasti sering mendengar istilah pengalaman adalah pengalaman yang paling berharga. Pernyataan ini memang benar, pengalaman memberikan pelajaran yang sangat berarti, Anda bisa mengetahui strategi dan plan mana saja yang bekerja dan tidak.

Pengalaman orang lain juga bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga. Coba sharing dengan orang – orang yang memiliki hobi dan bidang yang sama, atau dengan orang – orang yang telah berhasil. Pelajari apa saja pengalaman yang telah mereka miliki. Jika pendekatan yang Anda lakukan tepat, mereka tidak segan – segan memberikan pengalaman mereka pada Anda.

7. Selalu lakukan introspeksi diri

Agar bisa terus berhasil dalam jangka panjang, selain mereview dan mengingat visi dan misi Anda, Anda bisa mencoba untuk introspeksi diri. Pelajari diri Anda kembali, temukan dimana kelebihan dan kekurangan Anda, apakah ada perubahan, apa yang harus di kembangkan.

Pertanyaan – pertanyaan tersebut dapat membantu Anda untuk menjadi lebih baik

Baca juga : Cara Memulai Usaha Dari Awal Agar Sukses Jangka Panjang

Masih banyak sekali cara lain yang perlu Anda lakukan agar Anda bisa berhasil dalam jangka panjang. Silahkan perbanyak mencari referensi, temukan passion dan jaga motivasi Anda agar selalu menjadi lebih baik.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi untuk Anda. Jika ada ide tambahan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: November 7, 2017 — 5:25 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap