Tips Percaya Diri Agar Terus Menulis Artikel Yang Bermanfaat

Motivasi Menulis

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai pengingat saya sendiri, sekaligus sharing agar kita bisa percaya diri saat menulis artikel. Tak peduli apapun latar belakang kita, yang jelas, jika sudah membuat blog, maka mau tidak mau kita harus terus menulis.

Kecuali bagi blogger yang menggunakan jasa penulis atau blogger yang telah mahir menulis, Tips berikut ini tidak penting bagi mereka. Bagi kita, sebagai orang yang terkadang tidak percaya diri saat menulis, tentu harus berusaha agar percaya diri bisa terus meningkat.

Seperti yang sering saya tulis sebelumnya bahwa membuat blog itu mudah, hanya butuh waktu beberapa jam saja blog sudah jadi. Akan tetapi menjaga konsistensi dan membangun blog hingga popular butuh teknik dan kerja cerdas.

Kerja cerdas berarti kita harus mampu untuk selalu melakukan inovasi, mampu untuk memberikan informasi yang menarik untuk pembaca. Nah rasa percaya diri, bisa membantu Anda mencapai kemampuan tersebut.

Konten merupakan penentu kesuksesan sebuah blog, maka kita harus tahu teknik membuat konten yang menarik. Namun terkadang ada semacam perasaan tidak percaya diri ketika menulis. Perasan semacam ini saya rasa pernah dialami oleh blogger pemula termasuk saya.

Pernahkah Anda merasa tidak percaya diri dengan tulisan Anda? Perasaan semacam ini harus segera diatasi. Harus segera dirubah jika kita ingin blog terus bersaing dengan yang lain. Kalau tidak sekarang, lalu kapan lagi?

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa meningkatkan rasa percaya diri ketika menulis artikel.

1 . Kuasai Tema ketika ingin menulis

Percaya diri bisa timbul ketika kita menguasai tema atau menguasai topik yang ingin disampaikan. Nah, langkah penting pertama yang harus kita lakukan ketika ingin percaya diri semakin meningkat adalah kuasai tema nya.

Cara menguasai tema pun terbilang cukup mudah, gunakan saja mesin pencari untuk membaca referensi yang lengkap. Atau kita bisa membaca buku di perpustakaan, majalah koran, televisi dll. Pokoknya yang masih terkait dengan topik yang ingin ditulis.

Jika tema berasal dari praktek offline, lakukan pemahaman yang banyak pada praktek Anda. Praktek semacam ini bisa membuat pemahaman semakin meningkat, Anda bisa dengan mudah menulis artikel tentang tema tersebut.

Setiap penulis juga begitu, mereka rajin membaca, rajin mencari informasi tambahan. Jadi bukan hanya bagi pemula, yang sudah mahir juga terus membaca lho.

Hindari menulis secara sembarangan, karena tidak baik bagi blog Anda. Kualitas harus menjadi prioritas utama. Search engine sekarang sudah modern, algorimta SE sudah bisa mengukur kualitas konten. Cara yang paling tepat adalah dengan mengukur bagaimana reaksi pembaca ketika membaca artikel Anda.

Untuk mampu menulis artikel yang berkualitas, tentu kita harus percaya diri dan harus menguasai tema kan? Nah percaya diri bisa timbul ketika kita paham dengan tema tersebut.

Itulah alasan utama mengapa kita harus menguasai tema. Tujuannya selain meningkatkan rasa percaya diri, menguasai tema bisa membuat artikel Anda lebih menarik dari yang lain. Artikel Anda akan menjadi pemenang di mesin pencari.

2. Jangan ingin sempurna tulis saja dulu

Memang bertolak belakang dengan prinsip pertama tadi yaitu menulis sebaik mungkin. Akan tetapi, terkadang ada rasa minder ketika ingin menulis artikel. Rasa ini memang wajar bagi i pemula. Pertanyaannya, jika dibiarkan kapan kita mulai menulis?

Nah solusinya paling mudah, apa itu? langsung saja menulis. Jangan hiraukan perasaan minder. Lupakan saja dengan mengetik apa saja yang ingin Anda sampaikan. Apalagi jika Anda menguasai temanya, sudah tentu tulisan akan mengalir cepat.

Keahlian yang terus diasah akan menjadi kebiasaan. Dari kebiasaan menjadi mahir. Ketika merasa mahir menulis, Anda \menjadi semakin percaya diri ketika menulis. So mulai saja praktek, ketik saja apapun di media tulisan Anda. Bisa di blog, microsoft word atau notepad, yang penting praktek saja terlebih dahulu.

3. Cermati semua artikel – artikel Anda yang popular di mesin pencari

Bagi Anda yang sudah menerbitkan banyak artikel di blog, pasti akan menemukan artikel – artikel popular di mesin pencari yang mendatangkan ratusan bahkan ribuan pembaca setiap hari. Nah Anda bisa belajar dari artikel – artikel tersebut.

Ketika Anda merasa tidak percaya diri, baca kembali, lihat bagaimana artikel – artikel Anda yang sudah popular. Artinya, Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa Anda mampu menulis artikel yang menarik.

Ulangi strategi dan bahkan modifikasi teknik nya agar setiap membuat artikel baru dapat dengan cepat menjadi popular. Langkah ini juga dapat menimbulkan rasa percaya diri Anda menjadi semakin baik. Anda bisa mengerti gaya dan cara penyampaian yang bagaimana bisa membuat artikel tersebut mendatangkan banyak visitor.

4. Latihan menulis setiap hari

Apapun bidang yang Anda tekuni, jika dilakukan berulang – ulang akan menjadi kebiasaan. Anda bisa menjadi mahir dalam bidang tersebut. Ambil contoh seorang pemain sepak bola, mereka latihan setiap hari. Coba contoh lagi orang yang rajin belajar, biasanya mereka pintar.

Begitu juga dengan menulis,Anda harus rajin latihan. Praktek saja setiap hari, jadikan menulis sebagai kebutuhan Anda. Bahkan jadikan menulis sebagai hobi Anda. Dengan demikian, rasa percaya diri akan terus tumbuh.

Laihtan sesering mungkin dapat melatih kemampuan menyusun kosakata dengan baik. Anda mampu menyampaikan ide secara runut. Kemampuan tersebut bisa dicapai seiring bertambahnya jam terbang menulis Anda.

Setiap artikel yang telah Anda terbitkan menyimpan pengalaman. Anda bisa menarik kesimpulan dari apa yang telah Anda tulis. Kalau tidak rajin praktek, ya kapan bisanya?

Artikel lain : Pengetahuan Dasar Membuat Blog Bagi Pemula Agar Berhasil

Kesimpulan :

Percaya diri merupakan faktor penting agar Anda mampu menulis secara konsisten. Selain konsisten, percaya diri dapat membuat tulisan Anda semakin menarik, semakin berkualitas dan enak dibaca. Untuk itu, tips diatas sengaja saya tulis Agar kita mampu untuk selalu berkarya. Memberikan hasil terbaik bagi pembaca blog Anda. Selamat berkarya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap