Tips Posting Artikel Setiap Hari Di Blog Dan Manfaatnya

Menulis artikel blog setiap hari

Ilustrasi

Prinsip yang paling penting dalam membangun sebuah blog adalah menyediakan konten yang berkualitas. Itu kunci utama yang harus selalu Anda pegang. Jadi, walaupun anda mengejar target untuk posting misalnya 3x sehari, maka Anda harus tetap memperhatikan prinsip tadi, yaitu untuk menyediakan konten yang sebaik mungkin untuk pembaca blog.

Sesuai dengan judul artikel di atas, saya mencoba membahas bagaimana caranya agar kita bisa update artikel setiap hari serta beberapa manfaat yang akan kita peroleh.

A. Tips Membuat Artikel Setiap Hari

Ada beberapa faktor yang menyebabkan beberapa blogger pemula seperti saya tidak bisa menjaga rutinitas posting setiap hari. Penyebabnya pun ada bermacam – macam, diantaranya tidak memiliki waktu karena sibuk dengan pekerjaan lain, atau karena tidak memiliki ide fresh setiap hari. Jangan khawatir yuk kita coba cari solusinya bersama – sama, silahkan berkomentar jika ada ide tambahan.

Bagi blogger yang telah memiliki income tentu membuat artikel setiap hari bukan lagi masalah, karena biasanya mereka menggunakan jasa penulis atau menyewa beberapa penulis tetap untuk mengisi konten mereka. Nah kalau bagi pemula bagaimana? Tentu ada trik yang harus kita coba untuk diterapkan agar konten fresh selalu update di blog yang kita kelola.

1. Anda Harus Banyak Membaca

Yep ini dia, saya pernah membaca artikel seorang blogger bule yang bercerita bahwa dia mampu mengisi konten pada beberapa blognya setiap hari selama bertahun – tahun. Dan Anda tahu apa poin pertama yang ia sebutkan? Dan poin penting pertama itu ternyata “Membaca”.

Dari kegiatan membaca Anda akan memperoleh pengetahuan yang luas. Coba saja anda baca beberapa artikel tentang topik yang Anda buat di blog, lalu perhatikan, akan ada saja ide yang keluar yang siap untuk ditulis.

Jika anda mau meluangkan diri untuk mencari informasi tentang manfaat membaca, pasti Anda akan menemukan banyak sekali statement yang bisa membuat Anda terkagum – kagum dengan manfaat yang diperoleh.

2. Buat Artikel Dalam Jumlah Yang Banyak Ketika Termotivasi

Buat artikel dalam jumlah maksimal ketika dalam kondisi semangat. Cari sesuatu yang membuat mood Anda bagus. Karena biasanya, ketika seseorang melakukan pekerjaan dalam kondisi semangat, hasil yang diperoleh menjadi lebih bagus dan dapat di selesaikan dengan cepat.

Ketika kondisi mood sedang tinggi, tulislah artikel dalam jumlah yang maksimal, misal 3 hingga 5 artikel. Kemudian buat jadwal publish artikel tersebut secara berkala. Dengan cara seperti ini, Anda bisa menjaga update artikel sesuai jadwal yang Anda buat, sehingga blog tetap mengeluarkan artikel fresh.

Untuk menemukan ide dan semangat saat menulis sebenarnya hal yang sangat mudah. Anda hanya perlu mencari celah tersebut dengan cara Anda sendiri yang terbukti bekerja untuk Anda. Mungkin dengan cara mencari lokasi baru untuk menulis. Entah itu dibawah pohon, ditempat keramaian atau di pinggir pantai dan lain sebagainya. Yang penting cari motivasi dan kenyamanan terlebih dahulu.

Baca juga :Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Secara Online

3. Membuat Jadwal Menulis Artikel Secara Teratur

Tips berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan membuat jadwal posting yang teratur. Jadwal tersebut bisa Anda buat di papan tulis atau di mana saja yang bisa dilihat setiap hari. Cara seperti ini bisa membuat Anda fokus dalam menjalankan kegiatan blogging. Biasanya blogger sangat mudah untuk kehilangan fokus.

Kebiasaan seperti berlama – lama di media sosial, melihat dasbor statistik blog, otak – atik template dan lain sebagainya sangat mengganggu fokus Anda. Solusi untuk menjaga fokus agar selalu posting artikel setiap hari adalah dengan membuat jadwal yang ketat.

Gunakan tool kalender yang menyediakan alarm, di aplikasi Android biasanya sudah tersedia kalender sekaligus sebagai pembuat jadwal rutinitas. Banyak tool schedule yang bisa anda cari untuk melengkapi jadwal Anda. Buatlah jadwal sesuai dengan ukuran kemampuan Anda untuk memenuhinya.

4. Kumpulkan Artikel Sebelum Membangun Blog

Cara ini berlaku bagi blogger yang sedang berencana membangun sebuah blog. Misalkan, setelah anda melakukan riset kata kunci yang akan dijadikan topik blog, langkah selanjutnya buat dan kumpulkan artikel dalam jumlah yang banyak, mungkin Anda bisa menyediakan artikel dalam jumlah yang besar terlebih dahulu hingga ratusan artikel  atau lebih dalam database yang siap dipublikasi.

Setelah blog Anda siap go online, lakukan update dengan jadwal yang teratur sambil anda menulis artikel baru lainnya. Dengan cara seperti ini, stok artikel Anda akan selalu ada untuk jangka waktu yang lama. Ketika blog mampu menghasilkan profit, Anda bisa membeli melalui jasa artikel yang berkualitas.

B. Manfaat Selalu Posting Artikel Setiap Hari

Blog atau website yang selalu update artikel sudah tentu akan memperoleh beberapa keuntungan. Dengan syarat artikel yang dibuat selalu memperhatikan kualitas seperti yang telah disebutkan pada paragraf pertama di atas.

Memang ada pro dan kontra mengenai hal ini, karena ada yang bilang jika kita update setiap hari bahkan hingga 3 kali sekali, apakah benar konten yang dibuat merupakan hasil pemikiran yang serius. Nah untuk memastikan bahwa artikel yang Anda buat merupakan konten yang berkualitas, maka kembali lagi ke poin pertama, perbanyaklah membaca agar apa yang anda sampaikan benar – benar berisi dan bermanfaat.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapat jika blog selalu update.

  • Sudah pasti blog menjadi kaya akan konten dan menjadi terlihat di urus oleh pemiliknya.
  • Konten yang berkualitas dan menarik minat baca akan mendapat posisi yang bagus di mata search engine Google.
  • Visitor dan page view blog pasti semakin bertambah setiap hari.
  • Bagi pemilik Adsense atau jenis monetise lainnya maka profit bisa ikut terdongkrak seiring peningkatan jumlah pengunjung.

Masih banyak keuntungan lain yang bisa Anda peroleh jika rajin menulis artikel. Seperti Anda akan terbiasa untuk berfikir lebih cepat, kosakata bertambah berkali lipat secara otomatis. Selain itu kemampuan mengetik anda juga semakin terasah, apalagi Anda telah dibekali kemampuan mengetik dengan 10 jari. Tak menutup kemungkinan kecepatan mengetik Anda bisa mencapai 120 word per minute ( 120 kata permenit ) hehe.

Kesimpulan :

Membuat blog memang tidak semudah yang dibayangkan, Anda harus berusaha untuk selalu update, sejalan dengan itu artikel yang dibuat juga harus berkualitas bagi pembaca blog Anda. Temukan cara yang simple dan bekerja untuk Anda selain tips di atas. Sehingga Anda merasa enjoy ketika menulis dan penuh dengan ide – ide brilian. Semoga membantu, jika ada tambahan silahkan berkomentar.




Updated: March 29, 2017 — 6:14 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap