11 Tips Sukses Cara Membuka Usaha Restoran

Sebagian besar orang suka makan di restoran dalam seminggu sekali atau ketika gajian. Belum lagi bagi mahasiswa maupun karyawan yang memang suka makan di restoran. Hal ini membuat pelang usaha restoran makan menjadi peluang yang akan terus tumbuh. Belum lagi jumlah penduduk yang terus mengalami peningkatan.

Bagaimana cara memulainya?

Memulai usaha restoran makanan memang agak gampang gampang susah. Butuh plan dan analisa yang jelas agar usaha Anda berhasil.

Cara Buka Usaha Restoran

Nah bagi Anda yang ingin membuka usaha restoran makan. Berikut ini ada 10 tips bagaimana cara memulai usaha makanan dengan membuka restaurant.

1. Pilih Konsep dan Nama Brand

Saat membuka usaha restoran baru, wajib bagi Anda menentukan nama brand dan konsep yang ingin Anda gunakan.

Apa itu brand?

Brand merupakan nama unik restoran Anda yang membuat orang mudah ingat dan mengenal. Selain itu brand bisa berfungsi sebagai gambaran restoran Anda.

Lalu apa itu konsep?

Konsep bisa dibentuk dengan mengajukan pertanyaan seperti:

  • Menu apa yang menjadi dasar?
  • Bagaimana sistem pelayanan?
  • Apa yang membuat konsumen selalu ingat restoran Anda?
  • Konsep apa yang membuat konsumen puas?

Dengan pertanyaan tersebut, Anda dapat membuat restoran yang akan disukai oleh konsumen. Untuk lebih jelas, coba perhatikan konsep dan brand yang dimiliki oleh restoran maju. Belajar dan cermati cara mereka.

2. Tentukan Menu yang Disajikan

Sebelum Anda membuka restoran, Anda wajib menentukan terlebih dahulu menu dasar atau menu pokok yang akan Anda sajikan. Dengan demikian, Anda bisa menentukan apa saja yang menjadi bahan penting atau keahlian apa yang harus dikuasai dalam hal memasak.

Tujuannya tentu agar menghasilkan makanan yang berkualitas, menyiapkan modal yang tepat dan lain sebagainya.

3. Buat Rencana Bisnis Untuk Restoran Anda

Membuat rencana bisnis untuk restoran Anda merupakan langkah yang paling penting untuk diterapkan. Fungsinya ada banyak. Bisa untuk menarik minat investor, menjadikan Anda mudah mengatur strategi dan membuat bisnis Anda cepat berkembang.

Sebagai contoh, berikut ini ada beberapa bagian penting ketika membuat rencana bisnis restoran.

  • Executive Summary=> Ringkasan eksekutif
  • Company Overview and Description=> Deskripsi gambaran restoran Anda
  • Market Analysis=> Analisa pasar atau Analisa Konsumen Potensial
  • Business Offering=> Apa yang Anda tawarkan
  • Manajemen
  • Strategi Marketing dan relasi publik
  • Financial Projection => Berupa gambaran keuntungan atau budget yang dibutuhkan

4. Menghitung Dana atau Modal

Hitung secara total berapa dana yang dibutuhkan untuk membuka restoran Anda. Selain itu, Anda juga harus menghitung dana yang diperlukan untuk operasional restoran agar tetap berjalan lancar.

Prediksi modal dalam jangka panjang seperti ini dapat memudahkan Anda menentukan gambaran usaha restoran Anda. Dalam perencanaan bisnis, perhitungan seperti ini sudah pasti dilakukan oleh semua pengusaha.

5. Cari Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis sudah pasti dapat memberikan Anda keuntungan besar. Anda bisa memenangkan pasar dengan mudah. Nah untuk pemilihan lokasi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Restoran Anda mudah dilihat
  • Akses yang mudah untuk ke restoran Anda
  • Kompetitor yang ada pada area tersebut

Untuk langkah ini memang terkesan tidak mudah, akan tetapi kita bisa menemukan dengan ara analisa secara mendalam.

6. Mengurus Izin Lokal

TDUP atau Tanda Daftar Usaha Pariwisata merupakan surat izin yang biasanya ditujukan untuk para pengusaha restoran. Surat ini dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP.

Pelajari secara lengkap ceklis apa saja yang dibutuhkan ketika Anda ingin mengurus TDUP. Hal ini bertujuan agar urusan Anda lancar dan cepat selesai.

7. Temukan Perlengkapan dan Suplier bahan baku untuk restoran Anda

Menemukan sumber bahan baku yang murah untuk operasional restoran Anda memegang peranan penting. Apalagi Anda dapat menemukan sumber bahan yang lebih murah, maka biaya operasional harian dapat menjadi lebih murah. Dengan demikian, omset yang Anda dapatkan menjadi lebih besar.

Bahan baku seperti bumbu, bahan dasar dan perlengkapan lainnya harus dicari sumber yang mudah. Selalu menyediakan stok dan sudah pasti harga yang murah. Lakukan analisa pada lokasi dimana restoran Anda akan dibuka.

8. Rencanakan Desain Restoran Anda

Restoran yang maju biasanya memiliki desain yang nyaman selain makanan yang berkualitas. Untuk itu, Anda perlu melakukan rencana dari awal mengenai tata letak restoran Anda.

Layout atau penampilan yang menarik dapat memberikan daya tarik tersendiri. Masih ada lagi, selain layout, kebersihan restoran juga harus selalu dijaga. Semua orang sudah pasti suka akan kebersihan. Nah jagalah konsumen dengan memberikan pelayanan baik serta menjaga kebersihan.

9. Tentukan Staff Karyawan Dengan Tepat

Jika Anda ingin membuka restoran skala besar, maka langkah menentukan karyawan harus dilakukan dengan teliti. Mengapa? Sebab Anda sudah pasti membutuhkan keahlian dari berbagai bidang. Seperti mencangkup supervisor, bagian logistik, akuntansi dan bagian lain didalam restoran.

Mencari pekerja yang tepat menentukan kejayaan bisnis Anda. Untuk itu, carilah dengan teliti dan hati hati sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan bagi perusahaan Anda.

10. Promosikan restoran Anda

Mempromosikan restoran Anda merupakan langkah yang penting. Hal ini untuk memberi tahu ke konsumen tentang keberadaan restoran Anda. Bisa jadi mereka akan penasaran dan ingin mencoba makan di restoran Anda

Berikut ini beberapa contoh promosi yang bisa Anda lakukan:

  • Menggunakan sosial media. Manfaatkan saja media sosial seperti Twiter, Facebook, atau Instagram untuk promosi.
  • Bangun website menarik tentang restoran Anda.
  • Jika perlu, pasang iklan di koran untuk wilayah Anda

11. Grand Lauching ataupun Strategi Soft Opening

Anda tentu sudah sering mendengar istilah diatas. Grand Launching bisa Anda terapkan dengan memberikan diskon khusus pada hari tertentu. Sehingga konsumen menjadi tertarik untuk mencoba nuansa dan rasa restoran Anda.

Baca juga: 43 Contoh Usaha Makanan yang Menjanjikan di Lingkungan Kita

Membuka usaha restoran baru memang merupakan pekerjaan yang unik. Berbeda dengan restoran yang telah memiliki nama. Biasanya restoran yang sudah punya nama pasti punya pelanggan tersendiri. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda.

Updated: —
Kolomsatu.com © 2017 Sitemap