Tips Sukses Memilih Produk yang Tepat Untuk Dijual Online

Jika Anda ingin menjual produk secara online, ada baiknya Anda mencari jenis produk yang memiliki banyak peminatnya. Memang benar semua produk yang digunakan oleh manusia dapat dijual secara online, akan tetapi memilih produk yang memiliki potensi pasar tinggi itu jauh lebih baik ketimbang asal pilih saja.

Terbukti sekarang ini ada banyak kisah sukses para penjual online. Hal ini terjadi karena trend pengguna online terus mengalami peningkatan pesat.

Apalagi didukung oleh kebijakan pemerintah yang membangun infrastruktur jaringan dan memberikan akses mudah bagi kurir barang dagangan.

Memilih produk jualan online

Nah bagi Anda yang sedang ingin mencari jenis produk yang paling laris, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

Bagaimana Cara  Memilih Jenis Produk untuk Dijual Online

Luangkan waktu untuk melakukan riset. Ini merupakan sebuah proses awal yang harus Anda lakukan ketika memulai jualan online. Buatlah catatan data Anda secara jelas agar mampu memberikan gambaran yang jelas bagi Anda.

> Ketahui Trend dengan Cara Berikut Ini

Mengetahui trend lebih cepat dari yang lain akan memberikan kemenangan tersendiri bagi bisnis. Anda dapat menjual lebih dahulu dari yang lain sehingga dapat dengan mudah menjadi leader dalam bidang tersebut.

Nah dengan adanya teknologi kita bisa mendapatkan informasi ini secara mudah. Ada banyak platform yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan data trend.

Anda hanya perlu memahami cara kerjanya saja dan mau meluangkan waktu untuk melakukan riset.

Perhatikan Media Social => Caranya yaitu dengan memperhatikan apa yang sedang hangat dibicarakan. Misalkan dengan melihat hastag Twiter, memperhatikan topic trend Facebook. Untuk yang lebih canggih, Anda bisa menggunakan tool khusus untuk melihat trend media sosial.

Melihat data dari Google Trend => Google trend memberikan data pencarian yang mengalami kenaikan berdasarkan waktu. Nah Anda bisa perhatikan kapan dan apa saja yang trend pada waktu tertentu. Ini bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda menguasai trend.

Perlu Anda catat bahwa trend terbagi beberapa jenis berdasarkan waktu. Berdasarkan waktu trend ada yang jangka panjang, menengah dan seterusnya. Untuk itu Anda perlu membuat pertimbangan yang baik mengenai pola trend ini.

Mengetahui gambaran trend secara jelas dapat membantu Anda jauh lebih baik dari kompetitor Anda. Inilah alasan mengapa perusahaan besar selalu menggunakan big data sebagai basis analisis mereka.

> Mengetahui kompetisi

Setelah Anda menemukan jenis produk yang dipilih,  selanjutnya coba ukur tingkat kompetisi yang ada.

Mengukur tingkat kompetisi penting dilakukan agar Anda dapat menentukan apakah produk layak dijual atau tidak. Banyak sekali pemula yang memilih produk yang tepat namun tidak mengetahui cara berbisnis yang tepat.

Hal ini terjadi karena pemula tidak mengukur tingkat kompetisi, memperhatikan tawaran kompetisi, strategi kompetitor dan bagaimana memberikan nilai tambah bagi produk Anda.

> Baca review konsumen pada produk yang Anda pilih

Tujuan dari poin ini adalah Anda menemukan apa yang menjadi kendala bagi konsumen pada produk tersebut. Nah jika ada, Anda bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen pada produk tersebut. Cara ini cukup banyak contohnya dan bisa dikatakan cukup efektif.

Jika Anda belum punya toko, Anda bisa melihat review produk yang laris pada toko besar lainnya. Coba temukan apa yang mereka butuhkan pada produk tersebut, bisa kah Anda memenuhi kebutuhan mereka.

> Memperhatikan hot selling

Pada toko online besar biasanya menyediakan informasi produk yang sedang laris manis. Dari informasi ini sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan gambaran secara jelas tentang apa yang memang dicari oleh konsumen.

Di Indonesia terdapat beberapa toko online besar seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. Biasanya terdapat menu yang menyediakan informasi tersebut.

Dari informasi yang diberikan, Anda pasti sudah tahu apa yang sedang hot dibeli oleh konsumen. Nah selanjutnya ukur tingkat kompetisi yang ada dan apa saja strategi yang harus Anda terapkan.

Selain itu Anda bisa memperhatikan hot list dari toko online luar negeri. Misalkan toko online Amazon, Alibaba dan sebagainya.

Caranya juga sama yaitu cobalah perhatikan pada bagian hot sell di list mereka. Melihat trend pada kancah dunia memang baik, apalagi bisnis Anda menargetkan pasar dari luar negeri.

> Cari produk yang memberikan selisih keuntungan besar

Menjual produk yang memiliki modal kecil namun memberikan untung tinggi juga bisa Anda perhatikan. Karena seperti kita ketahui ada beberapa produk yang memang memiliki biaya produksi rendah namun memiliki permintaan yang tinggi.

Sebagai seorang pebisnis, tentu sudah sangat wajar mencari nilai jual dan beli dari suatu produk. Dari informasi ini, kita bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai.

Anda harus menghitung secara rinci biaya produksi, biaya promosi bahkan biaya pengiriman untuk dijual secara online.

Sebagai contoh, produk yang memiliki berat ringan akan sangat murah ketika dikirim melalui kurir. Sebab bisnis online biasanya sangat identik dengan biaya kurir.

> Menciptakan Solusi Bagi Konsumen

Seperti pada poin sebelumnya, membaca review konsumen. Sebenarnya bisnis jualan atau jasa terbentuk karena adanya solusi bagi konsumen. Misalkan solusi mengirim barang dari toko online, maka muncul berbagai jasa kurir pengiriman.

Anda dapat menciptakan atau menjual suatu produk secara online berdasarkan solusi bagi konsumen. Bisa jadi dari produk yang sedang laris, ada beberapa kekurangan dari segi tertentu, nah Anda bisa mengambil kesempatan tersebut untuk dijadikan produk bisnis.

> Ide Produk Sebenarnya ada Dimana mana

Sebenarnya menentukan produk untuk dijual online bisa didapat dari berbagai sumber. Mulai dari sekarang selain dari berapa poin diatas, cobalah Anda perhatikan sekitar Anda, televisi dan obrolan masyarakat.

Secara umum memang semua produk yang digunakan manusia dapat dijual secara online. Akan semua produk memiliki tingkat permintaan dan modal yang berbeda. Nah agar bisnis Anda lancar, Anda perlu melakukan analisa terlebih dahulu.

Tips tambahan sukses Jualan online

Teknologi online kini memang sangat membantu manusia dalam melakukan aktivitas. Trend belanja pun kini telah berubah ke transaksi online. Hal ini lah yang membuat mengapa bisnis online terus mengalami pertumbuhan pesat.

Agar Anda berhasil menjadi pebisnis yang sukses secara online. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

  1. Miliki mindset yang tepat > Mindset merupakan faktor penting. Perbaiki pribadi menjadi lebih baik dan semakin baik.
  2. Buat target secara jelas> Setiap orang pasti impian dan target. Untuk itu Anda perlu memiliki gambaran secara jelas target Anda.
  3. Buat catatan secara rinci > Tak peduli apapun skala bisnis Anda, pastikan untuk mencatat kegiatan bisnis Anda.
  4. Berikan yang terbaik untuk konsumen.

Baca juga: 10+ Contoh Usaha Masa Kini Dengan Prospek Menjanjikan

Itulah tadi beberapa tips yang mungkin bisa memberikan gambaran bagi Anda. Lakukan semua proses bisnis dengan semangat dan kerja keras agar sukses mudah diraih. Salam sukses selalu.

Updated: —

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap