Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropshiper Menggunakan Tokopedia

Mungkin ada yang belum pernah mendengar istilah bisnis dropshiper, sehingga bertanya apa itu dropshiper? Bisnis dropshiper merupakan bisnis nyaris tanpa modal. Kok bisa? Ya bisnis dropship yaitu bisnis mitra atau penengah antara penjual dan pembeli.

Jadi Anda tidak membutuhkan biaya produksi atau stok barang sama sekali, yang di perlukan hanyalah cara promosi yang benar.

Jika bisnis ini dijalankan serius, bisa berpotensi besar hingga milyaran lho, banyak kisah dropshiper sukses. Mengapa? Karena setelah mereka paham sistem dropship dan mengetahui teknik pemasaran, mereka bisa mengembangkan bisnis tersebut dengan inovasi.

Bisnis dropship e-commerce

Bisnis model dropshiper sangat cocok bagi pemula yang tidak memiliki modal atau produk. Modal yang dibutuhkan bisa berawal dari media sosial dan paket internet saja. Serta kemauan untuk mencoba kesuksesan dibidang bisnis ini.

Apa keuntungan lain Bisnis Dropship?

Untuk keuntungan, dropshiper memiliki beda margin yang lumayan besar. Sehingga dapat memberikan komisi yang sangat menjanjikan. Keuntungan lainnya adalah, pelaku dropshiper tidak perlu memikirkan tentang laku tidaknya dagangan, karena Anda tak perlu menyetok barang.

Nah bagi Anda yang ingin mencoba bisnis dropship atau ingin mengetahui cara mensiasatinya, berikut ini kiat yang bisa Anda baca.

1. Cermati Kualitas Merchant / Mitra toko dropship di Tokopedia

Beruntung market place seperti tokopedia menyediakan fitur untuk menilai seberapa bagus kualitas sebuah toko.

Apa saja fitur yang ada? dan Apa saja yang perlu kita perhatikan

  • Gold ( Premium )
  • Review
  • Rating
  • Diskusi
  • Kecpatan
  • Jumlah transaksi sukses dalam bentuk angka dan persentase

Nah, poin diatas bisa Anda dapatkan ketika memilih mitra yang akan menjadi partner dropshiper Anda. Poin pentingnya adalah, carilah yang benar – benar berkualitas dan dapat di percaya.

Sebagai contoh kita melihat bagaimana rating sebuah toko, misalkan dari sekian ratus konsumen lebih besar memberikan rating 5, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa toko tersebut memang bagus.

Akan tetapi, tidak semua toko bintang 5 itu bagus, belum tentu, coba cek kembali tingkat kecepatan komunikasi. Anda bisa melihat dari diskusi atau menguji langsung lewat chating ke pengelola toko.

Anda juga dapat memperhatikan ada icon Gold, nah icon Gold ini melambangkan bahwa toko tersebut premium, alias berbayar ke tokopedia.

Apa artinya ?

Artinya pemilik toko benar – benar serius menjalankan bisnis. Coba anda perhatikan ketika mencari produk, coba lihat lambang emas kecil disamping toko yang ada.

2. Cari produk Umum dan popular

Semua bidang bisnis memang tak lepas dari resiko. Apalagi sebagai dropshiper. Kenapa bisa seperti itu? Karena kita tidak tahu kualitas barang yang dikirim bagaimana, untuk itu, cobalah jalin komunikasi yang baik dengan pemilik toko. Artinya, jalin kepercayaan dengan partner dropshiper Anda.

Agar bisnis dropship lancar dan dapat menjaga nama baik Anda, perhatikan semua faktor yang menyangkut tentang keamanan, komunikasi, kepercayaan dan kualitas. Benar – benar dijaga agar konsumen bisa di untungkan.

Hindari barang dagangan yang tak lazim dan tidak terjamin ketersediaan stoknya. Hal ini bertujuan agar Anda dapat melayani pembeli setiap kali ada konsumen yang melakukan order. Nah jika produk berkualitas dan pelayanan cepat, bisnis dropship Anda bisa melejit.

3. Tingkatkan relasi Anda

Mungkin pada awalnya Anda dan mitra dropsiper di Tokopedia melakukan komunikasi hanya menggunakan media online. Akan tetapi, ketika bisnis telah berkembang dan maju, Anda bisa mempererat kerjasama dengan melakukan pertemuan langsung.

Adakan kopdar atau berkunjung langsung ke toko mitra Anda. Tindakan semacam ini dapat membuat kerja sama menjadi lebih terjamin.

Banyak manfaat ketika Anda mengunjungi pemilik toko, selain dapat melihat langsung kualitas produk, Anda bisa mendapatkan relasi yang saling percaya dan saling menjaga. Tujuannya tak lain agar konsumen dapat percaya dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Baca juga : 6 Cara Membangun Networking Untuk Penunjang Kesuksesan Bisnis

Kesimpulan :

Bisnis dropship jika dijalankan dengan serius dan analisa yang matang dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Selain sebagai ajang untuk latihan berbisnis, sistem dropship tidak membutuhkan modal.Anda hanya perlu bijak memilih merchant dan bijak ketika promosi.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis dropship. Salam sukses selalu.

Updated: October 17, 2017 — 6:50 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap